istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
porno izleporno izleporno izleporno izleporno izlepornopornopornopornopornopornopornoporniocoolpornpornspotsex pornosex pornosex pornosex hikayesex hikaye
NEWS

Era Mobil Listrik, Hankook Tire Siapkan Inovasi Ban Ramah Lingkungan

en19ma   21 Mar 2021
Era Mobil Listrik, Hankook Tire Siapkan Inovasi Ban Ramah Lingkungan

Tren kendaraan listrik di Indonesia diprediksi meningkat di tahun 2021. Jumlahnya diperkirakan mencapai 125.000 unit di masyarakat. Sejak awal tahun, pemerintah telah menunjukkan antusiasme dan keseriusan terhadap pembangunan infrastruktur mobil listrik di Indonesia. Mulai dari terbukanya pasar bagi pemain mobil listrik global, hingga penjajakan terhadap produsen baterai untuk mengelola industri baterai lithium dalam negeri. Wacana ini pun turut diantisipasi produsen ban, seperti Hankook Tire, yang bersiap untuk menyambut peralihan perilaku pada masyarakat.

Selaku President Director PT Hankook Tire Sales Indonesia, Yoonsoo Shin menyatakan, “Ban mobil listrik harus mampu [untuk] mempertahankan esensi performa [yang] beremisi rendah tanpa membatasi fleksibilitas berkendara. Contoh, ban untuk mobil listrik harus punya hambatan gulir (rolling resistance) yang rendah sehingga melaju lebih halus, namun di saat yang sama harus tetap punya daya cengkram yang optimal. Ini dua hal yang berlawanan, namun harus dicari titik tengahnya. Perpaduan material dan desain ban yang tepat akan sangat berpengaruh dalam mengakomodir objektif tersebut,” ujar Shin.

Lebih lanjut, Yoonsoo Shin menjelaskan bahwa mobil listrik pada umumnya lebih berat sekitar 10-20% jika dibandingkan dengan mobil biasa karena menyimpan mesin yang berbasis baterai. Ini membuat mobil listrik menghasilkan torsi yang lebih boros, terlebih di saat mobil baru dinyalakan. Sehingga, dibutuhkan ban dengan akselerasi yang lebih sporty, serta pegangan tapak (tread grip) yang tinggi, agar tahan dari potensi abrasi yang intens. Penting juga untuk memiliki ketahanan panas yang baik agar dapat bertahan dalam berbagai kondisi.

Sebagai kendaraan yang ramah lingkungan, mobil listrik pada umumnya memiliki kebisingan yang rendah bahkan hampir senyap, karena tidak ada suara yang dihasilkan oleh mesin pembakaran internal. Ban juga mempunyai peran yang penting dalam mempertahankan kualitas ini, bergantung dari desain tapak, pengaturan blok, pengaturan pitch, dan optimalisasi grip yang dikembangkan secara khusus. Ban dengan pola alur lateral (lateral groove) dinilai mampu untuk mengurangi kebisingan secara signifikan.

Hankook Tire telah merancang inovasi ban untuk mobil listrik lewat riset dan pengembangan produk yang intensif di pusat R&D Hankook Technodome, Korea Selatan. Inovasi tersebut melahirkan ban mobil listrik perdana, Kinergy AS EV, generasi pertama dan generasi kedua pada tahun 2018 lalu. Ban ini mengusung teknologi sound absorber yang mampu untuk mengurangi kebisingan (resonansi) maksimal hingga 9.2db, dan menggunakan kompon Aqua Pine yang terbuat dari ekstrak tumbuhan runjung.

Selain tipe Kinergy AS EV, Hankook Tire juga merilis Ventus S1 Evo 3 EV untuk versi all-electric vehicles, yang diadopsi dari tipe sport. Ban ini mengusung teknologi bead-packing dan kekakuan lateral agar gerakan ban tetap terkendali meski dalam kecepatan yang tinggi. Inovasi ini pun mengantarkan Hankook pada kemitraan OE (original equipment) dengan merek mobil listrik sport asal Eropa, Porsche Taycan, sejak tahun 2020 lalu.

Hankook Tire terus memperkuat komitmen terhadap pasar mobil listrik global, seperti gebrakan terakhir dari perusahaan dengan menjadi mitra ban resmi atau original equipment bagi ajang street racing khusus mobil listrik yang pertama dan satu-satunya di dunia, ABB FIA Formula E World Series, dari musim 2022/23. Di ajang ini, Hankook akan melengkapi mobil listrik balap Gen3 dengan ban yang dilengkapi teknologi inovatif dengan bahan baku yang berbasis alam (bio-sourced material).

Meski pun inisiatif global sudah cukup digencarkan, Yoonsoo Shin menilai Indonesia masih membutuhkan waktu untuk adaptasi terhadap penerimaan mobil listrik. “Tantangan [dalam] memasarkan mobil listrik di sini adalah masih minimnya kesadaran masyarakat [untuk] menggunakan produk otomotif yang ramah lingkungan. Sebelum beralih sepenuhnya ke ekosistem mobil listrik, masyarakat bisa mengenal ban yang eco-friendly dan merasakan manfaatnya sendiri [pada] saat digunakan berkendara,” paparnya.

Kini, Hankook Tire secara bertahap sedang mengembangkan ban eco-friendly yang mengurangi penggunaan bahan bakar dengan membatasi resistensi rotasi dan menggunakan produk sampingan minyak, seperti karet sintesis, karbon hitam, dan minyak sintetis yang lebih ramah lingkungan. Hankook Kinergy Eco2, misalnya, yang sesuai untuk pengguna mobil MPV, LCGC, hingga SUV dengan menawarkan kenyamanan berkendara dan keiritan bahan bakar.

Hankook Tire berharap regulasi mobil listrik di Indonesia bisa segera berlaku, dan ekosistem mobil listrik dalam negeri semakin terbentuk. Saat ini, Hankook Tire terus berinovasi dalam menciptakan ban yang memiliki kinerja yang maksimal dalam setiap kondisi dan sesuai dengan pasar di Indonesia.

“Yang tidak kalah penting adalah ketersediaan komponen penunjang mobil listrik yang memiliki nilai ekonomis, bukan hanya dari segi harga saja, tetapi juga usia pakai. Semakin awet ban, maka akan mengurangi biaya pengelolaan mobil listrik yang selama ini dianggap mahal. Beberapa tipe ban regular yang sudah eksis, seperti segmen ultra-high performance, sebetulnya mampu [dalam] memenuhi kebutuhan mobil listrik untuk pemakaian harian. Konsumen tinggal memilih ban yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan,” tutup Yoonsoo Shin.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top