istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
porno izleporno izleporno izleporno izleporno izlepornopornopornopornopornopornopornoporniocoolpornpornspotsex pornosex pornosex pornosex hikayesex hikaye
REVIEW

Dable Terbitkan Digital Media Landscape 2021, Termasuk Top 30 Media di Indonesia

en19ma   27 Mar 2021
Dable Terbitkan Digital Media Landscape 2021, Termasuk Top 30 Media di Indonesia

Per 23 Maret 2021 lalu, Dable, platform content discovery terkemuka di Asia, menerbitkan ‘Digital Media Landscape 2021’ yang menyajikan lanskap media online dan perilaku dalam mengonsumsi konten.

Lanskap media adalah publikasi kedua dari Dable yang disertai dengan infografis atas kelompok-kelompok media yang ada di Indonesia, berbagai kategori, dan daftar ‘Top 30 Media’ berdasarkan data dari Comscore, Alexa, dan Red Volcano (perusahaan analisis data global). Selain itu, perusahaan juga merilis perilaku konsumsi media dengan menganalisa data dari 200 partner media di Indonesia.

Dable, yang berpusat di Korea Selatan, adalah startup teknologi yang merekomendasikan konten-konten yang dipersonalisasi, seperti “Content you may like,’ yang diproses melalui teknologi big data yang berjalan secara real time dan personalisasi.

Di antara Top 30 Media di Indonesia, Okezone.com berada di ranking pertama, diikuti oleh Tribunnews dan Kompas.com, yang berada di ranking kedua dan ketiga. Detik.com dan Grid.id juga berada di dalam daftar ‘Top 30 Media’ ini.

Sebanyak 10 kelompok media terbesar di Indonesia juga termasuk di dalamnya, yaitu Kompas Gramedia, KapanLagi Youniverse, Detik Network, MNC Media Group, GVM Network, IDN Network, Pikiran Rakyat Media Network, Tempo Media Group, VIVA, dan Arkadia Digital Media. Di bawah tiap kelompok media, juga tercantum media lain yang berada di bawah satu payung.

Outlet media juga dikategorisasikan menjadi General News, Sports, Entertainment, Business/Finance, Gaming/Tech/Digital, Parenting, Health, Community, Food/Travel, Fashion/Lifestyle, dan Otomotif, yang secara intuitif sangat memahami industri media di Indonesia.

Dable merilis data perilaku konsumsi konten berdasarkan pada gender, usia, dan perangkat yang dimiliki oleh pengguna, yang terbagi sebesar 50,4 persen laki-laki dan 49,6 persen perempuan. Distribusi berdasarkan usia menunjukkan bahwa pengguna berusia 25 sampai 34 tahun berada di urutan teratas dalam hal tingkat konsumsi konten, yaitu 35 persen, disusul oleh pengguna berusia 18 sampai 24 tahun dengan tingkat konsumsi konten 28,6%. Menariknya, secara khusus, perempuan berusia 18 sampai 24 tahun dan 25 sampai 34 tahun berada di ranking pertama dan kedua dalam hal konsumsi konten.

Terkait perangkat yang digunakan, sebanyak 71,81% mengonsumsi konten secara mobile dan 26,64% melalui PC. Peramban (Browser) yang paling banyak digunakan adalah Google Chrome, baik di PC sebanyak 75,75% dan mobile sebanyak 95,70%. Juga, sistem operasi (OS) yang paling banyak digunakan adalah Windows sebesar 92,51% untuk PC dan Android sebesar 96,09% untuk mobile, keduanya berada di ranking pertama.

“Terjadinya pandemi secara luar biasa telah mengubah perilaku pengguna dalam mengonsumsi konten. Konsumsi konten secara online telah meningkat secara signifikan, dan kebanyakan konten yang dikonsumsi oleh pengguna juga berubah. Dan, ini semua menyajikan peluang baru bagi industri media,” kata Hoyoung Lee, General Manager di Dable.

“Kami berharap, lanskap ini akan menolong para marketer digital untuk memahami transformasi di lanskap media serta perilaku mengonsumsi konten, serta merencanakan berbagai strategi untuk lingkungan new media. Dable akan terus menyediakan berbagai informasi yang bermanfaat di masa depan.”

Dable saat ini bermitra dengan lebih dari 2,500 media di Asia, termasuk Indonesia, Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Vietnam, dan Malaysia. Perusahaan ini merekomendasikan sebanyak 5 miliar konten bagi 500 juta pengguna yang menghasilkan sebanyak 100 juta klik pada setiap bulannya melalui platform Dable.

Tentang Dable

Dable adalah platform penelusuran konten No. 1 yang menyediakan solusi rekomendasi konten yang dipersonalisasi. Dable, berpusat di Korea Selatan, didirikan pada tahun 2015 oleh tim lokal terbaik yang mengembangkan platform rekomendasi personalisasi berbasis big data pertama di negara tersebut. Teknologi Dable diakui secara luas, dan sudah terbukti dari penghargaan-penghargaan yang telah diperolehnya, seperti K-Global DB-Stars Grand Prize (2015), Korea Online Advertising Grand Prize (2016), TIPS Award Grand Convention (2017), dan Grand Prize dari Kementerian Sains dan TIK Korea Selatan (2019). Dable telah mengumpulkan sekitar 7,2 juta USD dalam pendanaan selama 3 putaran berturut-turut dari investor terkemuka. Dable menyediakan layanan ke Korea, Jepang, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Malaysia melalui kemitraan dengan lebih dari 2.500 media premium global termasuk MBC, KBS, Ettoday, NOWnews, Liputan6, Suara, Kapanlagi Youniverse, MNC Media, Thanhnien, Bongda, Ripple Media, dan Nanyang Siang Pau.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top