NEWS

Di luar Game Mobile, TikTok Masih jadi Nomor 1 yang Terbanyak Diunduh

en19ma   14 Sep 2020
Di luar Game Mobile, TikTok Masih jadi Nomor 1 yang Terbanyak Diunduh

Baru-baru ini, Sensor Tower telah merilis laporan terbarunya mengenai aplikasi yang paling banyak diunduh dari seluruh dunia pada bulan Agustus 2020 lalu. Dalam laporannya tersebut, Sensor Tower menyebutkan bahwa daftar aplikasi yang paling banyak diunduh ini bersumber dari dua marketplace ternama, yakni App Store dan Play Store.

Jika melihat dari daftar aplikasi yang disodorkan oleh Sensor Tower, maka TikTok masih menjadi aplikasi di luar game mobile yang paling terpopuler di seluruh dunia. Secara keseluruhan, aplikasi berbagi video pendek ini telah diunduh sebanyak 63,3 juta selama satu bulan, yakni bulan Agustus 2020 lalu, di App Store dan Play Store.

Satu fakta yang cukup mengejutkan, aplikasi TikTok malah mengalami peningkatan jumlah unduhan tertinggi di Indonesia, yang diikuti oleh Brasil. Sementara, aplikasi lainnya yang juga paling banyak diunduh di luar game mobile pada bulan Agustus 2020 lalu adalah Zoom.

Sensor Tower mencatat bahwa aplikasi virtual meeting ini membukukan performa yang baik di App Store dengan jumlah unduhan yang mencapai lebih dari 52,2 juta, dan duduk di urutan kedua. Sementara, di Android, aplikasi Zoom berada pada posisi ke-5. Bukan tanpa alasan bagi Zoom untuk menjadi aplikasi yang populer karena banyak orang yang harus bekerja dan belajar dari rumah pada saat ini.

Beberapa aplikasi terkenal lainnya, seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram, juga juga masih bertengger di dalam daftar yang dirilis oleh Sensor Tower. Meski begitu, posisi atau peringkat dari masing-masing platform media sosial tersebut kini berbeda-beda.

Sensor Tower juga sekali lagi menjabarkan bahwa daftar peringkat tersebut diambil dari data jumlah unduhan di App Store dan Play Store antara periode tanggal 1 hingga 31 Agustus 2020 dengan mengkalkulasikan hanya jumlah download yang unik. Hasilnya menunjukkan bahwa TikTok masih menjadi pemimpin di berbagai pasar, di luar game mobile.

Seperti yang sudah banyak diketahui, TikTok pada saat ini sedang menghadapi larangan di India dan Amerika Serikat. Padahal, kedua negara tersebut merupakan pasar utama dari TikTok. Sementara, dalam kasus lain, bekerja dan belajar dari rumah semakin menjadi kenormalan yang baru, sehingga Zoom pun menjadi aplikasi yang beruntung untuk eksis di masa pandemi seperti pada saat ini.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top