Pekan lalu, perusahaan LINE asal Jepang yang juga bertindak sebagai pengembang Disney Tsum Tsum telah mengumumkan bahwa game mobile yang bergenre puzzle tersebut telah diunggah hingga lebih dari 70 juta pengguna yang berasal dari berbagai belahan dunia.
Berawal dari salah satu lini produk boneka yang dijual melalui Disney Store Jepang, Disney Tsum Tsum belakangan diluncurkan sebagai game mobile pada tahun 2014 di negara terssebut. Hingga saat ini, game mobile tersebut telah memperoleh total penjualan US$ 1 milyar secara global.
Tak hanya di Jepang saja, Disney Tsum Tsum yang tersedia untuk platform iOS dan Android tersebut juga telah menjadi aplikasi mobile paling populer di Amerika Serikat, Taiwan, Hong Kong, dan beberapa negara lainnya di Asia Tenggara.
Menurut data yang dirilis oleh LINE, game mobile tersebut telah dimainkan hingga mencapai lebih dari 165,4 milyar kali di berbagai belahan dunia sejak pertama kalinya diluncurkan, dengan sekitar 61,8 trilyun karakter Tsum Tsum yang sudah dihabiskan dalam permainan.
FYI, satu karakter Tsum Tsum berukuran rata-rata 7 mm (jika dimainkan di layar gadget sebesar 4,7 inci), sehingga jika sebanyak 61,8 trilyun Tsum Tsum dijajarkan dapat membentuk sebuah garis lurus sepanjang 432 milyar kilometer. Setara dengan jarak perjalanan dari Bumi ke Mars, hingga ke Bumi lagi.
Selain boneka dan game mobile yang bisa diunduh melalui App Store dan Play Store, Disney Tsum Tsum juga telah dihadirkan dalam bentuk sebuah serial animasi spesial yang sudah dapat disaksikan secara online di Internet mau pun melalui Disney Channel.
Deretan karakter Disney, Disney/Pixar, Star Wars, dan Marvel telah ditampilkan, seperti Mickey Mouse, para Princess hingga karakter ikonik macam Buzz Lightyear dan Darth Vader. Karakter terpopuler di antaranya, yakni Cinderella, Beast (“Beauty and the Beast”), dan Maleficent Dragon (“Sleeping Beauty”).