REVIEW

Deep Town: Mining Factory, Membangun Kota Bawah Tanah ala Game Clicker

Andy Chan   13 May 2018
Deep Town: Mining Factory, Membangun Kota Bawah Tanah ala Game Clicker

Tahukah Anda bahwa kerak sebuah planet itu biasanya sangat dalam, dan dipenuhi dengan berbagai macam mineral berharga seperti logam, permata, dan benda-benda langka lainnya? Nah, berbekalkan dengan sistem penggalian berteknologi tinggi, Anda kini bertanggung jawab untuk mengatur pasukan robotmu untuk mengebor ke dalam planet dengan berbagai macam teknologi keren seperti robot drill, fire blast, freezing cryogenic, dan lain sebagainya. Itulah tema yang dibawakan oleh Rockbite Games dalam sebuah game berjudul Deep Town: Mining Factory.

Deep Town: Mining Factory pada dasarnya adalah sebuah game clicker atau idle yang berbeda dengan biasanya. Dalam game ini, pemain memang bertugas untuk menjebol kerak bumi ke arah bawah sampai ke inti bumi dengan menyentuh layar untuk menggunakan laser blast atau menyentuh icon-icon yang ada di bagian bawah untuk menggunakan berbagai macam teknologi pengeboran canggih.

Tidak ada sistem idle dalam pengeboran ini, pemain harus mengebor secara real-time. Ini berarti, ketika game-nya tidak sedang menyala, tidak ada pengeboran yang berlangsung sama sekali. Tapi pemain bisa mempercepat proses pengeboran dengan melakukan upgrade pada level teknologi, yang juga akan meng-unlock berbagai macam teknologi baru untuk dipakai mengebor lebih cepat.

Setiap beberapa level berhasil dibor ke dalam, pemain bisa mendirikan sebuah lokasi untuk menambang mineral. Nah, dengan tambang ini lah pemain bisa meninggalkan permainan sambil game-nya tetap memproses dan menghasilkan berbagai macam mineral seperti besi, emas, tembaga, dan sebagainya. Semua mineral tersebut bisa dijual untuk mendapatkan uang agar bisa melakukan upgrade lebih banyak lagi.

Namun jangan semua mineral dijual tanpa kecuali, karena di samping mengebor ke bawah dan membangun pertambangan, pemain juga bisa membangun ke atas untuk mendirikan sebuah smelter. Dengan adanya smelter ini, pemain bisa mengolah mineral yang sudah didapatkan menjadi sesuatu yang berharga lebih tinggi, misalnya perak mentah bisa diolah menjadi perak batangan, dan sebagainya.

Sedikit komplikasi akan ditemukan oleh pemain semakin dalam dia mengebor planet. Ada makhluk asing di dalam planet yang tidak senang tempat tinggalnya diusik, sehingga dia akan mengganggu pengeboran dengan cara menghancurkan robot drill yang dipasang oleh pemain serta memperbaiki kerak bumi yang sudah dihancurkan. Untuk bisa menghancurkan makhluk asing tersebut, pemain harus bisa menghancurkan kerak bumi lebih cepat daripada dia memperbaikinya, tentunya dengan level upgrade yang cukup.

Boleh dibilang, Deep Town: Mining Factory adalah sebuah game simulasi pertambangan yang paling baik yang pernah ada. Grafis di dalam tambang memang agak gelap, namun semakin ke atas, pencahayaan menjadi terang di bagian atas permukaan tambang. Memang artworknya tampak seperti steampunk, namun itulah daya tarik dari game ini. Meskipun begitu, disimak dari permukaan tambang di atas, perlu dipertanyakan apakah lokasi tambang ini sebenarnya ada di Bumi atau ada di Mars, atau entah di planet apa.

Deep Town: Mining Factory dihadirkan secara free-to-play tanpa ada kebutuhan koneksi Internet atau sistem stamina / energi yang mengganggu. Bahkan game-nya tidak diganggu oleh iklan, meskipun terdapat sedikit mikrotransaksi apabila pemain ingin mempercepat permainan dengan cara membeli kristal. Seperti biasa, berhubung Deep Town: Mining Factory menggunakan sistem pembangunan berbasiskan real-time, kristal ini bisa digunakan untuk mempercepat pembangunan, selain tentunya membeli loot box.

Akhir kata, Deep Town: Mining Factory ini merupakan sebuah game pembangunan kota bawah tanah yang unik dan adiktif. Anda akan terus tertantang untuk menembus kerak bumi sampai sedalam mungkin sambil mengumpulkan hasil tambang dan menjualnya agar mendapatkan keuntungan besar. Jika Anda penggemar game bangun-membangun atau game clicker, inilah dia game yang pantas berada di jejeran game-game ponsel pintar Anda!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top