LOADING
TIPS TRIK

Diam-diam, Ada yang Menggunakan Wi-Fi Kita? Inilah Cara Mengetahui & Memblokirnya!

Escravania   20 Feb 2018
Diam-diam, Ada yang Menggunakan Wi-Fi Kita? Inilah Cara Mengetahui & Memblokirnya!

Koneksi internet menggunakan Wi-Fi adalah cara terbaik memastikan koneksi yang aman dan relatif kencang, dibandingkan dengan jika Anda menggunakan data seluler. Namun kadang Anda merasa bahwa koneksi internet Anda melambat bahkan pada saat Anda menggunakan Wi-Fi. Apa penyebabnya?

Pastinya, ada banyak alasan mengapa koneksi Wi-Fi di perangkat Android Anda bisa berjalan lambat. Sebagian besar penyebabnya hanyalah masalah yang berhubungan dengan teknis. Namun, selain itu, bisa jadi ada seseorang yang menggunakan sambungan Wi-Fi Anda tanpa izin. Tentu rasanya akan menjadi sangat mengesalkan bagi Anda yang memiliki koneksi Wi-Fi tersebut. Nah, dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara untuk mengetahui dengan pasti dengan siapa Anda berbagi jaringan Wi-Fi Anda, dan tentu saja cara untuk memblokir semua penyusup selamanya.

Siapa yang menggunakan Wi-Fi Anda?

Untuk mengetahui siapa yang menggunakan Wi-Fi Anda, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang ingin Anda monitor. Selanjutnya, unduh aplikasi pemantauan jaringan Fing dari Google Play Store.

Setelah mengunduh aplikasi tersebut, buka, dan Anda akan melihat nama jaringan Anda di layar Home, bersama tombol Refresh dan Pengaturan. Untuk melihat semua perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda, ketuk Refresh. Proses ini bisa memakan waktu beberapa menit, namun kemudian Anda akan melihat sebuah daftar perangkat, beserta indikator yang memberi tahu Anda apakah itu ponsel cerdas, PC, atau perangkat lain.

Ketuk perangkat apa pun di jaringan Anda untuk menampilkan daftar opsi untuk berinteraksi dengan perangkat itu. Ini termasuk pengiriman ping atau Wake pada sinyal LAN, dan Anda bahkan dapat masuk saat perangkat tersebut terhubung dan memutuskan sambungan dari jaringan.

Cara memblokir perangkat yang mencoba masuk tanpa izin

Jika salah satu perangkat yang terhubung ke jaringan Anda adalah perangkat yang tidak dikenal atau mencurigakan, Anda dapat memblokirnya selamanya. Fing menunjukkan alamat MAC dari setiap perangkat yang terhubung ke jaringan Anda (nomornya akan mengikuti format ini dan terdiri dari angka dan huruf: ‘xx: xx: xx: xx: xx: xx’). Anda harus mencatat nomor ini.

  • Pada komputer yang terhubung ke router Anda, masukkan IP router Anda ke dalam browser, lalu masukkan rincian login router Anda di halaman berikutnya.
  • Setelah login ke router Anda, cari opsi Keamanan (lokasinya bervariasi pada masing-masing router dan mungkin berada di bawah Pengaturan Lebih lanjut).
  • Di Keamanan, klik Penyaringan MAC, lalu Tambahkan Perangkat.
  • Masukkan alamat MAC perangkat yang ingin Anda blokir di bidang MAC, berikan nama jika ada opsi seperti itu, lalu klik Apply, Save atau OK.
  • Saat login ke router Anda, mungkin Anda juga perlu mengubah kata sandi Wi-Fi Anda, karena yang terakhir mungkin telah disusupi.

Itu saja yang harus Anda lakukan.

Satu hal yang pasti, berbagi koneksi Wi-Fi dengan orang yang tidak kita kenal atau tidak minta ijin terlebih dahulu merupakan hal yang sangat merugikan. Selain koneksi Anda terasa menjadi lebih lambat dan berakibat semua unduhan pun tidak dapat selesai pada waktunya, ada pula perasaan kesal karena merasa dimanfaatkan oleh orang lain. Dengan menggunakan langkah di atas, diharapkan hal tersebut tidak akan terjadi lagi pada Anda. Sudahkah Anda menggunakan metode ini untuk mengetahui siapa yang menggunakan Wi-Fi Anda? Jika belum, selamat mencoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top