REVIEW

Criminal Minds: The Mobile Game, Adaptasi Serial TV yang Wajib Dimainkan Fans

Andy Chan   04 Dec 2020
Criminal Minds: The Mobile Game, Adaptasi Serial TV yang Wajib Dimainkan Fans

Pernah mengikuti kisah serial kriminal yang berjudul Criminal Minds? Dalam film seri TV tersebut, dikisahkan mengenai satu tim elit penyelidikan FBI yang bertugas untuk menganalisa tingkah laku kriminal, sebuah kisah penuh dengan drama intens. Nah, kali ini Tilting Point akan membawa kalian untuk terjun langsung bersama dengan tim FBI elit tersebut dalam sebuah game mobile yang berjudul Criminal Minds: The Mobile Game.

Menyelidiki Pembunuhan Brutal

Dalam Criminal Minds: The Mobile Game, pemain akan memimpin penyelidikan pada kasus-kasus pembunuhan tersadis dan terbrutal di dunia. Fans dari serial Criminal Minds pasti akan senang untuk bisa bekerja sama dengan agen-agen favorit mereka, seperti Rossi, Prentiss, Reid, J.J., Garcia, Lewis, Alvez, dan Simmons. Bantulah tim FBI ini untuk memecahkan kasus kriminal brutal ini sebelum terlambat!

Bergenre Dash

Game penyelidikan pembunuhan seperti ini biasanya genrenya cukup kasual, seperti hidden objects atau puzzle match-three. Tapi Criminal Minds: The Mobile Game ini justru menggunakan genre yang lebih aktif, yaitu model Dash.

Menyelidiki TKP

Proses penyelidikan TKP ini biasanya melibatkan beberapa agen sekaligus, dan tugas pemain adalah untuk menyuruh mereka memeriksa lokasi-lokasi yang menarik perhatian. Jadi pemain memilih sebuah poin, lalu ketuk agen yang bersangkutan untuk menyuruh mereka melakukan penyelidikan. Uniknya, pemain juga wajib membantu mereka, seperti memberikan pinset, sarung tangan, atau bahkan menyentuh lokasi yang diminta pada TKP. Semua itu dengan batasan waktu tertentu agar bisa mendapatkan bonus.

Mengumpulkan Badge

Setiap menyelesaikan sebuah level, pemain akan mendapatkan skor. Nah, skor ini bisa dikumpulkan dengan cara mengulang sebuah level, dan kalau sudah mencapai angka tertentu, pemain akan mendapatkan sebuah Badge. Badge ini sendiri merupakan sebuah kunci, di mana akan ada scene yang baru ter-unlock kalau sudah mengumpulkan sejumlah Badge.

Pemilihan Tim

Asyiknya, setelah pemain menyelesaikan cerita di sebuah TKP, mereka akan bisa menentukan sendiri anggota tim yang akan dibawa ke TKP untuk melakukan grinding Badge. Pilih dari Emily Prentiss, Spencer REid, Tara lewis, David Rossi, Jennifer Jareau, Luke Alvez, dan Matt Simmons, yang masing-masing memiliki skill unik.

Memiliki Kisah yang Tidak Kalah Menarik dengan Serial TV-nya

Di setiap kasusnya, pemain akan berhadapan dengan pembunuh-pembunuh keji yang memiliki cara pikir tidak lazim. Oleh karena itu, para agen FBI ini pun harus masuk ke cara pikir sang pembunuh untuk bisa mengungkap siapa sang UnSub itu sebenarnya. Boleh dibilang, kasus-kasus yang disajikan dalam Criminal Minds: The Mobile Game ini tidak kalah menariknya dengan serial TV-nya lho!

Representasi Kartun dari Karakter Criminal Minds

Game mobile yang merupakan adaptasi dari serial Criminal Minds ini tampil menggunakan representasi kartun dari para agen FBI tersebut yang dianimasikan dengan baik. Namun jangan khawatir, karena mereka sudah cukup mirip dengan aslinya, hanya dibuat menjadi karakter kartun saja. Sayangnya, tidak ada voice acting sama sekali di dalam game ini, meskipun hal tersebut tetap tidak mengurangi kenikmatan bermain. Sedikit kustomisasi ada pada ruangan Penelope Garcia yang bisa didekor dengan berbagai ornamen unik.

Tidak Perlu Online

Serunya Criminal Minds: The Mobile Game yang disajikan dengan model bisnis free-to-play ini adalah kemampuannya untuk bisa dimainkan tanpa koneksi Internet. Pemain juga bebas memainkannya tanpa ada batasan stamina sama sekali. Uniknya, mikrotransaksi dihadirkan untuk pembelian chapter atau scene baru, tapi pemain bisa mendapatkan chapter tersebut secara gratis dengan cara mengumpulkan Badge.

Criminal Minds: The Mobile game berhasil mengadaptasikan serial TV menjadi sebuah game yang benar-benar bagus dan wajib dimainkan oleh fans.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top