Dable Terbitkan Digital Media Landscape 2022: Keyword Populer & Lanskap Publisher Indonesia

Published: 16 Feb 2022, oleh NanaMiku

Dable, platform terkemuka dunia untuk content discovery dan native advertising, merilis “Digital Media Landscape Indonesia 2022” yang berisikan komposisi serta peringkat media online Indonesia serta keyword yagng palnig banyak dicari selama 2021.

Dable sudah merilis Digital Media Landscape secara rutin sejak 2020. Memanfaatkan data Similarweb (penyedia layanan pemeringkat online) dalam menentukan Top 30 Media dan Top Media Groups. Dable merangkum kata kunci paling populer mulai Januari hingga Desember 2021 yang berasal dari mesin pencari ke situs publisher dengan menganalisa data Dable dari rekomendasi konten.

Pada Top 30 Media yang disusun oleh Dable, Kompas.com menempati peringkat pertama, disusul Deteik.com, Tribunnews.com, Grid.id, Pikiran-Rakyat.com, dan Suara.com. Top 5 Media Group terdiri dari Kompas Gramedia, Detik Network, KapanLagi Youniverse, Pikiran Rakyat Media Network, dan Arkadia Media Lanskap. Lanskap media ini juga menampilkan informasi mediaonline milik 12 grup media besar seperti MNC Group, IDN Media, JPNN, GDP Venture, Tempo Group, Mahaka Media, dan Viva Networks selain Top 5 Media Group di atas. Selain itu, lanskap ini berisi informasi peringkat media online berdasarkan kategori seperti Berita Umum, Kesehatan, Otomotif, Pengasuhan Anak, Komunitas, Hiburan, Game/Teknologi/Digital, Fashion/Gaya Hidup, Bisnis/Keuangan, Olahraga, dan Makanan/Perjalanan.

Dable merekap kata kunci bulanan teratas untuk tahun 2021 melalui data internal. Terlepas dari pandemi, pembaca paling banyak menelusuri kata kunci terkait sepak bola. Kata kunci terpopuler adalah Jadwal Piala Menpora terkait jadwal Menpora Cup 2021 pada bulan Maret dan April. Selanjutnya adalah Jadwal Euro 2021 terkait jadwal Euro 2021 pada bulan Juni dan Timnas Indonesia, tim nasional sepak bola, pada bulan September dan Desember. Kata kunci terkait Covid-19 menyusul setelahnya. Pada bulan Juli, kata kunci bulanan yang paling populer adalah Gejala Covid. Pada bulan Agustus dan oktober, Pedulilindungi, aplikasi pelacak kontak resmi Covid-19 di Indonesia, menjadi kata kunci paling populer.

Selain itu, kataa kunci yang paling banyak dicari adalah Syekh Ali Jaber, seorang khatib dan ulama yang meninggal di bulan Januari. Nissa Sabyan, vokalis dan anggota Sabyan Gambus pada bulan Februari, Niat Zakat Fitrah pada bulan Mei, dan Vanessa Angel, aktris yang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas di jalan tol Jakarta-Surabaya bersama suaminya di November lalu.

“Dengan perubahan besar yang timbul akibat pandemi, lebih sulit untuk tetap menjaga kendali media dan memahami kebutuhan yang berubah terhadap media.” kata Taofik Saleh, Manajer Kemitraan Media di Dable Indonesia. “Tren gambaran besar ini dapat membantu Publisher menajamkan arah media mereka dan memberi strategi baru untuk hasil yang lebih baik. Juga menawarkan gambaran rinci tentang media daring yang menarik perhatian sebagai saluran periklanan baru di Indonesia. Pemasar akan dapat memperoleh wawasan tentang isu atau tren yang diminati Pembaca, sekaligus pemahaman tentang media daring di Indonesia untuk mencapai hasil optimal dalam menjalankan kampanye mereka”.

Dable bermitra dengan lebih dari 250 media premium Indonesia seperti Suara, Liputan6, Tribunnews, Kontan, dan Grid. Berdasarkan jenis media, Berita menyumbang 84,46%, Majalah 5,03%, Blog 7,11%, Komunitas 2,52%, Buku 0,11%, dan lain-lain 0,77%.

Tags

Review dable digital media landscape digital media massa keyword publisher indonesia infografis media online platform konten advertising situs rekomendasi iklan mitra

Share Artikel