REVIEW

Dark Stories, Kisah Misteri untuk Dipecahkan Beramai-ramai

Andy Chan   14 Aug 2019
Dark Stories, Kisah Misteri untuk Dipecahkan Beramai-ramai

Kalau kalian mendengar kata "game misteri", mungkin yang pertama terpikir adalah game hidden objects. Selain itu, bisa juga game misteri itu dicampurkan dengan permainan puzzle match-three, atau bahkan game point & click adventure. Sekarang ada lho sebuah permainan misteri yang berkonsep sangat sederhana, namun ternyata menarik untuk dimainkan ramai-ramai.

Dark Stories

Dipersembahkan oleh Treebits Technologies, hadirlah Dark Stories, sebuah permainan sederhana di ponsel pintarmu yang wajib dimainkan beramai-ramai. Mengapa demikian? Karena game ini membutuhkan satu orang sebagai narator misteri, serta satu atau lebih pemain lain untuk menyimak dan menyelidiki kisah yang dinarasikan oleh sang narator.

Cara Memainkan Dark Stories

Tidak seperti game mobile pada umumnya, Dark Stories bukanlah sebuah permainan yang bisa dimainkan di ponsel pintar itu sendiri. Game ini membutuhkan partisipasi beberapa orang sekaligus, lebih ramai lebih seru. Seseorang akan dipilih sebagai sang narator (biasanya yang empunya ponsel pintar dan Dark Stories di dalamnya), lalu dia pun akan memilih salah satu misteri yang berada di dalam game tersebut. Lalu dia pun membacakan isi dari kartu misteri yang bersangkutan kepada para partisipan, dan para partisipan pun bisa mulai bertanya kepadanya untuk memecahkan misteri tersebut.

Permainan Kartu Misteri

Sebuah kisah misteri di dalam Dark Stories disajikan dalam bentuk sebuah kartu. Sang narator bisa membalikkan kartu tersebut dengan menyentuh tombol solusi, lalu membaca solusi tersebut untuk dirinya sendiri. Nah, di situlah dia bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilemparkan oleh para partisipan, dan berusaha menjawab pertanyaan mereka agar bisa memecahkan misteri tersebut. Apabila para pemain tidak bisa menemukan solusinya, sang narator pun bisa memberikan berbagai petunjuk untuk mengarahkan mereka agar mendekati jawabannya.

Cocok untuk Dimainkan pada Acara Kumpul-kumpul

Berhubung permainan ini tidak memiliki gameplay sama sekali dan wajib dimainkan beramai-ramai, maka Dark Stories sangat cocok untuk dimainkan ketika pemain sedang melakukan acara kumpul-kumpul, seperti berkemah, acara ulang tahun, dan lain sebagainya.

Gratis, namun Sebagian Besar Cerita Harus Dibeli

Dark Stories menyediakan puluhan cerita untuk diselesaikan, namun sayangnya, sebagian besar dari cerita tersebut terkunci. Cara meng-unlocknya adalah dengan membelinya dengan uang asli seharga Rp. 47.000,-, namun pemain bisa juga meng-unlocknya menggunakan Key. Key ini adalah benda terbatas, untuk mendapatkannya, pemain harus menonton sebuah video iklan. Tentu saja, dengan sifat permainannya yang lebih di dunia nyata, tidak ada alasan untuk game ini membutuhkan koneksi Internet ataupun menggunakan sistem stamina selain untuk menonton video iklan tersebut.

Jika kalian adalah seorang pemain solo yang lebih senang tenggelam dalam sebuah dunia permainan yang imersif atau sejenisnya, sudah bisa dipastikan bahwa Dark Stories bukanlah permainan untuk kalian. Secara teknis, Dark Stories adalah permainan kartu misteri yang seru dimainkan saat kumpul-kumpul. Sayangnya, permainan yang dimainkan di dunia nyata ini mungkin kurang diminati belakangan ini, jadi kegunaan dari game Dark Stories ini sepertinya kurang optimal.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top