TIPS TRIK

Download Rute Perjalanan di Waze? Bisa Dilakukan secara Offline, Nih!

Dwi K   20 Oct 2017
Download Rute Perjalanan di Waze? Bisa Dilakukan secara Offline, Nih!

Waze memang banyak diminati oleh user yang sering bepergian dengan menggunakan kendaraan pribadi. Platfom navigasi online asal Amerika Serikat tersebut dipilih karena aplikasi keluarannya menyediakan traffic updates secara real-time sehingga kita sebagai user pun bisa memilih rute-rute perjalanan yang cocok untuk menghindari kemacetan dengan dukungan GPS dan pengunaan koneksi internet.

Nah, yang mungkin belum banyak diketahui, Waze ternyata juga bisa dioperasikan secara offline, lho!

Versi offline dari Waze ini memang akan sedikit berbeda jika dibandingkan dengan Google Maps, yang juga sama-sama merupakan platform navigasi online, karena Waze akan menyimpan rute-rute perjalanan kita dalam bentuk cache sehingga Waze pun dapat menggunakannya kembali di saat tersambung lagi ke internet.

Keuntungan lainnya adalah rute-rute perjalanan offline pada Waze bakal memakan memori handphone kita dengan lebih sedikit sehingga lebih ringan, dan juga kita tidak perlu untuk berhenti di tengah jalan untuk mengaktifkan rute-rute perjalanan offline ini sehingga perjalanan kita pun akan lebih aman.

Sayangnya, fitur ini barulah tersedia di versi Android saja dengan kemungkinan akan dikembangkan juga di versi iOS.

Untuk menggunakannya, langkah pertama yang harus dilakukan oleh kita tentunya adalah membuka aplikasi Waze. Lalu, kita masukkan tujuan kita seperti biasanya dengan menggunakan koneksi WiFi atau paketan data kita. Setelah itu, pilihlah Go Now. Kemudian, kita pun bisa memilih rute perjalanan untuk mencapai tujuan kita. Saat navigasi sudah dimulai, kita bisa melakukan tap pada icon berbentuk kaca pembesar di pojok kiri bawah layar, atau kita bisa menampilkan dashboard milik Waze.

Pada dashboard tersebut, lakukan tap pada icon Settings yang berada pada pojok kiri atas layar, lalu lakukan scroll ke bawah dan pilihlah Display & Map yang berada dalam menu Advanced Settings.

Di dalamnya, lakukan tap pada opsi Data transfer yang berada pada bagian paling bawah dari menu tersebut. Lalu, pilihlah Download Traffic Info untuk mengaktifkan fitur ini.

Nah, Waze terhitung mulai saat ini akan secara otomatis men-download rute-rute perjalanan kita, sehingga bakal memastikan kita akan bisa mecapai tujuan dengan bantuan peta walau pun kita merasa kesulitan untuk mendapatkan sinyal internet. Dengan kata lain, bahkan sebelum kita mulai bepergian, saat kita mencari rute perjalanan melalui Waze, maka platform navigasi online tersebut pun sudah men-download rute perjalanan kita.

Memang, fitur ini tidak akan memberikan update traffic yang vital, seperti kecelakaan, razia, atau pun perbaikan jalan, untuk kita sebagai user, karena fitur-fitur tersebut bakal membutuhkan koneksi internet secara real time.

Nah, apakah fitur dari Waze ini bakal berguna bagi kita? Yang pasti, patutlah untuk kita coba terlebih dahulu demi bisa menilainya lebih lanjut.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top