REVIEW

Di dalam Game Ini, Aggretsuko Butuh Bantuanmu!

Recca   09 Aug 2020
Di dalam Game Ini, Aggretsuko Butuh Bantuanmu!

Nama Aggretsuko mungkin masih kedengaran rada asing di telinga sebagian dari kalian. Namun, siapa sangka tokoh yang tergolong populer di kalangan penonton Netflix ini adalah salah satu maskot kepunyaan Sanrio? Kini, sang karakter telah debut dengan game terbaru yang muncul untuk iOS dan Android.

Cerita Satir Retsuko si Red Panda Pekerja Kantoran

Aggretsuko: The Short-Timer Strikes Back kembali menandai hadirnya adaptasi game yang diangkat dari serial animasi atau intellectual property yang tengah naik daun. Bisa dibilang naik daun karena merupakan salah satu maskot di bawah naungan nama Sanrio yang telah beken dengan maskot-maskot imut nan menggemaskan seperti Hello Kitty, Keroppi dan Cinnamoroll, atau bisa juga karena serial pendeknya yang memang cukup ringan dengan komedi satir yang cukup menggelitik. Serial ini menampilkan karakter berbentuk red panda dengan nama Retsuko yang tampilannya pun memang lucu layaknya karakter Sanrio lainnya. Akan tetapi, kejenakaan datang dari Retsuko yang menjalani keseharian seorang (atau seekor?) pekerja kantoran. Seperti halnya keseharian seorang karyawan dengan segala dinamika kantornya, hari-hari Retsuko pun diwarnai dengan atasan yang menyebalkan, rekan-rekan kerja yang rese, dan segala tekanan yang biasanya dialami kehidupan bekerja di perusahaan. Dan pelampiasan yang biasanya dapat ia lakukan hanyalah pergi ke tempat karaoke setiap malamnya untuk melepas kekesalan dengan bernyanyi death metal yang merupakan bentuk atau sisi agresif dalam dirinya. Kepribadian dan apa yang dialaminya tersebut seolah merupakan sekilas ilustrasi satir dari realita kehidupan pekerja kantor di Jepang (dan hampir dimana-mana) kebanyakan.

Nasib Retsuko pun masihlah sama dalam versi game mobile-nya ini. Ia masih menjadi bulan-bulanan Director Ton, atasannya yang kali ini dengan inisiatifnya merelokasi kantor, kembali berimbas menjadi beban bagi Retsuko. Seorang diri, Retsuko harus mendesain interior ruangan kantornya agar jadi tempat yang asyik bagi para penghuni kantornya. Untung bagi kalian, game ini terbilang cukup fun dan nagih untuk dimainkan. Lebihnya lagi, dengan melangsungkan progress game ini para pemainnya juga dapat membuka hingga 100 potongan episode Aggretsuko dimana kalian dapat melihat sekilas kekocakan dari tokoh satu ini dalam ceritanya.

Permainan Puzzle yang Simpel dan Fun

Gameplay yang dibawakan adalah satu yang tak asing lagi untuk mereka yang gemar bermain game puzzle di mobile. Game Aggretsuko ini hadir dengan mengusung permainan match-three yang sudah amat umum dimana para pemainnya harus menyelesaikan stage dengan mencocokkan tiga balok berpola sama yang di tiap stage-nya akan mengedepankan tantangan berbeda. Mulai dari yang segampang menyelesaikan motif tertentu dalam jumlah yang dibutuhkan, sampai dengan susunan stage yang didesain makin sulit. Dengan menyelesaikan stage-stage yang ada, kalian akan mengumpulkan bintang yang dibutuhkan Retsuko untuk mengisi interior gedung kantornya dengan berbagai furnitur di seluruh lantai.

Meski pada dasarnya bisa dikatakan gampang, tantangan yang makin seru di tiap stage-nya tetap menuntut pemain untuk putar otak demi menghasilkan chain/combo sebanyak-banyaknya. Dengan mencocokkan lebih dari tiga balok, akan memberikan pemain bonus berupa item-item yang berguna untuk menghasilkan sebanyak-banyaknya chain/combo yang mempercepat stage ini diselesaikan. Dan tidak hanya itu, tiap stage juga dapat diselesaikan dengan karakter yang bukan cuma ada Retsuko, tapi juga teman-teman kantornya yang lain. Setiap karakter tersebut memiliki efek skill yang berbeda-beda dalam membantu menyelesaikan stage. Oleh karena itu, setiap stage yang ada pun memberikan rekomendasi karakter yang berbeda-beda.

Kumpulkan Teman-teman Retsuko dengan Gacha

Iya, seperti yang disebutkan di atas, teman-teman kantor Retsuko turut menjadi karakter untuk digunakan dengan masing-masing skill-nya. Dan itulah yang dijadikan sebagai peluang memasukkan elemen gacha dalam game ini. Dengan ragam skill yang membantu untuk menyelesaikan stage, otomatis para pemain pun akan terdorong untuk mengumpulkan lebih banyak karakter yang di sini dapat dilakukan dengan draw a character yang membutuhkan draw tickets atau gold sebagai alternatifnya. Mengingat bentuk karakter-karakter yang ada di Aggretsuko juga tergolong lucu dan kocak, mengumpulkannya pun rasanya jadi salah satu daya tarik tersendiri dari game ini. Terlebih bagi mereka yang kerap menikmati kejenakaan serial animasinya.

Dengan gameplay yang sederhana dan fun untuk dimainkan, dapat dibilang versi game Aggretsuko inipun merupakan sesuatu yang dapat dimainkan oleh semua. Game match-three puzzle yang mengingatkan dengan popularitas Candy Crush selama ini, diketemukan dengan kocaknya maskot baru Sanrio di generasi ini, menjadikan game mobile ini tentunya tidak hanya bisa dimainkan oleh mereka yang sudah mengikuti serial animasi Netflix-nya, tapi juga oleh kalian yang sekedar mencari permainan iseng yang gampang sekaligus nagihin di tengah pilihan game kualitas yang belakangan ini cenderung lebih didominasi RPG dan tipikal-tipikal dengan konten yang banyak. Memainkan game puzzle yang diwarnai dengan karakter-karakter kocak kiranya bisa menjadi hiburan pas untuk mengisi waktu luang kalian di tengah istirahat makan siang atau perjalanan pulang kantor. Tentunya supaya kalian jangan stress seperti Retsuko ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top