REVIEW

Dokumen "Others" di Ruang Penyimpanan iPhone & Bagaimana Cara Menghapusnya

Dikdok   10 Feb 2018
Dokumen "Others" di Ruang Penyimpanan iPhone & Bagaimana Cara Menghapusnya

Bagi kalian yang menggunakan perangkat iPhone dengan kapasitas penyimpanan yang kecil, pasti akan sering mengalami masalah penuhnya ruang penyimpanan.Nah, ketika hal tersebut terjadi, pasti kalian akan membuka menu pengaturan iPhone Storage untuk melihat seberapa banyak ruang penyimpanan yang tersisa.

Pada saat itulah kalian akan menemukan informasi detil yang menunjukkan seberapa banyak sisa ruang penyimpanan pada iPhone kalian.

Melalui informasi ini, kalian akan menemukan sebuah penyimpanan yang dinamakan 'Others' yang biasanya menempati ukuran cukup besar. Lalu apa sebenarnya Others ini? dan bagaimana cara menghapusnya?

Apa itu “Others” di perangkat iPhone?

Sesuai dengan namanya, Others merupakan jenis dokumen di luar daftar lain dari Apple (Photos, Apps, Mail atau Media). Dokumen Others ini bisa berupa Cache dari sebuah mesin peramban, dokumen pendukung dari permainan atau aplikasi yang kita gunakan, suara Siri, data pengaturan sistemm dan lain sebagainya. Dokumen tersebut akan otomatis terbentuk dan tersimpan di dalam sebuah smartphone agar ketika kita akan kembali mengakses sebuah aplikasi atau dokumen yang diperlukan, smartphone tidak harus memulai semua prosesnya dari awal.

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, dokumen Others sendiri cukup menyita banyak ruang penyimpanan yang ada. Pada beberapa kasus bahkan, dokumen Others ini bisa menyita ruang penyimpanan hingga bergiga-giga. Dengan begitu maka diperlukan cara yang eketif untuk menghapusnya.

Cara menghapus "Others" di iPhone

Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghapus Others di perangkat iPhone. Berikut adalah caranya:

1. Hapus Dokumen di Aplikasi yang Sudah Tidak Diperlukan

Segera hapus dokumen di aplikasi ketika sudah dianggap tidak diperlukan lagi. Sebagai contoh, ketika kita sudah selesai menonton sebuah episode melalui Netflix, segera hapus episode tersebut dan gunakan ruang penyimpanan yang ada untuk mengunduh episode selanjutnya.

2. Hapus Cache dari Aplikasi

Cache merupakan salah satu dokumen dari Others yang banyak menyita ruang penyimpanan. Bagaimana tidak, setiap penggunaan aplikasi di iPhone akan menghadirkan cache data. Cukup hapus cache yang ada dari setiap aplikasi. Jangan khawatir, karena aplikasi akan membentuk cache kembali nantinya. Jika diperlukan, gunakan pengaturan untuk menghapus caache otomatis dari smartphone.

3. Hapus Data di Safari

Jika kalian sering membuka berbagai website, peramban Safari juga bisa menjadi 'biang keladi" penyebab penuhnya ruang penyimpanan.

4. Nonaktifkan iCloud Drive

Jika kita menyimpan data di iCloud Drive, File System iOS akan menyimpan sebuah cache untuk mempercepat akses ke iCloud. Nonaktifkan layanan di menu Settings → iCloud → iCloud Drive. Setelah ini, data iCloud untuk program tidak akan disimpan pada perangkat kita.

Tips Tambahan

Jia dirasa sudah terlalu penuh, kalian bisamelakukan backup data dan melakukan reset pada iPhone untuk membersihkan semua konten yang tidak berguna.

Kunci Utama Hemat Kapasitas Penyimpanan

Kunci utama untuk menghemat kapasitas penyimpanan adalah mengelola data dengan bijak. Karena sebesar apapun kapasitas penyimpanan yang digunakan, pasti akan segera penuh jika tidak dikelola dengan baik.

Selain menghapus data yang tidak lagi digunakan, kalian juga bisa mengeksport data tersebut ke ruang penyimpanan cadangan yang kalian miliki.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top