NEWS

Didukung Kemenpora, Fruit Tea Sosro & Sukro, Garena Adakan Youth National Esports Championship 2019

Conny   30 Jan 2019
Didukung Kemenpora, Fruit Tea Sosro & Sukro, Garena Adakan Youth National Esports Championship 2019

Sebagai salah satu perusahaan internet terbesar di Asia Tenggara dan sekitarnya, Garena telah mengumumkan peluncuran program perdana pertandingan Esports sekolah pertama dan terbesar di Indonesia, Youth National Esports Championship (YNEC) 2019. Bekerjasama dengan Fruit Tea Sosro dan Sukro serta didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Garena berkomitmen untuk ikut terus berkontribusi kepada peningkatan kebutuhan teknologi masyarakat dengan memberdayakan generasi muda di bidang olahraga melalui Esports.

Menteri Kemenpora, Imam Nahrawi, meresmikan kompetisi eSport tingkat nasional bagi pelajar SMP dan SMA tersebut di Wisma Kemenpora, Jakarta (29/1/2019). "[Saya] berharap kepada seluruh peserta untuk menyiapkan diri dengan baik, dan jadikan eSport sebagai masa depan kita dan masa depan Indonesia," ujarnya. Menurut Imam, alasan Kemenpora untuk menyelenggarakan kompetisi eSport tingkat pelajar pertama dan terbesar di Indonesia ini adalah sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam cabang olahraga baru tersebut. "Ternyata, hari ini, itu [eSports] menjadi masa depan. Hari ini, hal itu menjadi hal yang dapat membanggakan orang tua dan Indonesia. eSports masuk sekolah inilah yang akan mengantarkan bagaimana pelajar berbakat kita untuk terus didorong, dipacu, dan difasilitasi."

Perkembangan zaman telah membawa eSport lebih mudah diterima oleh industri, sehingga cabang olahraga eSports ini dinilai Imam sebagai sebuah kesempatan yang perlu dioptimalkan. "Artinya, eSports ini sudah bisa menjadi industri besar yang mendapatkan kepercayaan dari dunia industri. Maka dari itu, manfaatkanlah sebaik mungkin, dan bermimpilah [bahwa] kita [pada suatu saat nanti] akan bawa nama Indonesia di multi-event, baik itu SEA Games, Asian Games [hingga] Olimpiade, dengan membawa pulang emas dari cabang olahraga Esports," paparnya.


Imam Nahrawi, Menteri Kemenpora

YNEC 2019 sendiri merupakan rangkaian dari program Garena Goes to School, yaitu program pemberdayaan Esports yang positif di antara pelajar di Indonesia. Turnamen ini akan diadakan di 22 kota, dimana 600 sekolah akan bertanding dalam game Arena of Valor dan Free Fire. Pemenang dari masing-masing sekolah kemudian akan melanjutkan pertandingan ke tingkat kota, regional, dan terakhir ke tingkat nasional untuk memperebutkan Piala Menpora di bulan September. Pemilihan kedua mobile game ini tidak lepas dari prestasi yang telah dicapai, dimana Arena of Valor dinobatkan sebagai Best Multiplayer Game di ajang International Mobile Gaming Award (IMGA) 2018 serta masuk sebagai salah satu cabang eksibisi di Asian Games 2018. Sementara, Free Fire terpilih sebagai Google Play User’s Game Choice of 2018.


Esports (electronic sports) sendiri merupakan pertandingan olahraga elektronik, dimana atlet bertanding secara online melalui media elektronik, seperti komputer mau pun telepon genggam. Pertandingan olahraga elektronik ini membutuhkan beberapa orang dalam satu tim dengan masing-masing atlet Esports harus memiliki kombinasi yang baik antara skill kerjasama tim, dan tentunya, keberanian dalam meraih kemenangan dalam setiap pertandingan.


Wijaya Nugroho, Project Manager YNEC 2019 & Garena Goes to School

“Garena telah menyelenggarakan berbagai event Esports antar sekolah sejak 2017, yang menerapkan syarat nilai dari rapor dan beasiswa sebagai hadiah, sehingga dapat ikut mencetak bibit unggul di sekolah mau pun bibit unggul atlet Esports. Dalam pertandingannya sendiri, para atlet Esports mengutamakan strategi kerjasama antar anggota tim untuk mencapai kemenangan, yang sekaligus meningkatkan nilai sosial budaya para pemuda. Selain itu, event Esports yang diadakan oleh Garena juga memiliki struktur kompetisi resmi serta standar dan jenjang dari tingkat amatir, nasional hingga internasional yang menumbuhkan nilai sportivitas. Nilai ini juga dimiliki oleh olahraga tradisional. Kami harapkan, turnamen YNEC 2019 ini dapat hadir untuk mendukung perkembangan Esports, yang memiliki nilai positif secara edukasi, sosial budaya, dan sportivitas bagi generasi muda Indonesia,” ujar Wijaya Nugroho selaku Project Manager dari YNEC 2019 sekaligus Garena Goes to School.

Fruit Tea Sosro selaku Title Sponsor mendukung penuh perkembangan Esports bagi remaja di Indonesia. General Manager Marketing PT Sinar Sosro, Norma Sari Dewi, mengungkapkan, “Kami sangat senang bisa menjadi bagian dari YNEC 2019. Fruit Tea Sosro selama ini menilik generasi millenials, yang merupakan pangsa pasar terbesar bagi Sosro mau pun Garena. Akhirnya, kami berkolaborasi dengan Garena dalam menyiapkan bibit-bibit atlet Esports, yang nantinya siap mengharumkan nama Tanah Air Indonesia di kancah kompetisi internasional. Melalui pertandingan Esports sekolah pertama dan terbesar di Indonesia, yang ikut difasilitasi oleh pihak sekolah ini, siswa dan siswi dapat menyalurkan bakat dan minatnya di bidang Esports.”

“Kita akan melakukan edukasi serta pertandingan tahap kualifikasi ke seluruh 600 sekolah. Pemenang dari setiap sekolah kemudian akan melanjutkan pertandingan hingga ke tingkat nasional untuk memperebutkan Piala Menpora. Kota-kota penyelenggara kompetisi ini, yakni Bekasi, Bandung, Bogor, Cirebon, Jakarta [Jaktim, Jakbar, Jakut, Jaksel, dan Jakpus], Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Yogya, Semarang, Solo, Surabaya, Malang, Bandar Lampung, Palembang, Pekanbaru, Padang, dan Medan,” tambah Norma Sari Dewi.

Marketing Manager Sukro, Neni S. Soewondo, selaku Sponsor YNEC 2019, mengatakan, “Sebagai brand yang dekat dengan keseharian anak muda, termasuk para pelajar sekolah, Sukro dari Dua Kelinci memberikan dukungan penuh [terhadap] suksesnya turnamen YNEC di tahun 2019. Kami yakin, dalam event yang mengedepankan sportivitas ini, akan menjadi poin plus terhadap kreativitas serta produktivitas anak muda Tanah Air dalam bidang Esport di masa yang akan datang.”


Asril Sadikin Satar, Executive Director Muda Production Event Organizer

"Kompetisi Esports tingkat pelajar terbesar ini akan dilaksanakan di 11 provinsi, 22 kota, 600 sekolah tingkat SMP dan SMA, dan terselenggara berkat kerjasama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama perusahaan pengembang Mobile Games Garena Indonesia. Diharapkan, program ini bisa menjadi wadah positif bagi para pelajar Indonesia untuk berprestasi di bidang olahraga Esports," disampaikan oleh Asril Sadikin Satar, selaku Executive Director Muda Production Event Organizer, yaitu penyelenggara dari YNEC 2019.



Imam Nahrawi, Menteri Kemenpora; menjalani Mabar bersama Amar Ramdani, Brand Management Fruit Tea Sosro; tim EVOS Esports; dan tim GGWP.ID Esports

Menutup acara peresmian YNEC 2019, Imam melakukan mabar, main bareng, dengan mencoba game Arena of Valor bersama tim EVOS Esports dan GGWP.ID Esports. Dengan menggunakan karakter Wiro Sableng sebagai Hero khas Indonesia, Menteri Kemenpora ingin menunjukkan bagaimana kebudayaan Indonesia sudah begitu tersebar hingga ke kancah internasional melalui game tersebut.

Untuk ke depannya, YNEC 2019 yang menargetkan sebanyak 5.000 tim dengan jumlah peserta mencapai 40.000 pelajar tersebut akan mulai dihelat sejak tanggal 18 Februari 2019 hingga babak Grand Final, yang menurut rencana bakal dipertandingkan pada bulan September mendatang di Jakarta.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top