REVIEW

Dream Detective, Mencari Benda Tersembunyi dalam Gaya Gambar Tangan yang Menawan

Andy Chan   09 Apr 2021
Dream Detective, Mencari Benda Tersembunyi dalam Gaya Gambar Tangan yang Menawan

Sebuah game hidden objects biasanya menggunakan grafis yang realistis, di mana benda-benda yang dicari itu berada di tempat-tempat yang boleh dibilang cukup ajaib. Jika kalian ingin sebuah game hidden objects yang lebih unik dengan gaya gambar tangan, mungkin game karya Century Games ini patut untuk dilirik. Mari berkenalan dengan game hidden objects unik, Dream Detective!

Latar Belakang Dream Detective

Dream Detective mengisahkan mengenai seorang detektif bernama Allie, yang disedot ke dalam sebuah televisi pada hari Selasa sore, dan mendarat di sebuah dunia ajaib bernama Dream Land. Dia menemaukan bahwa waktu di dalam dunia ini tidak stabil, akibat hancurnya Time Crystal gara-gara ulah pencuri. Allie pun memulai perjalanannya untuk mengembalikan apa yang sudah hancur di Dream Land dan mengembalikan kedamaian di dunia ini.

Misi di Setiap Level

Di setiap level-nya, pemain ditugaskan untuk mencari beberapa buah objek yang tersembunyi. Biasanya pemain bisa mendapatkan petunjuk mengenai lokasi dari benda yang dicari dengan cara menyentuh benda yang dicari tersebut. Petunjuknya pun bervariatif, ada yang menyebutkan "Lokasi saya ada di dekat tanaman", atau "ada di tempat tinggi", dan lain sebagainya.

Interaksi dengan Medan Permainan

Uniknya Dream Detective adalah kemampuan pemain untuk berinteraksi dengan medan permainannya. Ada banyak benda yang bisa diketuk untuk mendapatkan reaksi, biasanya berupa pembicaraan, atau bisa juga untuk membuka pintu dan masuk ke lokasi baru. Bahkan pemain bisa memanipulasi medan permainannya dengan mengetuk sebuah objek khusus lho!

Menyelesaikan Level

Tugas pemain adalah untuk menemukan sejumlah benda di setiap level-nya, dan bisa lanjut ke level berikutnya. Namun kalau kalian adalah orang yang perfeksionis, pastinya akan tetap berusaha menemukan benda-benda yang dicari sampai komplit. Tidak mudah lho, untuk mencari benda-benda tersebut.

Penggunaan Hints

Jika pemain tidak berhasil menemukan benda yang dicari, mereka bisa menggunakan icon kaca pembesar yang berada di pojok kiri atas untuk langsung menemukannya. Tentu saja, hal ini tidak gratis, dan pemain harus menonton sebuah video iklan terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan bantuan ini.

Kustomisasi Kastil

Uang yang dikumpulkan oleh pemain sepanjang memainkan mode hidden objects tersebut, bisa digunakan untuk memperbaiki kastil milik pemain. Seperti game dekor-mendekor pada umumnya, pemain diberikan pilihan 3 buah tipe benda untuk menghias kastilnya. Meskipun ada mode dekor-mendekor ini, namun perlu dicatat bahwa mode ini bukanlah mode utama, dan merupakan fitur tambahan yang menarik.

Puluhan Lokasi Cantik yang Digambar Tangan

Dream Detective adalah game yang sangat interaktif, di mana medan permainan yang digambar tangan tersebut semuanya bisa bergerak secara menawan. Ada siput yang bisa berjalan pelan-pelan, jam dinding yang bandulnya bergoyang, hingga orang-orang yang bersorak-sorai. Dengan dukungan lagu yang menawan, kalian wajib memainkan game ini menggunakan sebuah earphone atau headset, agar bisa melihat betapa cantiknya dunia mimpi yang menjembatani antara dunia nyata dan imajinasi.

Wajib Online

Tapi tidak seperti game-game hidden objects lainnya yang umumnya bisa dimainkan secara offline, Dream Detective justru mewajibkan pemainnya untuk senantiasa online. Game gratisan yang satu ini juga menggunakan sistem stamina, jadi pemain tidak bisa bermain terlalu lama, baik untuk melanjutkan level-nya, ataupun untuk grinding uang. Mikrotransaksi disediakan bagi mereka yang ingin membeli mata uang premium, Diamonds.

Dengan lebih dari 100 level untuk diselesaikan, masing-masing memiliki tiga buah tingkat kesulitan yang menantang, serta gaya gambar tangan yang sangat menawan, tidak salah kalau Dream Detective adalah game hidden objects yang sangat direkomendasikan untuk berada di ponsel pintarmu.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top