REVIEW

Elevenia, Belanja Hepi di Dalam Genggaman

Anduril   22 Nov 2017
Elevenia, Belanja Hepi di Dalam Genggaman

Elevenia adalah sebuah e-commerce yang diluncurkan pada tanggal 1 Maret 2014. Beroperasi di bawah naungan PT XL Planet yang merupakan sebuah perusahaan joint venture antara PT XL Axiata, Tbk., dan SK Planet dari Korea Selatan. PT XL Axiata sendiri merupakan perusahaan operator terbesar kedua di Indonesia, sementara SK Planet adalah anak perusahaan dari SK Telecom Korea Selatan, yang adalah perusahaan operator terbesar di Korea Selatan.

Untuk urusan aplikasi, Elevenia sepertinya menggunakan formula atau template yang sama dengan e-commerce lain, sebab tampilan UI-nya menyerupai beberapa e-commerce lainnya. Tapi, Elevenia jauh lebih rapi dan enak untuk dilihat. Proses navigasi pun berjalan dengan sangat mulus tanpa adanya tumpang tindih menu dan puluhan slide yang mengganggu.

Sayangnya, pilihan warna oranye yang mendominasi aplikasi ini terasa kurang lazim untuk sebuah aplikasi e-commerce. Memang, dalam ilmu warna, oranye memiliki arti kehangatan, kenyamanan, dan keceriaan, tapi perpaduannya dengan warna putih membuat UI Elevenia seperti menyala. Sekedar catatan, di dunia desain, penggunaan warna oranye yang terlalu banyak akan memberi kesan murahan hingga ramai. Tampaknya, penerapannya di UI aplikasi ini sudah menjurus ke arah murah yang artinya bisa baik “murah” atau pun malah murahan.

Di luar pemilihan warna, kami sangat menyukai efektivitas menu yang diberikan oleh aplikasi ini. Dengan menu yang jelas dan tepat, kami nirnyasar ketika menjelajahi setiap barang yang ditawarkan oleh Elevenia. Selain itu, karena rapi, aplikasi ini berhasil menimbulkan perasaan yang santai ketika kami menelusuri setiap halaman yang ada di Elevenia demi melengkapi review kami kali ini.

Proses membeli di Elevenia pun berlangsung dengan mudah dan cepat. UX yang ditawarkan juga tergolong seamless dan komplit. Sebagai contoh, saat kami berusaha untuk membeli sebuah smartphone, Elevenia langsung menawarkan berbagai aksesoris yang tersedia untuk gawai pintar tersebut, sehingga kami pada akhirnya tergoda untuk membeli aksesoris-aksesoris yang ditawarkan.

Proses menawarkan barang dan servis tambahan ini terus berlangsung dan semakin lengkap ketika kami mencoba membeli produk lainnya, seperti pakaian dan celana. Sayang, pada kedua item ini, kami menemukan kalau Elevenia menggunakan singkatan dan kode-kode yang kurang familiar sehingga mengaburkan kejelasan atas tipe barang yang kami pesan. Padahal, kami memesan pakaian yang seharusnya perlu dijelaskan detil produknya. Memang, kami bisa menemukan apa arti kode-kode tersebut di detil produk, tetapi kami tidak bisa mengira-ngira akan berapa banyak orang yang tidak mengetahui detil ini sehingga sampai salah membeli.

Proses pengiriman dan pembayaran berlangsung dengan generik, tidak ada yang istimewa di sini, jadi kami tidak bisa menceritakan apa kelebihan dari kedua proses tersebut selain tergolong mudah dan cepat. Oh, iya. Sebagai catatan, Elevenia sudah memberikan support untuk e-money sehingga kalian bisa menggunakan layanan e-money dari XL, Rekening Ponsel, t-cash, atau Line Pay dari Mandiri untuk bertransaksi di Elevenia.

Satu hal yang unik dari Elevenia adalah mereka menawarkan berbagai voucher fresh goods yang bisa di-redeem di merchant-merchant yang bekerjasama dengan Elevenia. Jadinya, kalian bisa memberlakukan Elevenia seperti moneyless aplication yang cukup menarik karena banyaknya promo diskon di dalamnya.

Secara garis besar, untuk ukuran e-commerce yang muncul agak belakangan, Elevenia sudah memenuhi standar e-commerce yang baik dan cukup efektif. Sayang, tampilan mukanya masih sangat generik dan tidak menampilkan apa yang kami inginkan atau apa yang kami cari sebelumnya, sehingga terkesan kuno. Hamburger icon atau stack menu yang ada di atas semakin memberikan efek kuno pada aplikasi ini, padahal icon tersebut dinyatakan sudah tidak efektif dalam urusan UX sejak tahun 2014 lalu.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top