Secara perlahan, BPJS Kesehatan terus memperbaiki diri. Terlepas dari berbagai carut-marut yang masih terjadi di sejumlah wilayah, pelayanan BPJS Kesehatan secara keseluruhan sudah berada di jalur yang benar.
Misalnya, untuk proses pengecekan tagihan dan status keanggotaan, pasien tidak harus berepot-repot ria demi datang ke kantor BPJS Kesehatan dan lama mengantre. Kini, cukup lewat smartphone, kedua informasi tersebut sudah dapat diakses dengan mudah, di mana pun dan kapan pun.
Simaklah caranya di bawah ini.
- Unduh dan install aplikasi BPJS Kesehatan Mobile terlebih dahulu di perangkat Android Anda.
- Selanjutnya, jalankan aplikasi mobile tersebut dan klik “Register” untuk mendaftarkan diri Anda. Isilah kolom-kolom yang kosong, kemudian klik “Register” jika semua kolom tersebut sudah diisi dengan benar. Perlu diingat, pendaftaran di sini hanyalah terbatas untuk akun di aplikasi mobile tersebut. Jadi, bukanlah pendaftaran keanggotaan BPJS Kesehatan baru.
- Berikutnya, ceklah e-mail yang Anda gunakan untuk melakukan registrasi untuk melihat kode verifikasi. Masukkan kode tersebut ke aplikasi mobile ini.
- Jika proses verifikasi berhasil, maka Anda akan melihat interface seperti di bawah ini. Artinya, Anda sudah berhasil masuk ke dalam akun BPJS Kesehatan milik Anda. Untuk melihat status keanggotaan, klik pada menu “Peserta.”
- Nah, seperti inilah tampilannya.
- Tombol menu juga bisa Anda temukan di sebelah kiri layar, dan menu “Tagihan” terdapat di antaranya.
- Sesuai labelnya, menu tersebut berisikan rincian tagihan yang harus segera Anda bayarkan.
Selain memeriksa jumlah tagihan dan status keanggotaan, Anda juga bisa membaca aturan main dan prosedur klaim, lokasi kantor BPJS, catatan pembayaran, memeriksa Virtual Account hingga skrining (screening) riwayat kesehatan di aplikasi BPJS Kesehatan Mobile ini.