TIPS TRIK

Dilarang Pakai Handphone di Tempat-tempat Ini!

Dwi K   24 Oct 2017
Dilarang Pakai Handphone di Tempat-tempat Ini!

Pernahkah kita merasa hampa, panik, atau bahkan sampai down pada saat handphone kita tertinggal? Memang, smartphone sepertinya sudah menjadi salah satu bagian terpenting dari diri kita. Selain untuk berkomunikasi, handphone juga sering digunakan untuk bekerja, memesan transportasi online, dan juga untuk mengakses media sosial.

Nah, walau pun smartphone sudah menjadi bagian dari hidup kita, ternyata ada beberapa tempat yang sangat disarankan atau bahkan melarang dilakukannya penggunaan smartphone.

Jadi penasaran, nih. Di mana saja, ya? Yuk, kita simak lebih lanjutnya berikut ini.

Area Publik atau Tempat Umum

Sebenarnya, konteks di sini bukanlah pelarangan dalam bentuk peraturan baku atau pun tertulis, namun lebih kepada konteks keamanan dan kenyamanan. Jika kita di tempat umum menggunakan smartphone maka mungkin akan ada resiko bagi smartphone tersebut untuk sampai dicuri atau pun kita sendiri yang bakal menjadi korban tindak kejahatan.

Banyak orang yang berlalu-lalang juga akan merasa terganggu jika kita menggunakan smartphone di saat sedang berjalan atau pun malah menghalangi jalan mereka. Usahakanlah untuk terlebih dahulu menepi jika ingin menggunakannya dan carilah spot yang sekiranya lebih lengang dan tetap aman.

Saat Berkendara

Kondisi berkendara memang membahayakan jika kita melakukannya sambil menggunakan smartphone. Konsentrasi yang terpecah serta tidak fokus mungkin akan membawa bencana tersendiri bagi kita atau pun orang lain.

Jika memang harus menggunakan smartphone atau pun ada panggilan telepon yang masuk, gunakanlah speaker bluetooth yang terintegrasi dengan audio system pada kendaraan kita atau gunakanlah handsfree. Tapi, akan lebih baik lagi jika kita menepi sebentar ke pinggir jalan yang tidak mengganggu atau pun melanggar lalu lintas.

SPBU atau Pom Bensin

Demi keamanan, ada peraturan tertulis yang melarang konsumen untuk menggunakan handphone di pom bensin karena hal tersebut dikhawatirkan akan mengganggu proses pengisian bensin sehingga menimbulkan korsleting atau pun bahaya lainnya. Petugas SPBU biasanya akan memberikan teguran apabila ternyata masih ada yang membandel untuk menggunakan handphone.

Memang, hingga saat ini diklaim belum ada bukti yang sahih yang menyebutkan perihal penggunaaan handphone tersebut akan mengakibatkan korsleting atau pun bahaya lainnya di pom bensin. Namun, lebih baik untuk berjaga-jaga, bukan?

Kamar Mandi dan Toilet

Kalian sering menggunakan smartphone di kamar mandi atau toilet? Jika demikian, janganlah mencoba-coba untuk mengulangi aktivitas ini lagi karena smartphone kalian akan berpotensi untuk dipenuhi oleh bermacam bakteri yang hidup di dalam kamar mandi atau toilet itu.

Selain beresiko untuk mengalami korsleting akibat handphone kita yang mungkin terkena percikan air, handphone kita juga akan terkontaminasi oleh bakteri sehingga menjadi tidak bersih lagi. Hal ini tentunya akan berbahaya karena kita pun sering menggunakannya sambil menyantap makanan atau pun menelepon itu sendiri.

Pemakaman

Hargailah perasaan keluarga yang sedang berkabung dengan cara tidak menggunakan handphone jika bukanlah hal yang benar-benar penting sekali. Selfie juga amat sangat tidak disarankan untuk dilakukan di sini.

Jika memang harus menggunakan handphone, maka ada baiknya untuk menjauh terlebih dahulu dari tempat pemakaman untuk menghargai perasaan keluarga yang sedang berkabung.

Date Spot

Wah, larangan di sini sebenarnya bukanlah larangan tertulis, namun cukup krusial bagi dirimu sendiri. Etika yang ada ketika kita pergi berpacaran atau pun berkencan, usahakalah untuk menggunakan smartphone dengan seminimal mungkin. Momen berpacaran atau pun berkencan di sini akan jauh lebih berharga daripada timeline pada media sosial kita, lho!

Bioskop

Menggunakan smartphone di bioskop apalagi pada saat film sedang ditayangkan akan sangat mengganggu para penonton lainnnya. Cahaya yang berpendar dari handphone, suara-suara jika melakukan atau menerima panggilan telepon, hingga gerakan-gerakan mengetik yang akan merusak mood menonton.

Bahkan, sebenarnya sudah ada peringatan tersendiri untuk mematikan handphone sebelum film dimulai. Jadi, sebaiknya kita memang menurutinya sebelum sampai ditegur, atau pun lebih parah, diusir keluar dari bioskop.

Rugi dan malu, bukan?

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top