REVIEW

Cross Stitch, Sebuah Permainan Jahit-menjahit yang Santai

Andy Chan   12 Aug 2019
Cross Stitch, Sebuah Permainan Jahit-menjahit yang Santai

Sebuah game biasanya adalah tantangan bagi para pemainnya. Ada tantangan akurasi tembakan, ada tantangan memecahkan puzzle, bisa juga tantangan kecekatan menghindari sesuatu, adu keterampilan tarung antar pemain, dan lain sebagainya. Namun apabila ada yang membutuhkan sesuatu permainan yang santai dan bisa dinikmati tanpa tekanan, sepertinya game yang berjudul Cross Stitch ini patut dicoba.

Menyulam Gambar yang Dijadikan Game

Cross Stitch yang dipersembahkan oleh Incolor ini adalah sebuah permainan mengenai jahit-menjahit. Pernahkah kalian melihat seseorang menyulam gambar? Menyulam adalah sebuah kegiatan yang membutuhkan ketekunan serta kejelian mata agar bisa menghasilkan sebuah gambar sulaman yang cantik. Nah, hal itulah yang disimulasikan oleh game berjudul Cross Stitch ini.

Pengendalian ala Game Puzzle

Mungkin pada awalnya, pemain akan sedikit bingung dengan antarmuka game Cross Stitch yang tidak mirip dengan permainan lainnya. Di bagian bawah layar akan terlihat sederetan huruf dan angka, yang akan membingungkan mereka yang baru pertama kali mencoba permainan ini.

Benar-benar Mudah, Cukup Ikuti Petunjuk

Sebenarnya cara menyulam dalam Cross Stitch ini cukup mudah. Apabila pemain melakukan zoomb pada gambar yang ada di layar, maka mereka akan melihat bahwa gambar tersebut telah dipecah-pecah menjadi sekumpulan kotak-kotak dengan simbol masing-masing, baik itu simbol huruf atau pun angka. Pemain cukup menyentuh huruf di bawah layar, lalu sentuhlah simbol huruf yang ada di medan permainan untuk menyulam di kotak tersebut. Sangat mudah.

Puluhan Gambar untuk Disulam

Cross Stitch menyediakan cukup banyak gambar untuk disulam, mulai dari yang bertema binatang, art, bunga-bungaan, pemandangan, orang, hingga piaraan. Selain ukuran gambarnya yang berbeda-beda, masing-masing gambar pun memiliki tingkat kekompleksan sendiri-sendiri. Dan kerennya, pemain juga bisa melakukan import gambar untuk dijadikan bahan sulaman lho!

Tanpa Online Sama Sekali

Game-game puzzle seperti ini biasanya disajikan secara free-to-play, demikian juga halnya dengan Cross Stitch. Tapi meskipun game-nya bisa dimainkan secara offline, ternyata tidak semua gambar bisa dimainkan secara gratis. Hampir semua gambar yang disediakan di dalam game ini harus dibeli menggunakan koin yang didapatkan dari berbagai sumber, seperti login atau daily challenge. Tentu saja, bagi yang ingin koin secepatnya, bisa membelinya via sebuah mikrotransaksi.

Konsep menyulam dalam Cross Stitch ini sebenarnya menarik. Game ini membantu pemainnya untuk melatih konsentrasi sekaligus kesabaran yang dibutuhkan dalam menyulam gambar sesungguhnya. Namun sayangnya, bagi mereka yang membutuhkan stimulasi yang lebih 'merangsang', mereka akan menemukan bahwa game ini nyatanya bak sebuah pe-er alias pekerjaan rumah dibandingkan kenikmatan bermain yang seharusnya. Tapi ya, kalau kalian ingin merasakan bagaimana kegiatan sulam gambar tanpa perlu memegang jarum jahit, barangkali game yang satu ini boleh dijajal.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top