REVIEW

Dibanding Android 7.0 Nougats, iOS 10 Lebih Baik?

Eroneko   28 Nov 2016
Dibanding Android 7.0 Nougats, iOS 10 Lebih Baik?

Pada tahun 2016 ini, Apple memberikan bocoran tentang seri kesepuluh sistem operasi kebanggaannya pada event WWDC. Begitulah, iOS 10 akan menjadi amunisi smartphone Apple untuk menghadapi Android 7.0 Nougat milik Google yang sudah rilis pada akhir Oktober lalu. Namun, apa bedanya antara Nougat dan iOS10? Kali ini, JurnalApps akan memberikan perbandingan antara kedua sistem operasi terhebat saat ini.

Lock Screen dan Notifikasi

Home screen, lock screen, dan aplikasi bawaan iOS mengalami perubahan desain pada iOS 10. Dimulai dari lock screen, ada fitur tambahan “Rise to Wake,” dimana kalian bisa menyalakan layar smartphone saat kalian mengangkatnya. Dengan begitu, kalian bisa melihat notifikasi dengan hanya mengangkat dan menaruhnya kembali.

Yang menarik, notifikasi pada iOS 10 dapat diatur dari lock screen, kalian bisa menggunakan 3D touch pada iPhone 6 dan iPhone 7 untuk melihat lebih detil tentang notifikasimu.

Menggesek layar ke atas pada lock screen akan membuka control center. Jika kalian menggesek ke kiri, maka music player akan langsung muncul. Sedangkan, jika kalian menggesek layar ke kanan, maka kamera langsung dapat digunakan. Dengan begini, kalian tidak perlu membuka home screen untuk menggunakan fungsi utama iPhone milikmu.

Siri Terbuka untuk Diutak-atik Developer

Menurut penulis, hal ini merupakan fitur paling menarik pada pengumuman di WWDC16; Apple memperbolehkan Siri untuk diutak-atik semua developer aplikasi. Dengan begitu, Siri akan memiliki banyak kesempatan untuk digunakan dengan aplikasi lain, dan akan lebih mempermudah kalian nantinya.

Hal ini merupakan langkah besar bagi Apple, dan terlihat betapa Apple sudah melangkahi layanan voice assistant milik Google, Google Now, yang masih belum terbuka untuk developer. Sekarang, Siri akan dapat terintegrasi dengan WeChat, Slack, WhatsApp, Ridebooking, Uber, Gojek sampai mobile banking.

Siri juga akan terintegrasi dengan “Messages” pada iOS 10 untuk memberikan respon yang sesuai. Dengan begitu, saat ada seseorang mengirimkan pesan menanyakan dimana kalian berada, Siri akan merespon dengan menawarkan pengiriman lokasimu sebagai jawaban. Fitur ini sudah ada pada aplikasi Google Allo pada Google 7.0 Nougat.

Update Aplikasi iOS

Photos

Gallery di iOS sekarang memiliki fitur pencarian lanjutan dan recognition features seperti yang dimiliki oleh Google Photos. Dengan begitu, aplikasi Photos dapat mengenali wajah, benda, atau lokasi yang ada pada foto dan secara otomatis akan menata foto yang kalian miliki dan mengumpulkannya sesuai kategori.

Kemudian, muncul tab baru pada Photos yang disebut dengan “Memories.” Di sini, kalian bisa menemukan film yang otomatis dibuat tergantung dari foto atau video dari sebuah event, misalnya saat liburan.

Maps

Aplikasi peta baru dari Apple akan lebih pintar dan proaktif dibanding sebelumnya. Bahkan, aplikasi Maps yang baru akan memiliki layer dan informasi lalu lintas untuk memandu perjalananmu. Sekarang, aplikasi Maps pada Apple akan dilengkapi fitur seperti mencari restoran burger terdekat atau rumah makan seafood terdekat.

Seperti pada Siri, Maps juga dibuka kepada developer untuk dikembangkan. Meski pun begitu, Apple Maps sepertinya masih kalah dengan Maps milik Google.

Music

Sedangkan pada Apple Music, desain interface dirombak sehingga terlihat lebih segar, dengan tulisan yang lebih tebal dan besar. Bagian “For You” dikembangkan dan lirik dapat dimasukkan, sesuatu yang tidak dimiliki oleh Spotify dan Google Play Music.

Home

Pada Apple Home, kalian dapat mengatur seluruh peralatan elektronik yang bisa tersambung dengan cloud. Mulai dari lampu ruang tengah sampai pintu garasi, Siri dan iPhone milikmu dapat berinteraksi dengan produk yang dapat tersambung dengan cloud. Dengan begini, Apple mungkin jauh lebih baik daripada Google.

iMessage

Aplikasi iMessage pada iOS 10 dikembangkan sehingga dapat menampilkan website dan bahkan video. Kalian juga bisa menonton YouTube dari iMessage dan juga melihat preview website di kolom percakapan. Ada juga “predictive emojis” yang memberikan prediksi emoji saat kalian menulis pesan.

Bagaimana menurutmu tentang perkembangan Apple iOS 10? Apakah ada yang perlu diwaspadai oleh Google? Beri tahu kami di kolom komentar, ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top