TIPS

Di Smartphone Android, Inilah Cara Ubah MicroSD jadi Memori Internal

Dikdok   22 May 2018
Di Smartphone Android, Inilah Cara Ubah MicroSD jadi Memori Internal

Kebanyakan smartphone anyar yang beredar di pasaran saat ini memang telah memiliki kapasita ruang penyimpanan yang cukup besar. Rata-rata bahkan memiliki ruang penyimpanan dengan besar minimal 16GB.

Namun, terkadang kapasita penyimpanan yang sudah cukup besar sekalipun masih belum dianggap cukup. Oleh karena itu, fitur ketersediaan slot memori eksternal pun dianggap sebagai sebuah fitur penting untuk dimiliki sebuah smartphone.

Sayangnya, memori eksternal masih memiliki kekurangan. Berbeda dengan memori internal yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai file dalam jenis apapun, memori eksternal ternyata tidak bisa digunakan untuk menyimpan file instalasi sebuah aplikasi. Tapi, ada sebuah cara mudah yang bisa kalian gunakan untuk memfungsikan microSD menjadi sebuah memori internal sebuah smartphone. Penasaran baaimana caranya? Mari simak bersamasama!

Cara Merubah MicroSD menjadi Memori Internal di Smartphone Android

Fitur untuk merubah microSD menjadi memori internal sendiri telah tersedia di dalam sistem operasi Android versi 7.0 Nougat ke atas. Untuk itu, sebelum melakukan langkah di ini, pastikan bahwa kalian telah menggunakan perangkat yang kompatibel dan menyediakan fitur ini.

Langkah selanjutnya, lakukan proses backup pada microSD terlebih dahulu. Karena nantinya ketika proses perubahan microSD menjadi memori Internal, maka semua data yang ada pada microSD akan dihapus oleh sistem.

Selanjutnya, buka Settings - Storage

Pilih SD card

Lanjutkan dengan menekan tombol tiga titik bertumpuk di kanan atas layar, dan pilih Storage Settings.

Untuk mengubahnya menjadi memori internal, pilih opsi Format as Internal

Pilih opsi Erase & Format

Tunggu sampai proses format microSD selesai.

Setelah proses format selesai, kini memori intyernal kalian sudah bertambah dan makin luas karena bantuan microSD.

Selamat mencoba!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top