REVIEW

Digimon Links, Kenangan Masa Kecil yang Bangkit Kembali

Anduril   08 Dec 2017
Digimon Links, Kenangan Masa Kecil yang Bangkit Kembali

Seri Digimon merupakan salah satu animasi yang sempat menghiasi layar kaca di tahun '90-an. Sejak saat itu, dunia Digimon terus hidup di ingatan anak-anak yang lahir dan besar di era tersebut. Baru-baru ini, mimpi untuk kembali memainkan video game Digimon telah diwujudkan kembali oleh Bandai Namco. Kini, para penggemar Digimon di Indonesia bisa merasakan nostalgia dengan memainkannya di gawai pintar lewat game DigimonLinks.

DigimonLinks pertama kali dirilis pada tahun 2016 lalu di Jepang. Seperti biasa, kalian bisa merawat para Digimon, melatihnya, dan mengembangkannya sampai ke tingkat yang lebih kuat dengan digivolve. Game ini merupakan sebuah proyek yang ditujukan bagi para fans baru yang mungkin tidak mengenal versi konsolnya.

Permainan dimulai dengan tutorial yang cukup panjang. Kalian akan mendapatkan Digimon pertama, yaitu seekor Tsunomon, yang akan berevolusi menjadi Gabumon atau Digimon lainnya. Pemandu kalian di Digimon World bernama Hina, dia akan memberi dua Digimon lain untuk kalian. Seekor Tentomon dan seekor Hawkmon. Setelah itu, kalian akan berhadapan dengan lawan pada pertempuran pertama kalian.

Gameplay permainan DigimonLinks adalah turn-based RPG. Permainan ini memungkinkan pemain untuk membawa hingga sebanyak tiga Digimon. Digimon ini akan melawan satu sampai tiga Digimon yang bisa dimiliki oleh tim lain. Setiap Digimon juga memiliki keahlian mereka sendiri yang bisa mereka gunakan dalam pertempuran.

Selain itu, kalian juga harus memperhatikan berbagai indikator, seperti misalnya tipe Digimon milik lawan agar serangan yang dikeluarkan oleh Digimon milikmu lebih efektif, lalu Leader Skill, Signature Skill, dan Legacy Skill. Jangan lupakan pula, attribute dan resistance milik mereka pada saat bertarung.

Jika bosan untuk bermain sendiri, kalian juga dapat bergabung dengan pemain lain untuk melakukan pertarungan kooperatif guna melawan musuh yang lebih kuat. Kalian pun dapat membangun fasilitas yang digunakan untuk memperkuat Digimonmu. Markas ini bisa dirancang sesuai dengan keinginanmu.

DigimonLinks memiliki totalnya sebanyak 240 Digimon yang bisa dan dapat kalian jadikan sebagai teman. Jumlah ini kurang lebih sama dengan jumlah Digimon yang ada di dalam Digimon Story: Cyber Sleuth yang telah hadir sebelumnya di konsol.

Ada dua cara untuk mendapatkan Digimon, yaitu dengan menggunakan Link Points dan mendapatkan In-Training level Digimon atau dengan menggunakan Digistones untuk mendapatkan Digimon tingkat Rookie, Champion, Mega, atau Ultimate.

Pada awal permainan, Hina akan memberikan Digistones. Setiap Digimon baru akan membutuhkan waktu selama 24 jam untuk berubah ke level Rookie. Kalian tidak dapat melawan Digimon lain di dalam game sampai kalian memiliki jumlah stamina yang mencukupi. Hal ini tentu saja akan bisa dipercepat dengan menggunakan Digistone.

Secara keseluruhan, DigimonLinks merupakan sebuah pengalaman yang menyenangkan apabila tidak ada masalah pada lag dan FPS (frame per second) yang kurang stabil. Unduhan awal dan unduhan dalam game berikutnya bakal memakan waktu yang lama dan dapat menghabiskan data pada ponsel kalian. Jadi, kami sarankan untuk menggunakan koneksi Wifi pada saat mengunduh game ini.

Keluhan kecil lainnya, lagi-lagi, datang dari sistem IAP (in-app purchases). Digistones yang bisa dibeli di dalam game ini dapat digunakan oleh pemain untuk segala hal. Termasuk upgrade peternakan yang lebih cepat, mendapatkan bahan Digivolution, mendapatkan Digimon baru, dan banyak lagi. Jika Coliseum adalah tempat untuk PVP, maka bisa dipastikan bahwa game ini akan jauh dari kata 'seimbang' berkat kekuatan IAP.

Untuk bisa memainkan game DigimonLinks, kalian setidaknya bakal membutuhkan spesifikasi smartphone atau tablet yang sudah menggunakan sistem operasi Android versi 4.2 ke atas dengan minimum RAM 2 GB atau lebih; sedangkan untuk perangkat iOS secara minimalnya bakal membutuhkan iOS 7 atau di atasnya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top