REVIEW

Fakta soal Incognito Mode: Tak Sepenuhnya Aman, Lho!

Dikdok   12 May 2018
Fakta soal Incognito Mode: Tak Sepenuhnya Aman, Lho!

Bagi para pengguna internet, pastinya sudah banyak yang tahu mengenai mode incognito bukan? Ya, mode incognito atau yang bisa dikenal sebagai mode penyamaran merupakan salah satu fitur yang kerap kali digunakan peselancar online ketika ingin mendapatkan provasi ketika sedang melakukan browsing. Sayangnya, banyak hal-hal terkait mode ini yang kurang dipahami oleh para pengguna. Faktanya mode incognito tidak sepenuhnya aman loh.

Lalu, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan incognito? Dan apa saja fakta-fakta terkait incognito? Nah, untuk menjawab itu semua, kini Jurnal Apps akan menjelaskannya untuk kalian:

Mode Incognito

Sesuai dengan namanya, mode incognito merupakan sebuah mode yang apabila diaktifkan, maka pengguna bisa menjelajahi dunia maya secara privat. Mode penyamaran ini sama sekali tidak menyimpan histori atau riwayat penjelajahan penggunanya. Bukan hanya itu, bahkan mode ini juga tidak akan menyimpan berbagai data lainnya seperti cookies, informasi password dan pengguna juga tidak bisa mengambil sebuah screenshot ketika berada di dalam mode incognito.

Namun, dengan segala hal yang dimiliki oleh mode incognito ini, tidak membuat pengguna bisa bebas dari pantau pengguna lainnya. Jadi, aktivitas para pengguna yang memanfaatkan mode incognito masih tetap bias terpantau atau terlacak oleh pihak lain apabila tengah berada dalam aktivitas browsing, ketika menggunakan akun Google atau ketika memanfaatkan layanan pihak ketiga.

Nah, untuk hal di atas, masih banyak pengguna yang belum mengetahuinya loh. Kebanyakan dari mereka masih merasa aman ketika menggunakan mode incognito ini. Pasalnya, menurut data yang dimiliki oleh TechViral, diketahui masih terdapat 56,3% pengguna yang tidak mengira bahwa data mereka akan tersimpan ketika melakukan login menggunakan akun Google di mode Incognito ini.

Selanjutnya, sebanyak 40,2% meyakini bahwa lokasi mereka tidak akan diketahui situs-situs yang mereka kunjungi, sedangkan 37% percaya bahwa pihak manapun, termasuk Google dan pihak ketiga lainnya juga tidak akan bisa mengakses data aktivitas mereka paada mode incognito. Perlu diketahui bersama, mode incognito ini hanya akan mengamankan cookies dan history saja. Mode ini dengan kata lain tidak akan menghapus navigation track secara keseluruhan.

Jadi, lebih berhati-hati ketika melakukan browsing ya!

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top