REVIEW

Drop It: Pecahkan Gelas dan Hentikan Stick Man yang Jahat!

Andy Chan   10 Feb 2020
Drop It: Pecahkan Gelas dan Hentikan Stick Man yang Jahat!

Stick man adalah seseorang yang jahat. Dia selalu berperilaku destruktif, berbuat onar sesukanya, melanggar peraturan, dan lain sebagainya. Satu-satunya cara untuk menghentikannya adalah dengan menjatuhkan bola ke gelas dan pecahkan gelas-gelasnya, maka dia pun akan berhenti. Lho, bagaimana mungkin? Memang agak absurd, tapi itulah latar belakang dari permainan yang berjudul Drop It ini.

Tantangan Fisika Pecahkan Gelas

Game buatan One Tap Studio yang berjudul Drop It ini adalah sebuah game puzzle. Pemain ditantang untuk memecahkan gelas dengan menggunakan bantuan gravitasi, jadi tantangannya adalah untuk memungut sebuah benda yang biasanya berbentuk bola, lalu jatuhkan bola tersebut agar mengenai gelas dan membuatnya pecah.

Cara Memecahkan Gelas

Untuk memecahkan gelas, pemain cukup menjatuhkan benda yang diberikan dari atas. Pemain harus menentukan mau menjatuhkan bola tersebut di mana agar bisa memecahkan gelas-gelas yang ada di medan permainan, baik itu secara langsung, maupun menggunakan reaksi berantai. Di sini lah pengetahuan gravitasi dan fisika bekerja dan harus dipelajari oleh pemain agar bisa memecahkan semua gelas dengan jumlah bola sesedikit mungkin.

Koin Reward

Setiap menyelesaikan sebuah level, pemain akan diberikan rewards berupa koin. Koin ini bisa dilipatgandakan jumlahnya dengan menonton sebuah video iklan, apabila diinginkan. Koin bisa digunakan untuk membeli kustomisasi bola untuk dijatuhkan dengan berbagai macam variasi. Sayangnya, kustomisasi ini cukup mahal, dan rewards yang didapatkan di setiap level-nya cukup minim, sehingga proses grinding akan berlangsung sangat lama sebelum pemain akhirnya bisa membeli kustomisasi.

Animasi Stick Man yang Lucu

Sebenarnya tampilan Drop It ini cukup unik, pemain bisa melihat pelanggaran apa yang sedang dilakukan oleh sang Stick Man, lengkap dengan deskripsinya. Ada dia sedang tidur ketika mengemudi mobil, duduk di meja, menginjak-injak rumput di taman, menjambret, memetik buah di pohon, dan lain sebagainya. Ketika pemain berhasil memecahkan gelas, sang Stick man pun akan bereaksi macam-macam, baik itu menjadi kesal atau jatuh dari pohon. Boleh dibilang, selain puzzle nya yang cukup menantang, animasi para Stick Man beserta lagu yang menyenangkan inilah yang membuat permainan menjadi lebih ceria.

Penuh dengan Iklan

Seperti biasanya game yang disajikan secara free-to-play, Drop It pun menggunakan fitur iklan agar bisa menghasilkan uang. Pemain akan disodorkan iklan setiap menyelesaikan sebuah level, ataupun ketika mengulang level, bahkan ada banner iklan senantiasa tampil di bagian bawah layar. Untuk menghindari iklan ini, pemain bisa membeli fitur No Ads dengan menggunakan uang asli, atau bisa juga dengan memainkan game-nya secara offline. Apabila pemain ingin membeli kustomisasi secepatnya, disediakanlah mikrotransaksi untuk pembelian koin.

Meskipun puzzle memecahkan gelas ini sudah banyak di pasaran, namun perilaku sang Stick Man yang jahat menjadi sebuah daya tarik tersendiri untuk memainkan Drop It.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top