REVIEW

Cyber Dude: Dev Tycoon, Perjalanan Kumpulkan Uang hingga Bisa Keluar Planet

Andy Chan   02 Jun 2020
Cyber Dude: Dev Tycoon, Perjalanan Kumpulkan Uang hingga Bisa Keluar Planet

Pernahkah kalian ingin menjadi seorang jenius dan milioner, tapi tidak punya kekuatan untuk melakukannya? Barangkali dengan mencobanya terlebih dahulu dalam sebuah game, akan memberikan inspirasi kepada kalian ya? Inilah dia, Cyber Dude: Dev Tycoon, kisah seseorang yang bisa menghasilkan uang dari komputernya secara cepat dan efisien, dan bisa membuat siapa pun iri terhadapnya.

Bergenre Idle Clicker

Cyber Dude adalah sebuah game idle clicker karya Homa Games, di mana pemain bisa mengumpulkan kekayaan hanya dengan mengetuk-ngetuk layar ponsel. Dengan kekayaan itu, belilah rumah baru, upgrade komputernya, dan jadilah jenius dengan belajar ilmu-ilmu baru. Tidak hanya itu saja, pemain juga akan menemukan benda legendaris, perang melawan virus, hingga akhirnya berkunjung ke planet lain lho!

Memulai Perjuangan Karir

Permainan Cyber Dude kurang lebih sama dengan game idle clicker lainnya. Pemain mengetuk layar secepat mungkin untuk menghasilkan uang, di mana uang tersebut akan bisa digunakan untuk membeli berbagai macam upgrade, mulai dari upgrade komputer yang digunakan, upgrade skill, hingga upgrade tempat tinggal yang lebih baik.

Otomatisasi Permainan

Ada banyak hal yang bisa di-upgrade, seperti berbagai macam aspek dari komputernya, hingga yang namanya "Internet". Nah, upgrade yang satu ini menghasilkan uang secara otomatis agar pemain tidak perlu capek-capek mengetuki layar secepat mungkin. Selain itu, ada juga penghasilan pasif, yang akan dikumpulkan ketika pemain tidak sedang membuka game-nya. Yah, mirip lah dengan game-game idle clicker lainnya.

Sistem Prestise

Tentu saja, Cyber Dude juga memiliki sebuah sistem prestise, di mana pemain bisa menghanguskan semua uang, upgrade, dan rumah yang dimilikinya demi mendapatkan yang namanya "Pengalaman" alias Experience. Experience ini sebenarnya adalah mata uang tersendiri yang digunakan untuk membeli berbagai macam skill baru, seperti skill web design, html, css, dan lainnya, yang masing-masing memiliki nilai bonus tersendiri.

Tampil Sederhana

Cyber Dude bukanlah game yang memiliki tampilan mewah. Game-nya justru tampil secara sederhana, dengan gambar karakter yang tampak kartun, namun memiliki animasi yang cukup sebagai seorang pemakai komputer. Lagu yang disediakan memang agak monoton, jadi ada baiknya dimatikan saja. Tapi yang asyik, sang karakter tersebut bisa dikustomisasi dengan berbagai macam hal, mulai dari bangku yang digunakan, lampu meja, earphone, kacamata, kaos-kaosnya, hingga rambutnya juga lho.

Wajib Nonton Iklan untuk Reward

Sedihnya game-game idle clicker free-to-play jaman sekarang adalah keberadaan sistem reward yang mewajibkan pemain untuk menonton sebuah video iklan. Jadi setiap ada Drone lewat yang bisa disentuh untuk mendapatkan reward, pemain harus nonton video iklan dulu, kalau tidak, mereka silahkan kecewa karena gagal mendapatkan apa-apa. Tapi paling tidak, reward yang satu lagi, yaitu menyentuh Roomba yang lewat, masih bisa didapatkan meskipun tidak menonton iklan. Mikrotransaksi di sini disediakan untuk pembelian kotak lootbox, serta mata uang premium, Coins.

Memang Cyber Dude: Dev Tycoon sepertinya hanya lagi-lagi sebuah game idle clicker, tapi secara keseluruhan, game yang satu ini sebenarnya cukup menyenangkan untuk dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top