REVIEW

Dengan Ayopop, Jadi Mudah Beli Pulsa HP, Paket Data & Token Listrik

Ivonny   04 Nov 2016
Dengan Ayopop, Jadi Mudah Beli Pulsa HP, Paket Data & Token Listrik

Di era ini, semakin banyak aplikasi dan layanan digital yang dikembangkan dengan tujuan memudahkan dalam memperoleh kebutuhan sehari-hari bagi para penggunanya. Salah satu kebutuhan yang selalu dicari adalah pembelian pulsa dan paket data internet. Kebutuhan pengisian pulsa atau pembelian paket data dengan cepat kadangkala tidak bisa dipenuhi dengan mudah. Entah karena jauhnya letak kios penjual pulsa, ATM, atau karena tidak mempunyai aplikasi bank di ponsel. Waktu juga berpengaruh, akan sulit menemukan warung ponsel yang buka saat dini hari, pergi ke ATM pun akan terasa berbahaya.

Ayopop: isi Pulsa Data Listrik Tools and Utilities AndroidiOS Free Download Download

Berdasar pengalaman pribadi, para founder Ayopop berkumpul dan bersepakat untuk membuat sebuah startup yang menawarkan kemudahan dalam melakukan transaksi pembelian pulsa dan paket data. Aplikasi Ayopop adalah partner untuk mengisi pulsa dan paket data secara online untuk operator Telkomsel, Indosat, XL, Three, Smartfren, Pulsa Bolt 4G & Andromax. Dengan Ayopop, proses pengisian pulsa dan paket data dapat dilakukan secara mudah, cepat, dan simpel. Salah satu contoh perbandingannya adalah ketika mengisi pulsa melalui di ATM, akan ada banyak step yang harus dilakukan. Pengguna harus menekan 9 tombol untuk bisa mendapatkan pulsanya. Di Ayopop, pengguna hanya perlu menekan 1 tombol saja, kemudian secara otomatis pulsa akan langsung terisi.

Ayopop juga menawarkan keuntungan berupa pemberian beberapa voucher menarik setiap kali bertransaksi, yang pastinya akan membuat pengguna Ayopop semakin merasa dimanjakan. Seperti yang dijelaskan oleh Tommy Yuwono selaku Head of Business Development AyoPop, "Ayopop merupakan sebuah platform pembayaran, yang mana pengguna akan mendapatkan voucher-voucher menarik dalam setiap transaksinya dari partner Ayopop." Voucher tersebut, misalnya berupa Voucher Buy 1 Get 1 Free Nonton di Blitz, Voucher Naik Uber Gratis Rp 50.000, Voucher Free Karaoke dari DIVA, atau discount hotel dari A&W & Zen Rooms. Selain empat voucher yang sudah disebutkan, masih ada banyak voucher lainnya lagi yang menunggu dijemput oleh para pengguna Ayopop.

Tommy juga menyampaikan bahwa kelebihan aplikasi Ayopop terdapat dalam User Interface dan user experience-nya yang sangat mudah, simpel, dan cepat. Kebanyakan aplikasi yang ada di Indonesia tidak sesimpel aplikasi Ayopop. Untuk ke depannya, para founder Ayopop berencana untuk menambahkan berbagai fitur baru, agar bukan hanya pembelian pulsa dan paket data saja yang bisa dilakukan, namun juga pembelian voucher lain, seperti game, lalu pembayaran tagihan-tagihan seperti PLN dan BPJS, juga fitur kartu kredit untuk kemudahan pembayaran.

Dalam jangka panjang, para founder Ayopop tidak melihat startup yang mereka dirikan itu hanya sebagai aplikasi pembayaran saja, tetapi lebih kepada life partner untuk pembayaran. Perbedaannya terletak pada peranannya, tidak seperti aplikasi pembayaran yang hanya akan menjadi saluran untuk melakukan pembayaran; selain kemudahan, life partner pembayaran juga memberikan rekomendasi, reminder, dan lain sebagainya. Hal ini diyakini akan menjadi trend untuk ke depannya.

Untuk dapat menggunakan Ayopop memang sangat mudah, pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut dari Google Play atau App Store dan memasangnya. Setelah pemasangan aplikasi selesai, selanjutnya pengguna perlu mendaftar dengan menggunakan nomor telepon. Verifikasi akan dikirim via SMS, setelah verifikasi berhasil dilakukan maka pengguna dapat langsung menggunakan layanan aplikasi Ayopop. Untuk pengisian saldo atau to-up Ayopop bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit atau transfer melalui bank. Jika sebelumnya transaksi melalui bank hanya via BCA dan Mandiri, kini sudah bisa juga melalui bank BNI dan BRI.

Setelah saldo terisi, pengguna dapat melakukan pengisian pulsa atau paket data sesuai dengan kebutuhan. Terdapat berbagai pilihan nominal pulsa yang ditawarkan dan berlaku untuk semua operator. Mulai dari nominal 5 ribu, 10 ribu, 20 ribu, 50 ribu sampai dengan 100 ribu rupiah. Selain dapat melakukan pengisian untuk nomor pengguna sendiri, pengisian pulsa juga bisa dilakukan untuk nomor orang lain. Dengan demikian, aplikasi ini bisa digunakan untuk berjualan.

Kelebihan lain aplikasi ini adalah harga yang dibayarkan pengguna sesuai dengan nominal pulsa yang dibeli. Misalkan kita membeli pulsa atau paket data senilai 50.000 rupiah, maka saldo yang akan terpotong adalah 50.000 rupiah pula. Tidak ada biaya administrasi yang dibebankan kepada pengguna, berbeda dengan sistem agen di counter-counter pulsa. Ini jelas lebih mudah dan menguntungkan bagi pengguna aplikasi yang menggunakannya untuk berjualan pulsa.

Untuk pembelian paket data yang ditawarkan, terdapat paket data dari semua operator, termasuk paket data Bolt 4G dan Andromax. Untuk harga yang ditawarkan, rata-rata lebih murah dibanding dengan membeli paket data di counter dan bahkan dari operatornya sendiri. Untuk metode pembayarannya sendiri, selain melalui saldo Ayopop, juga bisa dilakukan dengan transfer bank.

Dalam aplikasi ini, juga tersedia fitur chat agar pengguna dapat berkomunikasi dengan tim Ayopop. Jadi, seandainya pulsa atau paket data yang telah kita beli belum juga sampai/diterima, pengguna dapat mengecek statusnya langsung pada costumer service Ayopop yang support selama 24 jam dan 365 hari untuk membantu para penggunanya.

Selain pembelian pulsa dan paket data, Ayopop kini juga memberikan layanan cek kuota dan paket data. Banyak orang sering melupakan cara cek paket kuota dan data. Dengan Ayopop, pengguna bisa melakukannya hanya dengan menekan satu tombol yang diperlukan. Pengisian token listrik juga dapat dilakukan dengan cepat melalui Ayopop, tersedia berbagai denominasi mulai dari 20 ribu, 50 ribu, dan seterusnya.

Target market Ayopop adalah orang-orang yang tidak mau direpotkan dengan urusan membeli pulsa atau kuota, seperti profesional yang sibuk atau anak-anak muda yang aktif dalam mengkonsumsi data dan internet. Layanan Costumer Service dari aplikasi Ayopop juga diberikan selama 24 jam setiap harinya, menunjukkan bahwa Ayopop memiliki keunggulan dalam pelayanannya. Setiap saat pengguna membutuhkan layanan aplikasi untuk mengisi pulsa atau paket datanya, Ayopop siap sedia memenuhi kerbutuhan tersebut, meski di tengah malam atau dini hari sekali pun.

Dari data internal startup yang diluncurkan pada bulan April 2016 lalu, Ayopop sudah dipakai oleh lebih dari 30.000 pengguna di seluruh Indonesia. Di Google Play sendiri, aplikasi ini sudah diunduh 10 ribu pengguna dan memiliki rating 4,2. Dari peluncurannya hingga sekarang, dapat dilihat bahwa Ayopop masih terus melakukan perbaikan-perbaikan dan pengembangan aplikasinya secara berkala.

Begitulah mengenai aplikasi Ayopop yang berencana untuk menjadi life partner payment ini. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Selamat mencoba, ya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top