REVIEW

Diam-diam, 5 Aplikasi Ini Banyak Makan Baterai

Anna   17 Nov 2016
Diam-diam, 5 Aplikasi Ini Banyak Makan Baterai

Banyaknya aplikasi yang kita gunakan di smartphone kita memang mempengaruhi kecepatan dan daya tahan baterai. Aplikasi seperti Facebook, Spotify, dan Clean Master memang menyedot banyak daya tahan baterai, tapi tahukah kalian bahwa beberapa aplikasi ini juga memakan baterai yang sangat banyak? Simak penjelasan kami di bawah ini.

  1. Snapchat

Aplikasi media sosial bercampur editor foto ini memang sangat menyenangkan untuk digunakan, tapi tahukah kalian kalau aplikasi ini boros baterai dan banyak memakan memori? Meski pun Snapchat mengklaim akan langsung menghapus foto-foto yang digunakan, nyatanya aplikasi ini bisa memakan banyak memori internalmu kalau kalian tidak berhati-hati.

Kalian bisa memonitor penggunaan data Snapchat dengan mengecek ke Settings > Mobile Data. Kalian akan dikejutkan dengan borosnya aplikasi ini!

  1. Netflix

Aplikasi kedua yang boros baterai adalah Netflix. Aplikasi penyiar tayangan TV ini memang boros baterai, mengingat banyaknya daya tahan bateraimu tersedot ke layar smartphone-mu ketika menayangkan acara TV atau film favoritmu.

Untuk menghemat baterai smartphone-mu, turunkan level kecerahan layar, terutama jika menonton di ruangan yang gelap. Lagipula, kalian tidak memerlukan layar yang sangat terang untuk menonton di ruangan yang gelap, bukan?

  1. Amazon Shopping

Bagi kalian yang sering berbelanja di luar negeri lewat bantuan aplikasi Amazon Shopping mungkin pernah menyadari kalau baterai smartphone lebih boros dari biasanya. Yup, aplikasi ini adalah salah satu penyebabnya. Memang terdengar aneh karena sekilas aplikasi ini tidak seharusnya banyak memakan baterai, lalu apakah penyebabnya?

Pertama, Amazon Shopping tidak dioptimisasi untuk Android sehingga ketika digunakan akan lebih banyak mengonsumsi daya baterai dibandingkan aplikasi lain. Kedua, seperti aplikasi pemantau cuaca dan e-mail, Amazon Shopping beroperasi di balik layar sehingga bisa melakukan update informasi dan penawaran terbaru. Apabila keduanya dikombinasikan, hal ini akan mengacu ke tingginya pemakaian baterai.

  1. Outlook

Aplikasi e-mail yang masuk ke jajaran daftar ini adalah aplikasi Outlook. Entah kalian mengecek e-mail terlalu sering, atau frekuensi sync e-mail milikmu terlalu tinggi, Outlook akan memakan banyak daya bateraimu.

Sebenarnya, kalian tidak memerlukan aplikasi Outlook untuk mengecek atau pun menulis e-mail. Kalian bisa menggunakan aplikasi e-mail default Android-mu untuk mengecek e-mail milikmu. Secara ideal, kalian hanya memerlukan satu aplikasi e-mail untuk semua akunmu karena lebih efisien, praktis, dan tidak memakan banyak daya.

  1. BBC News

Percaya atau tidak, portal aplikasi berita dari Inggris ini salah satu penyedot baterai terbesar. Hal ini memang cukup merepotkan karena banyak orang mengandalkan aplikasi ini untuk mendapatkan berita, terutama berita internasional.

Lalu, apa solusinya? Untuk pembaca setia berita BBC, kalian hanya perlu meng-uninstall aplikasi BBC News dan membuat shortcut website BBC di layar utama smartphone-mu. Mudah, bukan?

Sekian dulu untuk daftar aplikasi pemakan daya baterai dari JurnalApps. Saya berharap dengan adanya daftar ini, kalian bisa menghemat baterai lebih banyak di masa depan. Kalian punya daftar aplikasi yang memakan banyak baterai yang tidak ada di daftar ini? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar, ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top