REVIEW

Dalam Skyhill, Bertahan Hidup dari Zombie & Mutan di Hotel Berlantai 100!

Eroneko   01 Nov 2016
Dalam Skyhill, Bertahan Hidup dari Zombie & Mutan di Hotel Berlantai 100!

Genre zombie sekarang sedang naik daun dan marak di berbagai media. Mulai dari serial tv seperti Walking Dead, film seperti Train to Busan sampai game seperti Resident Evil. Tak mau kalah, zombie pun merambah ke ranah game mobile. Skyhill menjadi salah satu judul terbaru di antara game-game zombie yang membawa angin baru di piranti bergerak.

Dikerjakan oleh Daedalic Entertainment, yang merupakan pengembang game mobile asal Jerman dan telah berpengalaman dalam merilis game-game asyik dan serius sekaligus enak untuk dimainkan. Salah satu game terbaru mereka yang berjudul Skyhill ini mengambil genre zombie dan action adventure dalam bentuk 2D. Sedikit mengingatkan pada game Resident Evil, dimana kalian harus bertahan hidup untuk menghadapi zombie, kalian harus menghadapi mutan dan bertualang dalam sebuah hotel pada Skyhill.

Cerita

Bercerita tentang seseorang yang sedang dalam perjalanan bisnis dan menginap di lantai Penthouse VIP di puncak sebuah hotel berlantai 100. Kemudian, senjata biologi menghancurkan kota dan membuat hampir seluruh kota menjadi mutan. Karakter utama dihadapkan pada pilihan untuk kabur dari hotel tersebut dan bertahan hidup dari serangan mutan. Karakter utama akan menuruni 100 lantai dan membuka tabir rahasia tentang hotel tersebut dan rahasia menyoal kenapa seluruh kota menjadi mutan.

Banyak cerita sampingan yang akan ditampilkan jika kalian berhasil membuka item atau pintu tertentu. Namun, inti dari cerita ini adalah bertualang untuk mencapai ke lantai dasar hotel dan meninggalkan kota dengan selamat. Terdapat empat ending yang nantinya bisa didapatkan, tergantung dari keputusanmu pada beberapa poin. Jika salah mengambil keputusan, maka kalian akan mendapatkan bad ending. Untuk mendapatkan ending yang bagus atau secret ending, kalian mungkin bakal membutuhkan guide atau walkthrough, yang bisa dicari di internet.

Gameplay

Lantai Penthouse menjadi homebase karakter utama, dimana kalian bisa kembali untuk meningkatkan kekuatan dan persenjataan. Kalian diharuskan bertualang untuk menuruni lantai sampai yang terdasar, dengan berbekal senjata seadanya. Setiap lantai dibuat berbeda secara otomatis dan random, dengan suasana gelap dan mutan yang didesain mengerikan, Skyhill cukup menegangkan untuk dimainkan.

Kalian dapat menemukan barang atau makanan yang berguna untuk perjalanan atau bertahan hidup di setiap kamar yang dijelajahi. Namun, setiap langkah dalam menjelajahi hotel ini bakal menghabiskan hunger bar, yang mana bisa diisi lagi dengan makanan. Setiap barang yang kalian temukan bisa dikombinasikan sehingga menghasilkan senjata baru, item kunci, atau makanan.

Untuk pertarungan dengan mutan, kalian diberi pilihan untuk memukul dengan kuat namun agak 'ngawur,' memukul dengan tenaga secukupnya untuk akurasi yang lebih bagus, atau memukul dengan lemah namun tepat sasaran. Salah memutuskan, karakter utamamu akan dihabisi dengan brutal oleh mutan. Dalam perjalanannya, kalian akan diberikan plot cerita yang cukup solid dan beberapa event yang menarik. Misalnya memperbaiki elevator utama untuk berpetualang lebih cepat, membuka halangan pada tangga, dan lain sebagainya. Jika mati, kalian akan mulai lagi dari awal permainan. Namun, jangan khawatir, setiap karaktermu mati, kalian bakal mendapatkan bonus, skill, atau item dari permainan sebelumnya. Contohnya, kemampuan untuk membuka kunci akan dapat digunakan pada permainan yang baru.

Semakin banyak kalian berhadapan dengan mutan, semakin banyak experience point yang didapat. Nantinya, kalian bisa menggunakannya untuk meningkatkan status dan kemampuan karakter utamamu. Dengan begitu, kalian akan lebih kuat dan lebih jauh untuk menjelajah ke dalam hotel yang penuh dengan mutan dan misteri.

Kelebihan

Skyhill memberikan sensasi memainkan game horor survival semacam Resident Evil di smartphone-mu dengan apik. Dengan gameplay yang unik dan tidak membosankan, Skyhill otomatis membuatmu ingin memainkan terus untuk menemukan kombinasi item yang tepat, menjelajahi seluruh ruangan hotel, dan membunuh mutan yang ditemui. Seru untuk dimainkan dalam jangka waktu panjang, cocok untuk penggemar game zombie.

Kelemahan

Dengan grafis 2D dan karakter yang digambar kartun, Skyhill mungkin tidak terlalu memuaskan bagi kalian penggemar game zombie yang suka dengan grafis tinggi. Sistem in-app purchase untuk mempercepat game dan membeli barang yang dibutuhkan juga dapat membuatmu terus membeli power ups dan fitur lain.

Kesimpulan

Skyhall menyuguhkan game zombie dengan atmosfir horror yang mencekam. Variasi lantai dan mutan yang muncul untuk menyerang kalian dapat membuatmu ingin terus bermain game ini. Sudah bisa di-download di App Store seharga 45 ribu, kalian bisa menamatkan game yang mempunyai empat ending ini.

Aplikasi Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top