REVIEW

Cups: Water Sort Puzzle, Sortir Cairan Warna yang Bikin Pusing

Andy Chan   17 Apr 2021
Cups: Water Sort Puzzle, Sortir Cairan Warna yang Bikin Pusing

Game-game puzzle memang sudah banyak menghiasi dunia mobile, ada puzzle warna, puzzle match-three, hingga puzzle aliran air pun ada. Namun sebuah puzzle juga tidak perlu rumit untuk bisa memikat hati pemainnya. Blue Apps pun memperkenalkan sebuah puzzle santai yang benar-benar sederhana, namun menantang, yang mereka beri judul Cups: Water Sort Puzzle.

Puzzle yang Adiktif

Cups: Water Sort Puzzle adalah sebuah game puzzle di mana pemain bertugas untuk menuangkan cairan di botol dan menyortir mereka agar menjadi satu warna saja di masing-masing botolnya. Mula-mula memang warnanya masih sedikit, namun semakin lama, warna yang perlu disortir akan menjadi semakin banyak dan membuat pusing lho!

Cara Bermain

Cara untuk menuangkan cairan di sebuah botol ke botol lain cukup mudah: pemain cukup menyentuh botol yang diinginkan, lalu sentuh botol lain untuk menuangkan cairan yang ada di dalam botol tersebut ke botol lain. Tapi ada peraturan tersendiri dalam menuangkan cairan tersebut, yaitu pemain hanya boleh menuangkan isi cairan ke botol lain apabila cairan tersebut warnanya sama, dan masih ada tempat yang tersisa di dalam botolnya.

Batasan Langkah

Ada batasan langkah dalam menuangkan cairan-cairan yang ada di dalam botol tersebut, dan apabila pemain melewati batasan tersebut, maka jumlah bintang yang didapatkan di setiap level-nya akan berkurang dan menjadi tidak sempurna tiga bintang. Pemain bisa menambah jumlah batasan langkah ini dengan cara menonton sebuah video iklan.

Tools Pembantu

Secara garis besar, tidak ada tools yang berguna untuk membantu menyelesaikan sebuah level, namun pemain bisa memanfaatkan tombol "Undo" untuk membatalkan langkah sebelumnya. Sayangnya, Undo ini jumlahnya terbatas, hanya bisa digunakan 5 kali saja di setiap level-nya. Tentu saja, kalau pemain bersedia menonton sebuah video iklan, jumlah Undo ini bisa diperbanyak.

Minimalis dan Sunyi Senyap

Sebagai sebuah game puzzle yang benar-benar sederhana, tidak mengherankan kalau Cups: Water Sort Puzzle juga tidak memiliki tampilan yang menarik. Memang tampilan minimalis seperti ini sudah cukup cocok untuk puzzle susun cairan berwarna, namun pemain tidak akan ditemani oleh lagu sedikitpun, hanya ada sedikit efek suara cairan dituangkan saja. Sedikit kelebihan dari game ini adalah pemain bisa menuangkan beberapa botol sekaligus ke botol lain, jadi tidak perlu satu-satu, serta ada sedikit kustomisasi untuk tampilan botol yang digunakan serta warnanya..

Penuh dengan Iklan

Sayangnya, berhubung game ini free-to-play, Cups: Water Sort Puzzle tidak segan-segan menyodorkan berbagai macam iklan ke hadapan pemainnya. Pertama, ada iklan yang senantiasa muncul di bagian bawah layar, lalu setiap menyelesaikan sebuah level, pemain akan disodori tampilan iklan juga, dan tentu saja, kalau ingin memanfaatkan sebuah fitur, silahkan kembali menonton video iklan. Untungnya, game ini tidak membutuhkan koneksi Internet, sehingga kalau main secara offline, kemunculan iklannya bisa diminimalisir. Paling tidak, game ini tak menggunakan stamina / energi sama sekali, dan mikrotransaksi juga disediakan hanya bagi mereka yang butuh membeli koin in-game saja.

Akhir kata, meskipun puzzle-nya cukup menantang, namun Cups: Water Sort Puzzle rasanya kurang menarik untuk dinikmati dalam jangka waktu panjang, apalagi iklannya benar-benar mengganggu. Kecuali pemain memang butuh sebuah puzzle air lagi, sebaiknya game ini dilewatkan saja.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top