REVIEW

Dikhianati & Ditinggalkan, Ikuti Kisah Perjuangan Frain dalam Machine Knight

Andy Chan   08 Jul 2019
Dikhianati & Ditinggalkan, Ikuti Kisah Perjuangan Frain dalam Machine Knight

Bagi yang pernah mengalami jaman keemasan video game di tahun 80'an dan 90'an, pasti pernah mendengar mengenai salah satu developer game dari Jepang yang bernama Kemco. Dikenal dengan game-game konsol mereka termasuk seri game balap mobil Top Gear, The Bombing Islands, sampai ke game Rogue Ops di PlayStation 2, belakangan ini Kemco justru lebih dikenal dengan game-game mobile mereka. Salah satu game yang menarik untuk dibahas kali ini adalah port dari game 3DS mereka, Machine Knight, untuk mobile.

Kisah Machine Knight

Akibat berlebihannya ilmu pengetahuan, terciptalah sebuah "black sun" yang menyebabkan kehabisan energi di dunia dan dipastikan akan terjadi kiamat. Para ilmuwan pun berhasil menemukan cara untuk menyelamatkan dunia dengan mendapatkan sebuah sumber tenaga, namun hanya bisa didapatkan di dunia lain yang bisa dijelajahi lewat sebuah "gerbang".

Tugas tersebut pun jatuh ke tangan seorang ilmuwan muda bernama Frain, yang dengan berani melangkahkan kakinya melewati "gerbang" tersebut sendirian. Dia menemukan bahwa dunia lain tersebut penuh dengan alam dan misteri. Namun dalam waktu singkat, Frain menemukan bahwa dirinya telah dikhianati dan ditinggalkan sendirian di dunia tersebut. Apa yang akan terjadi dengan dirinya? Itulah latar belakang game RPG Machine Knight yang dipersembahkan oleh Kemco di mobile, hasil port dari game 3DS mereka.

JRPG Klasik untuk Mobile

Bagi yang pernah main game-game JRPG seperti Final Fantasy atau Dragon Quest, pasti tidak asing dengan Machine Knight. Game ini memang dimainkan secara klasik, bahkan pemain pun bisa memilih apakah lebih suka menggunakan sebuah virtual gamepad, atau mengendalikannya dengan layar sentuh saja.

Battle Sistem Turn Based

Machine Knight masih menggunakan sistem random encounter, jadi setiap berjalan-jalan di peta, akan ada kemungkinan bertemu dengan musuh, dan layar pun berganti ke layar battle. Pertarungan di dalam Machine Knight berlangsung secara first person view, di mana pemain bisa melihat musuh-musuh yang berada di layar dan bisa memilih aksi apa yang akan dilakukan oleh setiap karakternya.

Sistem RPG Unik

Sistem RPG yang digunakan dalam Machine Knight sebenarnya sederhana. Naik level akan terjadi secara otomatis setelah pemain mendapatkan sejumlah experience, dan yang bisa dikustomisasikan hanyalah equipment saja. Semua stats karakter akan naik berbarengan dengan level, jadi tidak ada kustomisasi stats sama sekali. Tapi game ini menggunakan sistem "Machina Board" di mana pemain bisa mempelajari berbagai macam job dan skill, serta melakukan crafting senjata dengan mengumpulkan material.

Artwork gaya Anime

Machine Knight sebenarnya mirip dengan game-game JRPG di tahun 90'an. Penggunaan sprite karakter yang mungil di medan permainan serta artwork bergaya anime untuk close up karakternya ketika sedang berdialog, ditambah dengan lagu bergaya MIDI membuat permainan tampak sangat klasik.

Tapi nilai jual dari Machine Knight adalah cerita yang sangat menarik, bagaimana kisah perjalanan Frain bersama dengan teman-teman yang didapatkannya di dunia ini Bell dan Aulin dalam mencari tahu kebenaran mengenai pengkhianatan yang dialaminya. Apakah Frain bisa kembali ke dunianya? Apa yang terjadi di antara Frain dan kedua gadis yang menemaninya itu? Selain itu, pemain juga bisa menjalankan berbagai macam sub quest serta menjajal extra dungeon yang menantang.

Gratis dan Offline

Kemco membawakan game RPG Machine Knight ke mobile ini dalam bentuk free-to-play. Ya, seluruh game Machine Knight mulai dari awal hingga tamat, bisa dimainkan semuanya tanpa perlu membayar sedikitpun. Memang game-nya menyediakan in-app purchase untuk mendapatkan item kuat serta dungeon tambahan, namun pemain tidak perlu membelinya untuk bisa menikmati game ini. Asyiknya, pemain tidak perlu koneksi Internet karena game ini bisa dimainkan secara offline.

Secara garis besar, game RPG Machine Knight ini sangat mengingatkan pada game-game JRPG klasik. Apabila kalian menginginkan sebuah game RPG klasik yang memiliki kisah sangat menarik, game RPG Machine Knight persembahan Kemco ini adalah salah satu game yang wajib dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top