NEWS

Code Atma, Game Fantasi Mistis dengan Sentuhan khas Nusantara

en19ma   26 Jun 2020
Code Atma, Game Fantasi Mistis dengan Sentuhan khas Nusantara

Di pertengahan tahun ini, kerjasama Agate dengan Telkom, Melon, dan Oolean kembali memanjakan penikmat game Indonesia dengan menggelar soft launch game bergenre idle RPG yang berjudul Code Atma. Code Atma akan memanjakan para Seeker (sebutan untuk pemainnya) dengan pengalaman naratif yang memukau. Memadukan karakter mistis khas Indonesia dengan teknologi kontemporer, Code Atma menantang para Seeker untuk masuk dan menjelajah ke semesta gelap yang berselimut misteri. Seeker akan dipersenjatai dengan aplikasi misterius yang dapat digunakan untuk bertempur dengan makhluk-makhluk mistis —yang di dalam game disebut Atma. Para Atma ini berasal dari warisan budaya Indonesia yang pastinya sangat familiar. Karakter-karakter seperti Kuntilanak, Jelangkung, dan Genderuwo, serta banyak lainnya lagi akan turut menghiasi pengalaman bermain dari para Seeker.

Dalam Code Atma, pemain dapat memilih untuk offline dan keluar dari game tanpa harus merasa takut untuk kalah dalam pertandingan melawan Atma. Game yang mayoritas menggunakan bahasa Indonesia ini telah dikembangkan sejak April 2019 lalu dan sudah dapat dimainkan di platform Android. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, game Code Atma akan memberikan pengalaman bermain idle RPG dengan pengalaman naratif yang memukau kepada para Seeker melalui narasi yang dapat dinikmati pada setiap pertarungannya.

Game idle RPG yang perilisannya berkolaborasi dengan Telkom, Melon, dan Oolean ini dikembangkan atas sebuah inisiatif untuk memperkenalkan budaya dan cerita rakyat Indonesia yang dirangkum dalam game yang menarik. Terkait hal ini, Joddy Hernady selaku EVP Digital and Next Business PT Telekomunikasi Indonesia menyatakan, “Indonesia harus bisa menjadi tuan rumah untuk game di Indonesia. Inisiatif Oolean ini ingin menunjukkan bahwa developer game Indonesia kini mampu bersaing dengan developer game [dari] negara lain sehingga bisa menyemangati developer game lokal lainnya untuk membangun game yang bisa diminati [oleh] gamer Indonesia, bahkan ke depannya juga untuk pasar global.”


Arief Widhiyasa, CEO Agate


(ki-ka) Fandry Indrayadi, Creative Director Agate; Annisa Syamsi, Host; Beatrice Nauli Pohan, Lead Artist Agate

Pada konferensi pers digital yang diadakan per kemarin, tanggal 25 Juni 2020, Arief Widhiyasa selaku CEO Agate menyatakan, “Dengan adanya dukungan dari Telkom, Melon, dan Oolean, game Code Atma dapat dikembangkan dan dapat dinikmati oleh para pemain di Android. Kami berharap, game ini dapat mengenalkan budaya dan kisah Indonesia melalui makhluk mistis yang dimiliki oleh Indonesia. Kami juga berharap game ini bisa menjadi salah satu kebanggaan Indonesia.” Pada kesempatan lain, Dedi Suherman selaku CEO PT Melon Indonesia menyatakan bahwa inisiatif Oolean ini dibangun untuk memfasilitasi pengembang game lokal agar dapat bertumbuh dengan baik di pasar lokal mau pun global, dan Oolean mengundang para pengembang game lokal untuk dapat berkolaborasi bersama-sama.

Tentang Game

Judul Game: Code Atma
Tanggal Rilis: Juni 25, 2020
Platform: Android, iOS (segera)

Deskripsi Game: Code Atma adalah game idle RPG yang menarik, menggabungkan kisah mistis dan teknologi secara bersamaaan.

Deskripsi Kisah/Semesta:
Code Atma adalah game yang menggabungkan makhlus-makhluk mistis dari zaman lampau dengan teknologi kontemporer yang mengajak Seeker (sebutan bagi para pemain) untuk bertualang di dunia yang gelap dan misterius. Seeker akan dipersenjatai dengan aplikasi misterius untuk dapat bertahan dan berperang melawan makhluk-makhluk mistis dari warisan budaya Indonesia.

Fitur Utama:

  • Formasi berbasis kombo yang dibangun di antara beberapa Atma dengan skill yang unik
  • Karakter dan makhluk yang digambar dengan sedemikian rupa
  • Lebih dari 40 Atma yang dibentuk dengan berdasarkan mitologi dan legenda Indonesia
  • Dapat dimainkan secara offline tanpa harus kalah dalam game
  • Novel visual progresif yang akan memperluas pengetahuan

Bahasa: Indonesia
Genre: Idle RPG
Engine: Unity
Player: Single player, PVP (segera)
Model Bisnis: Free-to-play, In-game transactions
Developer: Agate; berlokasi di Bandung, Indonesia

Tentang Oolean

Oolean, yang diambil dari kata ulin yang dalam bahasa Sunda berarti “main,” merupakan inisiatif strategis yang dirintis oleh Telkom Indonesia, Melon, dan Agate. Oolean memiliki visi untuk membantu dan membangun ekosistem game di Indonesia melalui beberapa inisiatif yang melingkupi pengembangan platform game untuk user, pembuatan properti intelektual orisinil yang fokus memproduksi game lokal, bekerjasama dengan pengembang game lokal lainnya untuk membuat game yang bisa mendunia, serta mengembangkan platform untuk mendistribusikan game dari perusahaan lokal mau pun internasional yang dirancang dan dibangun oleh Melon Indonesia. Oolean telah mengembangkan ekosistem pengembangan game lokal lewat inkubator, institusi pendidikan, dan komunitas pengembangan game. Bernaung di bawah brand Indigo, kerjasama ini turut meluncurkan Indigo Game Startup Incubation.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top