REVIEW

Criminal Case: Pacific Bay, Selidiki Misteri Pembunuhan di Kota Surga

Andy Chan   11 Jan 2021
Criminal Case: Pacific Bay, Selidiki Misteri Pembunuhan di Kota Surga

Sebuah pembunuhan telah terjadi di Pacific Bay, dan kamu sebagai anggota baru kepolisian Pacfic Bay ditugaskan untuk memecahkan misteri pembunuhan ini. Bisakah kamu menemukan siapa sebenarnya penjahat yang membunuh Christie Becker? Itulah sekilas mengenai game dari Pretty Simple yang berjudul Criminal Case: Pacific Bay.

Sebuah Misteri Hidden Objects

Bagi yang sudah kenal dengan seri Criminal Case, pastilah tidak asing dengan genre yang dibawakannya, yaitu hidden objects! Pemain memecahkan misteri pembunuhan dengan mencari petunjuknya menggunakan sebuah permainan hidden objects, lalu membawa para tersangka untuk diinterogasi dan kemudian analisa barang-barang bukti agar bisa menangkap pembunuh sebenarnya. Apakah kalian siap membuktikan kemampuan detektif kalian?

Mencari Barang di Lokasi TKP

Pemain mencari benda-benda yang diminta dalam daftar barang di bagian bawah layar secepat mungkin di medan permainan. Asyiknya, pemain bisa melakukan zoom pada layar, dan benda-benda yang tidak terlihat pada layar tersebut akan tampak gelap di daftar barangnya. Hal ini sangat memudahkan permainan, jadi pemain tidak perlu repot-repot memelototi layar sedikit demi sedikit.

Penggunaan Partner

Sebelum memulai penyelidikan, pemain bisa meminta dirinya ditemani oleh seorang partner, yang masing-masing memiliki kemampuan untuk membantu permainan. Misalnya Andrea Marquez dan Yann Toussaint bisa memberikan Hints sejumlah 5 kali, sementar Russel Crane hanya bisa memberikan Hints tiga kali saja. Selain itu, sistem partner ini juga online, jadi pemain akan bisa ditemani oleh pemain lain. Nah, kalau dalam satu level kalian masih tidak berhasil juga menemukan benda yang diminta, cukup panggil partner tersebut dan mereka akan langsung menemukan obyek yang diminta.

Mengumpulkan Bintang

Di setiap level permainan, ada lima buah bintang yang bisa didapatkan oleh pemain. Setiap menyelesaikan sebuah level, pemain akan diberikan skor yang kumulatif, di mana setelah mencapai skor tertentu, mereka akan mendapatkan satu buah bintang. Nah, bintang ini berfungsi untuk menjalankan cerita, misalnya untuk berbicara kepada saksi, atau memeriksa barang bukti.

Menangkap Penjahat

Apabila kalian sudah berhasil menemukan barang bukti yang cukup, kalian pastinya sudah bisa mengira-ngira siapa pelaku pembunuhan tersebut. Nah, kalian tinggal menggunakan naluri detektif kalian saja untuk menunjuk ke pelakunya, lalu membawanya kepada keadilan. Demikianlah kira-kira alur dari permainan Criminal Case: Pacific Bay ini.

Grinding

Tentu saja, akan ada aspek grinding dalam permainan hidden objects ini, karena seringkali hanya memainkan story saja tidak cukup untuk mendapatkan bintang-bintang yang dibutuhkan untuk menjalankan cerita. Pemain harus mengunjungi lagi level-level yang sudah dimainkan, lalu menyelesaikannya lagi agar mendapatkan uang dan bintang. Jangan khawatir, karena ada variasi dari permainan juga koq, misalnya mainan puzzle gambar yang menarik.

Kustomisasi Avatar yang Keren

Jika kalian adalah penggemar kustomisasi, Criminal Case: Pacific Bay menyediakan sebuah sistem kustomisasi yang sangat menarik. Kalian bisa mengkustomisasikan bentuk wajah dan warna kulit, lalu model rambutnya, pakaiannya, hingga kacamata juga dan jenis kelamin avatar-nya juga. Didukung dengan tampilan gambar kartun yang benar-benar cantik, serta lagu yang santai, Criminal Case: Pacific Bay adalah salah satu game dengan grafis yang enak dilihat mata.

Tidak Perlu Online

Serunya, Criminal Case: Pacific Bay ini sebenarnya tidak membutuhkan koneksi Internet, kecuali sesekali ketika game-nya mencoba untuk konek, misalnya ketika ingin menjalankan video iklan untuk mendapatkan reward. Tapi sayangnya, game ini menggunakan sebuah sistem energi, dan berhubung semakin lama penggunaan energi untuk main semakin tinggi, bisa jadi kalian hanya akan main beberapa kali saja sudah kehabisan energi. Dan sesuai dengan jiwanya yang free-to-play, game ini pastinya memiliki mikrotransaksi untuk pembelian koin, serta pembelian energi untuk mereka yang tidak sabaran menunggu.

Akhir kata, Criminal Case: Pacific Bay masih merupakan bagian dari seri Criminal Case, dan permainannya memang tidak terlalu jauh berbeda dengan yang lainnya. Tapi dengan setting di lokasi kota surga tepi pantai yang cantik, serta kemampuan kustomisasinya yang cukup oke, game ini pantas berada di jajaran game-game yang wajib dimainkan oleh para penggemar hidden objects.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top