NEWS

Diperbarui, Snapchat Mudahkan Pencarian Akun

Dikdok   19 Jan 2017
Diperbarui, Snapchat Mudahkan Pencarian Akun

Di bawah tekanan dari kompetitornya, Snapchat ternyata mencoba meluncurkan versi baru dari pencarian, yang dirancang untuk membuat aktivitas berselancar menggunakan Snapchat menjadi lebih mudah. Dilansir dari The Verge pada pekan lalu, pembaruan yang masih diluncurkan secara terbatas kepada sebagian pengguna Android ini membuat sebuah bar pencarian baru yang bertujuan untuk mempermudah pengguna dalam mencari akun pengguna lain dan mendapatkan follower.

Bila Snapchat sebelumnya hanya menyuguhkan hasil pencarian yang terbatas, maka pihaknya menawarkan sebuah tampilan baru pada pembaruan kali ini, yang menampilkan lebih banyak informasi pada bar pencarian yang mereka miliki.

Jika memulai sebuah pencarian, maka kalian selanjutnya akan melihat menu baru bernama "Quick Chat" yang menunjukkan daftar teman-teman kalian, dimulai dari urutan teman yang paling sering kalian ajak chat. Kalian juga dapat melihat berbagai grup chat yang kalian miliki pada hasil pencarian yang dilakukan.

Kemudian, bila sudah menemukan teman yang sedang dicari, maka kalian dapat segera memilih hasil pencarian untuk memulai melakukan chatting dengan mereka. Jika mereka telah membuat sebuah Snapchat Story pada hari itu, kalian juga dapat menekan thumbnail untuk dapat melihatnya secara langsung. Kalian pun bisa menekan dan menahan ikon teman kalian tersebut untuk melihat profilnya.

Disebutkan bahwa fitur pencarian baru ini sendiri bisa menjadi keuntungan besar bagi sebuah brand, bisnis, dan influencer untuk penonton Snapchat mereka. Sebuah tampilan baru pada bar pencarian mereka, tentunya membuat proses pencarian menjadi lebih mudah dan efisien. Namun, tidak seperti Instagram yang telah membawakan banyak perubahan drastis pada aplikasi yang dimilikinya, Snapchat hingga saat ini masih terus bertahan pada satu fitur utama yang mereka suguhkan, yaitu layanan berupa video yang bisa dihapus dalam 24 jam. Padahal, Snapchat saat ini bukanlah satu-satunya aplikasi yang menawarkan fitur tersebut.

Hingga saat ini DAU (Daily Active User) yang dimiliki oleh Instagram Stories berjumlah 150 juta pengguna. Ini sama dengan jumlah pengguna DAU Snapchat sampai bulan Juni 2016. Jika persentase pertumbuhan ini bertahan, pengguna Instagram Stories bisa jadi bakal melampaui pengguna Snapchat dalam waktu dekat. Bila demikian, persaingan kedua layanan ini tentu akan makin menarik ke depannya.

“Mengenai pembaruan dari Snapchat ini, pembaruan akan datang untuk semua pengguna Android dan iOS. Segera," kata perusahaan itu.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top