REVIEW

Cryptogram: Decrypt Quotes, Puzzle Cryptography yang Siap Menantangmu

Andy Chan   29 Nov 2020
Cryptogram: Decrypt Quotes, Puzzle Cryptography yang Siap Menantangmu

Pernah mendengar mengenai istilah Cryptography? Istilah tersebut adalah sebuah metode yang bertujuan untuk melidnungi sebuah pesan dengan cara mengenkripsikan mereka dalam bentuk kode. Biasanya hanya mereka yang memiliki kuncinya saja yang bisa membaca sebuah pesan yang sudah dienkripsikan menggunakan cryptography. Bagaimana cara memecahkan pesan rahasia tersebut jika kalian tidak memiliki kuncinya? Itulah yang diangkat oleh JM SC dalam game puzzle mereka, Cryptogram: Decrypt Quotes.

Pecahkan Kutipan Terkenal

Dalam Cryptogram: Decrypt Quotes, pemain akan diberikan sebuah pesan rahasia yang diambil dari kutipan orang-orang terkenal. Tugas pemain adalah untuk membongkar kode rahasia pesan tersebut sampai menjadi sebuah kalimat yang jelas.

Cara memecahkan Cryptogram

Cryptogram itu dibuat dengan cara mengganti huruf-huruf yang ada di abjad dengan huruf lain. Jadi untuk bisa memecahkan puzzle-nya, pemain harus menukar kembali huruf-huruf acak yang ada di layar agar kembali bisa menjadi sebuah kalimat yang jelas. Misalnya kata "Makan", bisa dienkripsi menjadi kata "PWLWQ", di mana kuncinya adalah P=M, W=A, L=K, dan Q=N. Pemain tinggal mencoba untuk mengganti huruf-huruf tersebut saja di layar sampai berhasil terdekripsi semuanya.

Empat Tingkat Kesulitan

Ada empat macam tingkat kesulitan yang disajikan oleh Cryptogram: Decrypt Quotes, mulai dari Easy, Normal, Hard, hingga Legendary. Masing-masing difficulty akan memberikan tantangan tersendiri, di mana tantangan tertinggi ada pada difficulty Legendary yang dijamin akan membuat pemain pusing.

Sistem Hints

Kalau pemain sudah pusing, pastinya mereka akan membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan puzzle cryptography-nya. Selain tentunya nyontek menggunakan Google, pemain juga bisa menggunakan sistem Hints yang akan meng-unlock satu huruf secara tepat. Hints ini terbatas, dan kalau sampai habis, harus dibeli lagi dengan menggunakan uang asli.

Tampilan berbasiskan Teks

Berhubung game ini bukanlah game action atau sejenisnya, maka tidak mengherankan kalau tampilannya pun sangat sederhana dan berupa teks saja. Tapi tampilan seperti ini cukup pas, karena pemai nantinya akan bisa membaca kutipan-kutipan terkenal dari Buddha, Emma Watson, Nikola Tesla, John Steinbeck, dan lain sebagainya. Koleksilah kutipan-kutipan tenar ini sampai lengkap. Tersedia berbagai macam bahasa, mulai dari bahasa Inggris hingga bahasa Rusia, meskipun sayangnya tidak ada bahasa Indonesia di dalamnya.

Gratis dengan Mikrotransaksi

Cryptogram: Decrypt Quotes ini disajikan secara free-to-play, dan pemain bebas untuk memainkannya di mana pun karena memang tidak ada kebutuhan online. Tidak ada batasan sistem stamina / energi, namun pemain akan bisa membeli Hints yang dijual via mikrotransaksi dengan harga bervariatif, tergantung berapa banyak Hints yang ingin dibeli.

Dengan ribuan kutipan dari ratusan orang ternama, game ini bisa digunakan sebagai pengisi waktu luang serta melatih otak. Kalau kalian suka membaca kutpian dari orang terkenal dan memecahkan puzzle, Cryptogram: Decrypt Quotes ini sangat cocok untukmu!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top