REVIEW

ExoMiner: Bisnis Pertambangan di Exoplanet secara Idle

Andy Chan   04 Mar 2021
ExoMiner: Bisnis Pertambangan di Exoplanet secara Idle

Selamat datang di exoplanet X1-00-B1. Sebagai sebuah kapten pesawat penambang, exoplanet ini tampaknya cukup menjanjikan. Marilah dimulai proses penambangan untuk menemukan elemen yang berharga, dalam game yang berjudul ExoMiner, persembahan dari Eldring ini!

Game Tambang bergenre Idle

ExoMiner adalah sebuah game idle, di mana pemain berperan sebagai seorang kapten sekaligus manager dari sebuah proses penambangan di exoplanet X1-00-B1. Tugas pemain adalah untuk membangun sebuah tambang untuk mengekstrak elemen-elemen berharga dari planet tersebut, menghasilkan uang, lalu menggunakan uangnya untuk meng-upgrade proses penambangan dan mencari elemen-elemen baru.

Proses Penambangan ala ExoMiner

Untuk menambang sebuah lokasi, pemain harus membeli dulu lokasi tersebut. Setelah dibeli, maka proses penambangan akan secara otomatis berjalan tanpa ada input apa-apa dari pemain. Ekstrak dari tambang tersebut akan diantarkan ke pesawat utama milik sang kapten, untuk kemudian bisa dijual dan dijadikan uang.

Upgrade Pertambangan

Uang yang dikumpulkan tersebut tentu saja akan berguna untuk melakukan upgrade pada tambang-tambang yang sudah dibuat. Ada beberapa hal yang bisa di-upgrade oleh pemain, seperti kecepatan penambangan, kecepatan pesawat pengantar hasil tambang, serta banyaknya kargo yang bisa diangkut oleh pesawat pengantar tersebut. Pemain juga akan bisa membuka tambang baru di lokasi tertentu, tentunya kalau uang yang dikumpulkan sudah cukup.

Riset Teknologi

Pesawat yang digunakan untuk eksplorasi planet, bisa di-upgrade dengan melakukan riset teknologi. Tapi untuk melakukan ini tidaklah gampang, karena setiap cabang teknologi, membutuhkan material tertentu yang harus ditambang terlebih dahulu. Nah, jika teknologi yang dimiliki sudah cukup, pemain pun akan membuka sebuah proses produksi baru, seperti menghasilkan Copper Bar dari Copper, atau melakukan konstruksi dengan material-material yang ada.

Ekspansi Pertambangan

Dimulai dari kapal penambang yang kecil, semakin lama pemain akan mengembangkan perusahaannya tersebut menjadi besar, dan bisa melakukan ekspansi ke planet-planet lain. Asyiknya, pemain tidak perlu mengawasi seluruh proses produksi, karena semua akan berjalan sendiri di latar belakang sekalipun pemain sedang tidur, sehingga nantinya tinggal mendapatkan laba saja ketika kembali menyalakan game-nya.

ExoMiner bukanlah game yang sederhana. Pemain akan ditantang untuk menciptakan sendiri proses produksi beruntun yang kompleks, di mana hal ini mungkin akan membingungkan untuk mereka yang tidak ingin mempelajari sebuah game idle secara mendalam. Namun kalau pemain bersedia mempelajarinya, mereka akan menemukan sebuah sistem berkesinambungan yang unik, seperti proses produksi pada pabrik saja.

Tampilan yang Memesona

Pernahkah kalian membayangkan seperti apa sebuah exoplanet itu? Ternyata sangat cantik dan memesona lho! ExoMiner berhasil memperlihatkan bagaimana sebuah exoplanet dengan berbagai macam elemen asing di dalamnya yang membuatnya tampak cukup alien, namun tetap cantik. Game-nya sendiri agak sunyi, meskipun ada sedikit suara ambien yang membuat suasana exoplanet terasa imersif.

Tidak Perlu Bayar

ExoMiner adalah game free-to-play, yang tentu saja berarti pemain bisa memainkannya tanpa perlu membayar sepeserpun. Tapi seperti biasanya game-game gratisan, ada beberapa benda yang bisa dibeli oleh pemain. Nah, untuk ExoPlanet, benda yang bisa dibeli dengan uang asli adalah berbagai macam paket "murah", fitur No Ads, serta mata uang premium yang di sini bernama Relic. Game-nya sendiri juga tidak membutuhkan koneksi Internet, dan loading time-nya pun cukup cepat, jadi cocok untuk dimainkan secara bebas kapanpun diinginkan oleh pemainnya.

Kalau kalian ingin menjalankan sebuah bisnis pertambangan di planet asing yang mencakup puluhan buah material untuk ditambang dan diproduksi, inilah game yang kalian cari. ExoPlanet, di mana idle game pun tetap terlihat memesona.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top