REVIEW

Dead Rivals, Zombie Open World MMO dari Gameloft yang Keren

Andy Chan   18 Mar 2019
Dead Rivals, Zombie Open World MMO dari Gameloft yang Keren

Dunia sudah kiamat akibat serangan zombie, namun ternyata manusia masih belum bisa bekerja sama. Mereka malah mendirikan faksi sendiri-sendiri dan saling bacok satu sama lain. Bertahanlah hidup dalam dunia kiamat zombie ini dalam sebuah game MMO Action RPG persembahan Gameloft yang mereka beri judul Dead Rivals.

Action bertemu dengan MMORPG

Dead Rivals adalah sebuah game MMORPG berbasiskan action, di mana pemain berperan sebagai salah seorang survival di dunia kiamat zombie. Pemain akan menciptakan karakter sendiri dan bertualang dalam sebuah dunia kiamat zombie yang luas yang juga dihuni oleh pemain-pemain lain dari seluruh dunia. Menarik kan?

Pengendalian yang Relatif Otomatis

Secara teknis, pemain bisa mengendalikan karakternya dengan menggunakan virtual analog yang berada di bagian kiri bawah layar. Untuk menggeser kamera, pemain bisa melakukan swiping di layar, untuk menembak dan berinteraksi, pemain bisa menggunakan tombol-tombol virtual yang berada di sebelah kanan bawah layar, termasuk berbagai tombol skill. Namun sebenarnya, Dead Rivals ini bisa dikendalikan secara otomatis dengan menyentuh tombol "Play". Pemain sama sekali tidak perlu campur tangan, dan karakternya akan langsung menuju ke objektif yang dibutuhkan, sambil membunuhi zombie yang berada di perjalanan.

Ciptakan Karakter Sendiri

Pada awal permainan, pemain akan bisa memilih satu di antara tiga karakter yang disediakan, masing-masing mewakili satu dari tiga buah class yang unik. Mereka adalah The Specialist, ahli tembak-tembakan jarak dekat dan satu-satunya karakter wanita di sini, The Merc, sang penembak jitu yang menggunakan senjata otomatis, serta The Brawler yang jago gebuk-gebukan jarak dekat. Setelah memilih karakter, pemain pun bisa mengkustomisasi penampilan mereka, mulai dari jenis rambut sampai ke kostumnya.

Naik Level untuk mendapatkan Skill

Sebagai sebuah game RPG, tentu saja setiap karakter pemain memiliki skill khusus tergantung dari class-nya. Semakin tinggi level pemain, maka skill yang terbuka pun akan semakin banyak, mulai dari skill aktif macam melempar granat, sampai skill pasif yang meningkatkan atribut karakter.

Shelter sebagai Hub

Ketika pemain tidak sedang berburu zombie atau sedang menjalankan quest, mereka bisa bersantai di dalam Shelter yang aman. Ada berbagai macam fasilitas di dalam shelter ini yang bisa di-upgrade, seperti gudang untuk penyimpanan barang, workshop untuk crafting, farm untuk mendapatkan bahan makanan, dan sebagainya.

Bebas Bertualang dengan Main Story yang Menarik

Dead Rivals membebaskan pemainnya untuk bertualang di sebuah dunia kiamat zombie yang luas. Di dalam dunia ini lah pemain bisa bertemu dengan berbagai macam faksi yang bisa jadi sedang saling berperang satu sama lain. Meskipun begitu, game ini tetap memiliki sebuah jalan cerita utama mencari penyebab kiamat zombie yang memiliki berbagai macam quest untuk diikuti, baik itu quest utama untuk menjalankan cerita, atau side quest yang menarik untuk diselesaikan.

PvP dan PvE Multiplayer yang Rusuh

Selain menjalankan quest, pemain juga bisa bekerja sama dengan pemain lain atau justru saling bunuh yang rusuh dalam perang ala PvP dalam game ini. Ada banyak misi co-op yang disediakan, seperti bertahan dari serangan zombie, melindungi konvoi, bahkan sampai world-boss yang epik untuk diserang ramai-ramai.

Game Zombie Open World yang Menawan

Gameloft yang dikenal dengan game-game keren mereka seperti Gangstar Vegas, Modern Combat, sampai seri Asphalt ini memang tidak perlu diragukan lagi kualitas game-nya. Demikian juga halnya dengan Dead Rivals yang hadir dengan dunia 3D keren yang benar-benar luas untuk dijelajahi. Masing-masing karakter pemain juga bisa dikustomisasi sesuai selera, sehingga tampil berbeda dengan pemain-pemain lain.

Online dan Butuh Mata Uang Premium

Tidak semua game dari Gameloft itu gratis, namun jangan khawatir, Dead Rivals adalah salah satu game gratis mereka. Tentu saja, berhubung game ini adalah Action MMORPG, maka pemain wajib untuk bisa online. Tentu saja di dalam game disediakan sebuah sistem Shop untuk pemain membeli mata uang Premium Gems. Dan Gems ini banyak sekali kegunaannya, bisa untuk membeli barang-barang, material, sampai membeli fashion alias kostum-kostum yang bisa dikenakan oleh avatarmu. Untungnya, Gems bisa didapatkan di dalam game, meskipun mungkin perlu grinding.

Dengan dunia yang luas, karakter yang bisa dikustomisasi, persenjataan yang keren, dan petualangan tanpa batas, Dead Rivals menyajikan sebuah game MMORPG yang benar-benar menawan di ponsel pintar kalian. Jika kalian gemar menembaki zombie secara keren, Dead Rivals adalah game yang harus dicoba! Sedikit catatan, game ini butuh data yang besar untuk bisa dijalankan, pastikan kalian menggunakan WiFi jika tidak ingin mobile data-nya habis.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top