istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
porno izleporno izleporno izleporno izleporno izlepornopornopornopornopornopornopornoporniocoolpornpornspotsex pornosex pornosex pornosex hikayesex hikaye
NEWS

DANA 2.0 Sempurnakan Pengalaman Pengguna Dompet Digital

en19ma   28 Aug 2021
DANA 2.0 Sempurnakan Pengalaman Pengguna Dompet Digital

Dompet digital DANA terus berinovasi. Langkah teranyar yang dilakukan oleh lifestyle payment app yang dikembangkan sebagai solusi transaksi #BebasDrama bagi semua kalangan masyarakat ini adalah mengembangkan tampilan antarmuka (UI, atau User Interface) versi terbaru untuk memperkaya pengalaman pengguna (UX, atau User Experience) dalam bertransaksi digital melalui DANA v.2.0. Hal tersebut ditempuh dengan harapan agar evolusi DANA v.2.0 mampu untuk mengakselerasi teknologi yang inklusif bagi semua masyarakat dan membawa perubahan yang progresif dalam memudahkan beragam aktivitas hingga memberdayakan masyarakat menuju kehidupan yang lebih baik.

“Inklusi teknologi finansial, yang berperan penting dalam meningkatkan kontribusi ekonomi digital nasional, akan terwujud apabila kepercayaan dan literasi masyarakat Indonesia terhadap manfaat yang dihadirkannya [telah] menguat,” ujar Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA, di hadapan para partisipan gelaran diskusi virtual DANA Tech Talk edisi perdana (27/08/2021).

“Ada pun fondasi yang dibutuhkan untuk membangun kepercayaan tersebut [di antaranya] adalah kemudahan dan kenyamanan penggunaan serta akses, keandalan teknologi, serta jaminan keamanan dan proteksi,” lanjutnya. "DANA v.2.0 yang kami kembangkan merupakan bentuk keseriusan [dari] kami dalam menjawab tantangan tersebut. Inovasi teknologi, termasuk UI dan UX, akan terus kami lakukan secara konsisten dan senantiasa menjadi fokus dalam pengembangan dompet digital DANA demi pengalaman bertransaksi yang terbaik untuk para pengguna.”

Pengembangan tampilan antarmuka (UI) membawa peran yang besar dalam memberikan nilai di setiap pengalaman pengguna (UX) dalam bertransaksi digital. Peranan ini diakui pula oleh beberapa studi, seperti Forrester Research di tahun 2019 dalam laman website-nya, yang menyatakan bahwa optimasi UI/UX sangat penting untuk sebuah aplikasi dalam mengantarkan pengguna pada tujuan mereka. Dalam studi tersebut, dikatakan pula apabila UI/UX yang optimal dapat mendorong keinginan transaksi pengguna sebesar 14,4% dan juga mampu untuk mempertahankan retensi pengguna sampai 15,8%.

Oleh karena itu, pengembangan DANA v.2.0 merupakan upaya dari DANA dalam menjembatani dan memahami basis pengguna di era digital yang memiliki karakteristik yang unik dengan kebutuhan yang makin kompleks. Berpijak pada komitmen tersebut, DANA v.2.0 menghadirkan sejumlah pembaruan pada beberapa aspek yang menjadi pilar bagi DANA sebagai dompet digital yang aman dan tepercaya (trusted), bersahabat dan ramah pengguna (friendly), serta mudah dan selalu siap untuk diandalkan (accessible).

Tampilan yang menyegarkan dari DANA v.2.0 ini dapat segera pengguna temui pada tampilan depan dari DANA atau DANA Home yang makin ramah bagi pengguna. Tampilan antarmuka dalam versi teranyar ini menjadi lebih bersih dengan sajian informasi kontekstual yang lebih baik untuk setiap komponen. Misalnya, kemunculan informasi aktivitas pengguna DANA, menu ‘Hanya Untukmu’ untuk mengecek kode referral, voucher, dan lainnya secara langsung, hingga informasi DANA Protection agar pengguna jadi bebas dari rasa cemas dalam bertransaksi digital.

DANA juga menyederhanakan langkah-langkah dalam fitur Kirim Uang. Pengguna kini dapat memanfaatkan kolom pencarian dengan mudah untuk transfer yang lebih praktis. Selain itu, pada tampilan barunya, DANA juga memajang deretan tujuan transaksi yang terakhir dilakukan. Kedua pilihan ini menjadi jalan pintas bagi pengguna untuk mempercepat transfer pada tujuan yang sama, baik sesama pengguna DANA atau pun rekening bank.

Untuk menjadikan pengguna merasa aman, nyaman, dan terbantu dalam hal pengelolaan transaksinya, DANA memperbarui fitur DANA Statement dengan menambahkan widget di iOS. Melalui pembaruan ini, pengguna dapat melihat keseluruhan pengeluaran mereka di DANA dengan cepat tanpa harus masuk ke dalam aplikasi DANA. Selain itu, juga dihadirkan fitur Daily Limit yang memungkinkan pengguna untuk mengatur batas pembelanjaan harian terhadap setiap kartu sehingga pengunaan makin terkontrol dan terkendali. DANA juga menambahkan lapisan keamanan ekstra untuk kartu pengguna di dalam DANA.

Pintarnya teknologi yang dimiliki oleh DANA dapat dirasakan lewat fitur Smart Pay. Fitur ini membantu dalam memberikan rekomendasi metode pembayaran terbaik untuk pengguna. Dengan demikian, pengguna tidak perlu khawatir apabila saldo DANA tidak mencukupi untuk bertransaksi. Caranya pun mudah, Smart Pay dapat diaktifkan dengan mengakses halaman Me, lalu ubahlah pengaturan di Profile Setting, kemudian nyalakan Automatically Redirect Payment untuk mengaktifkan fungsi Smart Pay.

Peranan pengembangan UI/UX untuk mengakomodir kebutuhan sekaligus menjaga kepercayaan pengguna juga ditanggapi dengan senada oleh Borrys Hasian yang dikenal sebagai Design Innovation Consultant & Design Sprint Expert. Menurutnya, setiap penyedia layanan keuangan harus selalu adaptif dalam menanggapi kebutuhan dari pengguna yang senantiasa berubah-ubah.

 “Peran teknologi makin penting dalam mewujudkan ekonomi digital yang kian inklusif dan kontributif. Salah satu caranya adalah melalui pembaruan tampilan UI/UX seperti yang diimplementasikan oleh DANA. Fokus utama yang perlu diprioritaskan dalam setiap pembaruan ini tidak hanya semata-mata untuk melakukan diferensiasi produk, tetapi harus dipertimbangkan [dengan cara yang] lebih holistik dan user-centered, yaitu membuat User Experience yang lebih baik dengan pengalaman personal yang bernilai, bermakna, dan engaging (menarik) dalam setiap perjalanan pengguna dalam bertransaksi digital, serta mampu [untuk] meningkatkan literasi keuangan digital mereka dan memudahkan hampir segala aspek kehidupan pengguna,” ujarnya.

Peluncuran DANA v.2.0 di bulan Agustus yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia dan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional menjadi momentum bagi DANA untuk mengokohkan tekad dan upaya nyatanya dalam mendukung transformasi menuju masyarakat digital. Selain mendukung visi jangka panjang atas terealisasinya cashless society yang makin kompeten, tekad dan upaya tersebut bagi DANA sangat penting guna mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional dari dampak pandemi COVID-19 melalui pengembangan teknologi finansial.

DANA v.2.0 resmi diperkenalkan pada ajang DANA Tech Talk bertajuk ‘Gold Recipe in Building Experiences to Tens of Million Users,’ forum diskusi para penggiat teknologi untuk membahas mengenai potensi teknologi dan inovasi dompet digital dalam memajukan ekonomi digital nasional, yang juga dihadiri oleh Monita Moerdani, Chief Marketing Officer DANA; Norman Sasono, Chief Technology Officer DANA; dan Den Widhana, Head of UX & Design DANA. Kegiatan ini akan digelar secara rutin dan diharapkan bisa menjadi sarana diskusi nan edukatif yang sekaligus menjaring ide-ide yang baru mengenai pemanfaatan teknologi guna mewujudkan ekonomi digital yang makin inklusif.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top