REVIEW

Di Control Center iOS 11, Begini Cara Kerja Baru dari Wi-Fi & Bluetooth

Dikdok   28 Sep 2017
Di Control Center iOS 11, Begini Cara Kerja Baru dari Wi-Fi & Bluetooth

Telah hadir sejak diperkenalkannya iOS 7 ke publik umum, Control Center telah menjadi salah satu fitur penting Apple yang berfungsi sebagai pusat kendali cepat dari berbagai fitur lain (misalnya, volume dan kecerahan). Nah, jika Control Center selama ini dapat digunakan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur Wi-Fi dan Bluetooth, maka Apple pada pembaruan iOS 11 kini nyatanya telah mengubah cara kerja dari Control Center.

Ketika pengguna ingin mematikan tombol Wi-Fi dan Bluetooth melalui Control Center di iOS 11, maka kedua fitur tersebut tidak akan mati dengan sepenuhnya, namun hanya akan berhenti untuk terhubung (disconnect). Kedua fitur tersebut akan benar-benar mati apabila pengguna benar-benar masuk ke app Settings untuk benar-benar mematikan Wi-Fi atau Bluetooth.

Di awal perubahan ini, banyak pengguna yang bertanya-tanya mengenai perubahan cara kerja yang diberikan oleh Apple ini. Dan, Apple pun menjelaskan alasannya, yaitu agar perangkat iOS 11 tersebut dapat tetap terhubung dengan menggunakan koneksi nirkabel untuk beberapa fitur bawaan Apple.

Di iOS 11 dan selanjutnya, ketika Anda menekan tombol Wi-Fi atau Bluetooth melalui Control Center, perangkat Anda akan segera memutuskan koneksi dari aksesoris Wi-Fi dan Bluetooth. Namun, kedua fitur ini akan terus tersedia sehingga Anda dapat menggunakan fitur penting lainnya, seperti AirDrop, AirPlay, Apple Pencil, Apple Watch, fitur Continuity, seperti Handoff dan Instant Hotspot, Instant Hotspot, Location Services.

Apple juga memberikan beberapa keterangan lainnya mengenai cara kerja yang baru pada Control Center besutannya ini. Untuk Wi-Fi, jika kalian mematikan tombol tersebut lewat Control Center, maka koneksi Wi-Fi ke jaringan yang kalian ikuti akan terputus. Begitu pula halnya dengan mode terhubung otomatis (auto-join). Fitur ini baru akan bisa kembali aktif jika kalian telah melakukan salah satu dari syarat di bawah ini:

  • Mengaktifkan tombol Wi-Fi kembali di Control Center.
  • Melakukan pengaturan manual melalui Settings > Wi-Fi dan hubungkanlah ke salah satu jaringan yang tampil.
  • Berpindah tempat ke lokasi baru.
  • Waktu menunjukkan pukul 5 pagi di daerah setempat.
  • Me-restart perangkat iOS.

Selanjutnya, untuk fitur Bluetooth, jika kalian mematikan tombol tersebut lewat Control Center maka koneksi Bluetooth ke aksesoris yang kalian gunakan juga akan terputus. Fitur ini baru akan bisa kembali aktif jika kalian telah melakukan salah satu syarat berikut ini:

  • Mengaktifkan Bluetooth di Control Center.
  • Menghubungkan aksesoris Bluetooth lewat pengaturan di Settings > Bluetooth.
  • Waktu menunjukkan pukul 5 pagi di daerah setempat.
  • Me-restart perangkat iOS.

Sebagai penutup penjelasan, Apple juga menuliskan cara untuk mematikan koneksi Wi-Fi dan Bluetooth dengan sepenuhnya. Yaitu, lewat pengaturan di Settings > Wi-Fi dan Settings > Bluetooth.

Sebenarnya, aturan yang dibuat oleh Apple ini sendiri memang dirasa cukup aneh. Terutama, mengenai catatan dimana Apple menjelaskan bahwa Wi-Fi dan Bluetooh dapat kembali digunakan saat waktu menunjukkan pukul 5 pagi.

Nah, apakah tanggapan kalian mengenai pembaruan ‘aneh’ yang diberikan oleh Apple ini? Bagikan di kolom komentar, ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top