TIPS TRIK

Di Android, Begini Cara Sembunyikan Notifikasi dengan "Do Not Disturb"

Dikdok   09 May 2018
Di Android, Begini Cara Sembunyikan Notifikasi dengan "Do Not Disturb"

Notifikasi pada sebuah gadget kerap kali kita butuhkan terlebih ketika kita tengah menunggu berbagai informasi yang cukup penting. Namun ada kalanya notifikasi masuk terlalu banyak dan tidak begitu penting untuk disimak. Bukannya memberikan informasi penting, pada akhirnya notifikasi malah memberikan buzz peringatan yang bermunculan secara terus menerus sehingga berakibat pada terganggunya pekerjaan kita.

Guna mencegah terjadinya hal tersebut, Google memiliki cara tersendiri loh, yaitu dengan menghadirkan mode Do Not Disturb pada sistem operasi Androidnya.

Nah, bagaimana mode tersebut bekerja? Berikut adalah penjelasannya.

Sembunyikan Notifikasi di Android dengan "Do Not Disturb"

Mode Do Not Disturb sendiri merupakan mode yang telah dihadirkan Google pada sistem Android nya sejak diperkenalkannya Android 6.0 Marshmallow. Fungsinya sendiri adalah mengatur smartphone agar tidak mengganggu penggunanya dengan sebuah panggilan, pesan atau notifikasi di saat-saat yang ditentukan.

Untuk dapat menggunakan mode Do Not Disturb ini caranya cukup mudah. Berikut adalah langkahnya:

  1. Pertama-tama pengguna harus membuka opsi Settings dan lanjutkan dengan memilih opsi
  2. Berikutnya, lanjutkan dengan memilih osi Do not disturb preferences.

  1. Pada laman pengaturan ini kita bisa menemukan sejumlah peraturan terkait penonaktifan notifiasi, dimulai dari opsi mematikan notifikasi ketika layar sedang terkunci hingga berbagai pengaturan kapan saja opsi ini bisa diaktifkan.

  1. Pada pengaturan ini juga akan ditemukan tiga buah opsi, yaitu
  • Total Silence : Menonaktifkan seluruh notifikasi
  • Alarm only : Hanya alarm yang masih bisa memberikan notifikasi
  • Priority only : Alarm dan beberapa prioritas lainnya masih bisa memberikan notifikasi

Selain melakukan pengaturan melalui opsi Settings, Android juga memberikan shortcut guna mengakses fitur Do Not Disturb ini.

Melalui pengaturan ini tentunya bisa cukup membantu meminimalisir jumlah notifikasi yang tidak penting masuk ke dalam smartphone kita. Semoga membantu!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top