REVIEW

Cobra Kai, Serial Wajib Tonton bagi Penggemar The Karate Kid

Andy Chan   14 Sep 2020
Cobra Kai, Serial Wajib Tonton bagi Penggemar The Karate Kid

Masih teringat dengan film The Karate Kid? Dalam film tersebut, dikisahkan mengenai perseteruan antara dua individual, Daniel LaRusso dan Johnny Lawrence, dimana mereka pada akhirnya menyelesaikan perseteruan tersebut dalam sebuah turnamen karate. Kini, kedua karakter tersebut dihidupkan kembali dalam sebuah sambungan atau pun suksesor dari serial film The Karate Kid (yang tidak memperhitungkan remake atas The Karate Kid versi Jackie Chan) dengan tentunya kembali membawa kedua bintang utamanya: Ralph Macchio dan William Zabka.

Sejarah Cobra Kai

Cobra Kai adalah salah satu serial yang tadinya dihadirkan sebagai "YouTube Originals" di platform YouTube Red, layanan berbayar yang menyajikan seluruh video yang di-streaming via YouTube tanpa keberadaan iklan (yang belakangan berganti nama menjadi YouTube Premium). Setelah dua season berlalu, season ketiganya pun diambil oleh Netflix, dan jadilah seluruh serial ini bisa dinikmati oleh para penonton melalui platform Netflix.

Kisah Lanjutan dari Karate Kid

34 tahun setelah terkena tendangan bangau milik Daniel LaRusso di final turnamen karate yang menghancurkan karir Johnny Lawrence, kisah The Karate Kid pun berlanjut kembali dalam serial Cobra Kai. Namun, tidak seperti The Karate Kid yang memfokuskan cerita pada karakter Daniel LaRusso, Cobra Kai memfokuskan kisahnya pada tokoh Johnny Lawrence yang dulunya merupakan bintang utama dari dojo Cobra Kai.

Johnny kini sangatlah tidak beruntung. Setelah pekerjaannya sebagai tukang reparasi yang tidak dihargai, dia pun menghabiskan hidupnya secara sia-sia dengan minum-minum alkohol. Namun, takdir pun mempertemukan dirinya dengan seorang remaja korban bully, Miguel (Xolo Mariduena), yang pada akhirnya dia ambil menjadi murid, sekaligus juga menginspirasinya untuk kembali membuka dan menghidupkan dojo Cobra Kai.

Perseteruan yang Hidup Kembali

Jika ada seseorang yang sangat membenci dojo bernama Cobra Kai, maka sudah pasti namanya adalah Daniel LaRusso. Meski Daniel sekarang sudah hidup sukses dengan usaha dealer mobilnya, namun sejak meninggalnya sang guru, Mr. Miyagi, hidupnya masih belum benar-benar menemukan keseimbangan. Dan, ketika dia melihat keberadaan dojo baru yang bernama Cobra Kai, hal tersebut tentu saja akan membuatnya jadi gusar. Akhirnya, kedua individual ini pun bertemu kembali, dan perseteruan di antara mereka pun dimulai lagi.

Kisah Generasi Baru

"Strike First! Strike Hard!! No Mercy!!!" Itulah moto dari Cobra Kai yang kini dihidupkan kembali. Kisah Cobra Kai ini sendiri memang merupakan lanjutan perseteruan antara Daniel dan Johnny. Namun, harus diakui, keberadaan para remaja yang menjadi korban bully, seperti Miguel dan teman-temannya, juga tidak kalah pentingnya dalam serial ini. Mereka semua belakangan masuk ke dojo Cobra Kai demi mendapatkan kepercayaan diri dan berubah menjadi lebih baik.

Selain itu, juga dikisahkan mengenai keluarga dari Johnny dan Daniel sendiri, dimana anak-anak mereka, yakni Robby (anak Johnny) dan Samantha (anak Daniel), terlibat dalam pergaulan yang tidak baik. Kisah mereka yang dialirkan dengan manis, keterlibatan mereka dalam hidup Daniel dan Johnny, serta pelatihan Johnny pada murid-muridnya ini bisa membuatmu -terutama, yang dulu juga menonton film-film The Karate Kid- bakal tersenyum lebar, dan membuat hati jadi puas.

Diiringi dengan Flashback

Salah satu, atau banyak, hal yang membuat serial Cobra Kai ini penuh dengan nostalgia adalah keberadaan beberapa adegan flashback yang diambil dari film The Karate Kid dan The Karate Kid Part II. Bahkan, beberapa pemeran dari kedua film tersebut pun bisa dihadirkan sebagai cameo, termasuk ibu dari Daniel, Mr. Miyagi dalam berbagai sekuens flashback, serta beberapa pembahasan mengenai karakter Ali Mills, yang sayangnya tidak bisa ikutan cameo.

Nah, apakah Cobra Kai baru yang dipimpin oleh Johnny Lawrence ini bakal berbeda dengan Cobra Kai yang dulu? Ataukah, mereka pada akhirnya akan berjalan ke arah yang sama? Simaklah serunya kelanjutan perseteruan antara Daniel LaRusso dan Johnny Lawrence dalam Cobra Kai, yang akan mendapatkan season ketiganya di tahun 2021 mendatang, apalagi setiap episodenya hanya berdurasi selama setengah jam saja, jadi membuatnya terasa pas untuk ditonton secara berurutan sampai habis!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top