Facebook Debutkan Workplace, Lebih Komprehensif dari Slack?

Published: 12 Oct 2016, oleh Conny

Baru-baru ini, Facebook telah mendebutkan produk terbarunya yang ditujukan bagi perusahaan atau organisasi dengan berbagai skala. Sebelumnya dinamai Facebook at Work, produk ini sebenarnya sudah menjalani masa uji sekira satu tahun lamanya. Dan, mulai kemarin, tanggal 11 Oktober 2016, Workplace pun siap untuk diluncurkan muka publik.

Tak terlalu berbeda dengan Facebook, Workplace pun membawa sejumlah fitur yang sudah sangat familiar bagi kita, misalnya News Feed, tapi tentunya dengan tambahan berbagai optimalisasi untuk kebutuhan kerjasama tim. Facebook sendiri juga mengakui bahwa mereka telah menggunakannya secara internal dalam beberapa tahun.

Sejauh ini, diperkirakan sudah terdapat lebih dari 1.000 perusahaan atau organisasi yang menggunakan Workplace di semua benua (kecuali Antartika). Dari yang berskala kecil sampai yang sebesar Danone, Starbucks, atau Booking.com, semuanya telah memakai Workplace untuk mempermudah komunikasi antar anggota tim tanpa dibatasi jarak.

Sekilas, Workplace ini bisa dianggap semacam Slack versi Facebook. Namun, Workplace masih memiliki beberapa elemen jejaring sosial yang diimbuhi dengan fitur group, chatting mau pun video call dan live streaming. Sebagai contoh, kita bisa mengikuti presentasi CEO yang sedang berada di Jepang dengan Workplace secara real-time dari Indonesia.

Fitur pencarian pun tidak lupa untuk diintegrasikan ke dalam Workplace, sehingga pengguna dapat mencari apa pun yang sedang dibutuhkan, baik dari News Feed mau pun percakapan dengan rekan kerja. Menariknya, akun yang digunakan untuk Workplace adalah akun yang berbeda, dan bukan akun pribadi yang telah kita pakai di Facebook.

Yep, benar. Hal tersebut dilakukan karena Facebook berupaya untuk menerapkan sistem pembayaran dengan skema harga yang berbeda sekaligus kompetitif untuk Workplace. Konsep yang ditawarkannya, perusahaan atau organisasi pengguna produk ini hanyalah perlu untuk membayar untuk fitur-fitur yang dipakai saja. Di bawah ini adalah rinciannya:

Facebook akan memberikan trial gratis selama 3 bulan. Khusus untuk organisasi non-profit atau institusi pendidikan, Facebook membebaskan penggunaan Workplace secara cuma-cuma, yang didasarkan pada keterangan yang bisa langsung dibaca di situs resmi produk ini. Tautan tersebut juga bisa diakses untuk mendaftarkan perusahaan atau organisasi.

Tags

facebook workplace facebook at work slack social media news android ios

Share Artikel