REVIEW

Cut It: Brain Puzzles Hadirkan Game Asah Otak yang Menantang

Andy Chan   06 Oct 2018
Cut It: Brain Puzzles Hadirkan Game Asah Otak yang Menantang

Game puzzle fisika memang sudah banyak, sebut saja Corocco Truck, Hello Stars, Magic Hat: Physics Puzzle, serta Cut the Rope. Nah judul terakhir inilah yang sepertinya menjadi sebuah inspirasi kepada Super Games Studios untuk menciptakan sebuah game puzzle fisika serupa yang mereka beri judul Cut It: Brain Puzzles.

Cut It: Brain Puzzles merupakan sebuah game di mana tugas pemain adalah untuk memotong sebuah benda agar benda tersebut jatuh dan menimpa bintang-bintang yang ada dalam stage. Dengan mengenai bintang-bintang tersebutlah skor pemain ditentukan dengan sistem tiga bintang yang umum digunakan dalam game-game puzzle.

Pemain memotong benda-benda berbentuk bidang tersebut dengan cara menarik sebuah garis dari satu titik di layar sentuh ke titik tujuan. Begitu pemain mengangkat jarinya dari layar sentuh, maka bidang tersebut akan terpotong sesuai dengan garis yang dibuat pemain, dan kemudian mengikuti hukum fisika dan gravitasi, bidang tersebut akan jatuh ke bawah dengan saling mendorong satu sama lain, tergantung bentuk potongannya.

Setiap stage biasanya memiliki batasan seberapa kali pemain boleh melakukan potongan. Tapi asyiknya, game-nya tidak membatasi seberapa panjang potongan boleh dilakukan, jadi pemain bisa menggunakan satu garis untuk memotong beberapa bidang sekaligus.

Tiga bintang yang didapatkan selesai stage pun hanyalah berfungsi sebagai hak untuk menyombongkan diri saja, tidak digunakan sebagai mata uang atau pun sejenisnya. Tapi tidak sebatas mengoleksi bintang saja, Cut It: Brain Puzzles juga memiliki variasi-variasi permainan lain, seperti menjatuhkan seluruh bidang berwarna tertentu ke bawah, atau mengarahkan bola berisi bintang ke posisi tertentu.

Game utamanya sendiri memiliki lebih dari 300 stage yang menantang untuk diselesaikan, dan asyiknya ada mode-mode lain yang bisa dimainkan juga seperti Hardest Mode serta Daily Challenge. Sayangnya, meskipun Cut It: Brain Puzzles adalah sebuah game offline, namun kedua mode tersebut hanya bisa dimainkan secara online.

Dari segi grafis, Cut It: Brain Puzzles memang tidaklah memukau dan cenderung tampil minimalis. Namun berbagai macam elemen di dalam medan permainan ini bisa bergerak mengikuti hukum fisika, di mana benda berat akan jatuh ke bawah apabila bidangnya miring, bola bisa menggelinding, atau balon akan terbang ke arah tertentu, sesuai dengan arah panahnya. Yang pasti, game ini cukup santai untuk dimainkan.

Cut It: Brain Puzzles sendiri dihadirkan secara free-to-play oleh Super Games Studios tanpa menggunakan sistem stamina / energi. Namun hal yang paling menyebalkan adalah keberadaan iklan yang luar biasa banyak dan siap mengganggu pemain, baik ketika dia menyelesaikan stage ataupun mengulang stage. Memang pemain bisa memainkan game ini secara offline untuk memitigasi masalah iklan, namun efek sampingnya, ada dua fitur yang tidak bisa digunakan. Solusi lain, yah, paling dengan membeli premium untuk menghilangkan iklan. Tidak ada mikrotransaksi apa-apa selain menghilangkan iklan dan membeli premium dalam game ini.

Tapi bagi yang pernah memainkan Cut The Rope, pasti akan merasa kalau Cut It: Brain Puzzles ini tampak benar-benar mirip dan kurang orisinil. Meskipun begitu, Cut It: Brain Puzzle tetap menantang dan bisa digunakan untuk melatih daya pikir dan logikamu dalam ilmu puzzle potong-memotong.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top