TIPS

Dengan Musixmatch, Jadi Bisa Ber-Karaoke di Android

henney28   26 Nov 2016
Dengan Musixmatch, Jadi Bisa Ber-Karaoke di Android

Seperti yang telah kita ketahui, music player yang ada di Android belumlah dapat kita gunakan untuk memutar musik dan lirik pada saat yang bersamaan. Namun, saat ini, kita sudah bisa melakukan keduanya secara sekaligus, memainkan musik dan menampilkan liriknya juga secara bersamaan, marilah mencari tahu bagaimana caranya dalam artikel ini.

Musik merupakan sesuatu hal yang tanpa keberadaannya, dunia kita mungkin akan terasa sangat membosankan. Setiap orang, bahkan hampir semua orang di dunia ini menyukai musik, dan ini tidak dapat diabaikan begitu saja. Saat ini, kita menginginkan yang selalu up-to-date mengenai segala sesuatu dalam dunia musik, dan selalu ingin mendengarkan lagu-lagu terbaru di ponsel Android. Namun, musik yang ada lirik di dalamnya akan memiliki nilai lebih, karena kita dapat mendengar dan mengerti setiap kata di dalam sebuah lagu dengan lebih jelas. Selain itu, kita juga bisa ikut bernyanyi bersama tanpa takut salah lirik lagi.

Pemutar musik yang ada saat ini tidak dapat dipakai untuk memainkan musik dan menampilkan lirik pada musik tersebut dalam waktu yang bersamaan. Alih-alih, Anda harus menggunakan pemutar musik lain jika menginginkan musik dan lirik diputar dalam waktu bersamaan. Ini tentu sangat merepotkan apalagi semua orang saat ini menginginkan sesuatu hal yang praktis dan simpel. Maka, pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan kita yang ingin mendengarkan lagu dengan lirik yang ditampilkan di dalamnya secara bersamaan. Tentunya, ini akan lebih mempermudah serta memuaskan keinginan kita untuk ber-karaoke di Android.

Cara memainkan musik dan lirik di Android dengan Musixmatch

Jika Anda selalu merasa kesulitan untuk memahami kata-kata di dalam sebuah lagu saat mendengarkan sebuah musik baru, maka Anda patut untuk berterima kasih pada Musixmatch karena aplikasi ini akan sangat dibutuhkan bila Anda ingin memainkan lagu di dalam music player sekaligus dengan tampilan liriknya. Dan, aplikasi ini pun dapat Anda gunakan untuk ber-karaoke di Android dengan sesuka hati Anda. Ikuti langkah-langkah berikut bila Anda ingin menggunakannya pada ponsel Android yang digunakan saat ini.

Fitur-fitur yang ada pada Musixmatch

  • Dukungan aplikasi Chromecast, yang berguna untuk dapat menampilkan lirik dan musik secara bersamaan pada Smart TV
  • Dukungan aplikasi LyricsCard, yang memudahkan kita untuk membuat atau pun berbagi quote lirik lagu
  • Secara otomatis menampilkan info tentang lagu yang sedang diputar
  • Fitur tambahan seperti pewaktu tidur (sleep timer), equalizer, sampul album, dan yang lainnya
  • Saat ini mendukung notifikasi Spotify
  • Ada opsi hapus iklan
  • Memudahkan pencarian lirik lagu hanya dengan mengetikkan kata-kata, nama artis, atau judul lagunya
  • Aplikasi ini dapat digunakan pada ponsel Android dan mendukung pemakaian Android TV

Langkah-langkah untuk mendengarkan musik sekaligus dengan liriknya memakai aplikasi Musixmatch

Langkah 1

Pertamakali yang harus dilakukan sebelum menggunakan aplikasi Musixmatch adalah mengunduhnya terlebih dahulu pada Play Store, kemudian install aplikasi tersebut pada ponsel Android yang ingin digunakan untuk ber-karaoke di Android.

Langkah 2

Sesudahnya, bakal ditampakkan sebuah tampilan layar dengan sebuah pertanyaan untuk mengaktifkan fitur lirik pada aplikasi Musixmatch. Caranya cukup mudah, hanya dengan melakukan tap pada tombol “Enable Now” untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Langkah 3

Selanjutnya, akan muncul text box yang meminta izin dari Anda untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. "Akses Pemberitahuan" cukup dengan memilih izinkan aplikasi Musixmatch dari daftar tersebut.

Langkah 4

Kemudian, Anda akan diminta untuk memberikan izin Musixmatch untuk mengakses pustaka musik Anda. Cukup dengan tekan "Allow." Setelah ini, Anda akan dapat melihat semua daftar musik yang ada dalam perangkat Anda sudah tercantum pada aplikasi Musixmatch.

Langkah 5

Selesai! Saat ini, Anda hanya tinggal menekan pada lagu yang ingin dimainkan. Maka, Anda akan melihat lagu dan lirik dapat diputar secara bersama-sama. Sekarang, ber-karaoke di Android jadi lebih mudah dan menyenangkan

Yang menjadi keunggulan aplikasi Musixmatch ialah pada fitur utamanya, yakni menampilkan lirik lagu yang sedang kita putar, sehingga bagi Anda pengguna yang sangat suka ikut bernyanyi ketika mendengar musik, aplikasi ini tentu sangat menyenangkan. Selain itu, aplikasi tersebut juga bisa membantu untuk berhemat. Daripada pergi ke tempat khusus karaoke untuk sekedar bernyanyi, pengguna bisa dengan ber-karaoke di Android miliknya sepuas hati dengan lagu-lagu kesayangan yang tersimpan di memori perangkatnya menggunakan aplikasi ini.

Ketentuan dalam penggunaan

Syarat yang paling penting agar lirik lagu yang ingin diputar pada aplikasi Musixmatch ini tampil adalah tag dari lagu atau MP3 yang tersimpan di perangkat haruslah tepat. Bila tidak, maka ini akan sia-sia saja. Syarat selanjutnya agar lirik lagu yang ingin diputar dapat tampil pada aplikasi ini ialah harus memiliki sambungan data internet yang memadai. Sebab, cara kerja aplikasi tersebut ialah dengan mengidentifikasi lagu berdasarkan meta tag-nya.

Sesaat setelah lagu teridentifikasi, maka aplikasi Musixmatch akan menampilkan lirik lagu yang sesuai dengan yang dikehendaki. Sehingga ber-karaoke di Android bukanlah sesuatu yang mustahil lagi. Ini karena sebagian dari lirik lagu yang ditampilkan telah tersinkronisasi dengan lagu yang sudah dipilih. Namun, ada juga beberapa lagu yang harus digulir secara manual.

Jadi, beberapa hal tadi adalah cara untuk membuat ponsel Android dapat digunakan untuk memainkan lagu dengan lirik sekaligus menggunakan aplikasi Musixmatch. Dengan aplikasi ini, siapa pun dapat dengan mudah mencari semua lirik musik favoritnya, dan bila ingin mencari lirik lagu dengan bahasa lainnya pun juga bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi Musixmatch ini.

Tentunya, aplikasi ini akan semakin memudahkan pengguna untuk memahami kata per kata yang ada di lagu yang dimainkannya. Jadi, tak perlu susah susah atau pun repot lagi kalau ingin ber-karaoke di Android. Semua hal jadi lebih mudah saat ini dengan menggunakan teknologi. Dulu, bila ingin ber-karaoke harus datang ke tempat karaoke atau mencari lirik lagu dulu di internet. Saat ini, dengan aplikasi Musixmatch, pemilik hobi ber-karaoke jadi lebih mudah mengekspresikan dirinya melalui lagu.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top