REVIEW

Egg, Inc., Simulasi Peternakan Ayam di Ponsel Pintarmu

Andy Chan   22 Jul 2017
Egg, Inc., Simulasi Peternakan Ayam di Ponsel Pintarmu

Dalam waktu dekat di masa depan, disebutkan bahwa rahasia alam semesta akan terkuak di dalam telur ayam. Akibatnya, telur ayam pun langsung laku keras secara drastis di mana-mana. Demi mengambil kesempatan emas ini, Anda sebagai seorang peternak ayam pun berusaha untuk menjual telur ayam sebanyak-banyaknya. Mumpung masih laku keras. Demikianlah, kira-kira sepotong kisah yang mengiringi hadirnya game Egg, Inc. buatan Auxbrain Inc. di ponsel pintar Anda ini.

Pada intinya, Egg, Inc. merupakan sebuah game Clicker, dimana pemain diwajibkan untuk melakukan klik dengan sebanyak-banyaknya. Tapi, boleh dibilang, pada game mobile ini, ada sebuah keunikan tersendiri yang dihadirkan oleh Auxbrain Inc., dan menjadikannya berbeda dengan game-game Clicker lainnya.

Dengan menyentuh tombol merah secara berkali-kali, pemain akan menghasilkan ayam di layar. Ayam-ayam tersebut akan keluar dari peternakan dan pergi ke kandang ayam untuk menghasilkan telur. Nah, telur-telur yang dihasilkan inilah akan dikirimkan oleh transportasi mobil untuk kemudian dijual dan menghasilkan uang.

Dengan keberadaan kandang ayam yang terbatas, pemain jadi tidak bisa mengklik tombol lagi untuk menternakkan ayam apabila kandang ayamnya sudah penuh. Oleh karena itu, pemain harus menunggu sampai uang yang ada sudah cukup, dan mulai membangun kandang ayam yang baru lagi. Atau, melakukan upgrade pada kandang ayam yang sudah ada. Jika merasa capai saat menyentuh tombol merah untuk menternakkan ayam, juga ada teknologi yang bisa diriset untuk menyebabkan ayam-ayam tersebut bisa bertambah dengan sendirinya. Biasanya, hal ini bakal menghasilkan beberapa ekor ayam dalam satu menit.

Selain teknologi mengembangbiakkan ayam secara otomatis, juga ada banyak macam teknologi lainnya yang bisa diriset. Mulai dari pembesaran kandang ayam, peningkatan kualitas telur agar harganya bisa lebih bagus, penghasilan telur dari ayam agar jadi lebih cepat, dan sebagainya, yang dibagi-bagi berdasarkan tier, dimana tier yang lebih tinggi bakal membutuhkan riset untuk beberapa tier yang lebih rendah terlebih dahulu baru bisa dibuka.

Seperti game Clicker lainnya, Egg, Inc. juga akan menghasilkan uang sendiri apabila game-nya sudah dimatikan. Namun, juga ada yang namanya Lumbung sebagai pembatas atas berapa lama bagi pemain untuk bisa meninggalkan game-nya. Apabila tidak bersedia membayar dengan uang asli, maka pemain hanya bisa meninggalkan game-nya selama 2 jam saja, dan selebihnya bakal dianggap hangus.

Setelah networth dari peternakan ayam milik pemain sudah mencapai nilai tertentu, maka pemain pun bisa mengganti jenis telur yang dihasilkan oleh ayam-ayamnya. Mulai dari telur biasa, telur super, telur obat, dan masih banyak macam telur lainnya lagi. Tapi, dengan mengganti jenis telur ini, maka pemain secara efektif pun perlu melakukan reset. Jadi, bakal menghilangkan seluruh hal yang sudah dilakukan, termasuk jumlah ayam, upgrade, dan uang. Tentu saja, dengan telur yang lebih baik, maka harga jualnya pun menjadi jauh lebih tinggi dan pastinya akan menghasilkan uang dengan lebih cepat lagi. Demikian seterusnya sampai mencapai telur paling baik, yang konon bisa memecahkan misteri alam semesta.

Egg, Inc. sebenarnya memiliki grafis 3D yang cukup sederhana. Di layar, hanya ditampilkan peternakan ayam secara keseluruhan saja. Namun, ada elemen-elemen lucu yang dianimasikan dengan baik, seperti datangnya transportasi mobil untuk menjual telur, drone yang lewat (yang bisa disentuh untuk menyebabkannya jadi jatuh dan hancur), serta tentu saja, animasi ayam-ayam yang ramai. Semakin cepat bagi pemain untuk menyentuh tombol merah, maka semakin banyak pula jumlah ayam di layar yang berlari menuju kandang ayam. Sangat menghibur untuk melihat segerombolan ayam berlari seperti itu.

Dan, seperti yang umumnya terjadi pada game Clicker, Egg, Inc. juga bisa dimainkan secara free-to-play, tanpa iklan, dan tidak membutuhkan koneksi Internet, namun memiliki mikrotransaksi yang bisa membuat game-nya jadi lebih enak untuk dimainkan. Mikrotransaksi di sini berupa penambahan lumbung agar bisa meninggalkan game-nya lebih lama, serta pembelian mata uang premium berupa telur emas yang bisa digunakan untuk membeli epic upgrade.

Yang bisa dipastikan, Egg, Inc. ini merupakan sebuah game Clicker yang cukup unik jika dibandingkan dengan game Clicker lainnya. Di sini, pemain harus lebih cermat untuk menyusun strategi dalam membeli upgrade, karena game mobile ini pada akhirnya bisa berjalan sendiri secara otomatis, bagaikan memiliki peternakan ayam virtual. Memang, Egg, Inc. bukanlah untuk semua orang. Namun, game mobile yang berukuran hanya 50MB ini bisa dimainkan secara kasual, karena cukup asyik rasanya untuk melihat ratusan ayam yang bergerak berlari serta melihat uang yang terus berdatangan tanpa interaksi dari pemain. Dan, tentu saja, untuk para hardcore Clicker, Egg, Inc. ini bakal cukup menantang dari segi strategi.

Sudahkah Anda membeli telur hari ini? Siapa tahu, ada rahasia alam semesta di dalamnya. Kook, Kok, Kok! Tok, Petook!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top