REVIEW

Cobalah Hidup Baru dalam BitLife: Life Simulator

Andy Chan   24 May 2019
Cobalah Hidup Baru dalam BitLife: Life Simulator

Pernahkah kalian ingin mencoba bagaimana rasanya hidup sebagai orang lain? Mengambil keputusan-keputusan yang mungkin tidak kalian lakukan di semasa kecil atau remaja kalian? Apakah kalian ingin mencoba bagaimana rasanya hidup sebagai seorang kriminal? Semua itu bisa kalian coba di sebuah game simulasi kehidupan yang unik persembahan dari Candywriter berjudul BitLife: Life Simulator.

Menjalani Hidup dari Kecil hingga Dewasa

Sesuai judulnya, BitLife: Life Simulator adalah sebuah skenario di mana kamu bisa mencoba untuk hidup sebagai orang lain, mengambil keputusan yang berbeda dan lain sebagainya. Jika kalian diberikan kesempatan seperti ini, apakah kalian akan mendedikasikan hidup kalian untuk menjadi seorang yang hidup di jalan yang benar? Ataukah kalian akan berbuat onar dan membuat orang tua kalian takut? Semua itu adalah kisah yang bisa kalian pilih.

Kisah Interaktif berbasiskan Teks & Menu

Dalam BitLife, pemain akan memulai kehidupan mereka dari bayi. Di medan permainan akan disajikan sedikit narasi mengenai ada kejadian apa setiap tahunnya, dan pemain bisa mengambil tindakan sesuai dengan umur karakter mereka. Jadi apabila karakternya masih bayi, belum ada aktivitas yang bisa dia lakukan, sementara semakin dewasa karakternya, semakin banyaklah aktivitasnya.

Perjalanan Hidup per Tahun

Di bagian bawah layar akan ada tombol +Age yang mengindikasikan sebagai pergerakan satu tahun dalam kehidupan karakter pemain. Dengan menyentuh tombol inilah pemain akan menambahkan umur karakternya satu tahun dan menjadi lebih dewasa.

Stats Karakter

Di bawah tombol +Age tersebut ada empat buah stats yang harus diperhatikan oleh pemain. Keempat stats tersebut adalah kegembiraan, kesehatan, kepintaran, serta penampilan dalam bentuk meteran. Apabila meterannya rendah, maka karakter pemain akan mengalami depresi, kesehatan kurang, bahkan bisa mengalami kematian. Oleh sebab itu, usahakan agar keempat stats tersebut tetap tinggi.

Menu untuk Interaksi

Dalam BitLife, pemain bisa berinteraksi dengan dunianya menggunakan menu yang disediakan di samping tombol +Age. Ada menu relationship yang bisa digunakan oleh pemain untuk berinteraksi dengan orang-orang terdekatnya seperti ayah, ibu, saudara, dan keluarga lainnya. Ada juga menu aktivitas di mana pemain bisa melakukan segala macam hal, seperti pergi ke dokter, pergi nonton film, pacaran, beli lotere, mencari binatang peliharaan, dan lain sebagainya.

Ada juga menu Aset, yang isinya adalah kepemilikan kendaraan serta real estate alias rumah, serta sebuah tombol konteks yang berubah sepanjang hidup, mulai dari sekolah hingga perjalanan karir alias mencari kerja.

Lika-liku Jalan Kehidupan

Di setiap tahunnya, pemain akan mendapatkan kejadian-kejadian tak terduga, misalnya binatang peliharaan yang bertingkah, kendaraan rusak, kematian keluarga, dan lain sebagainya di mana semua itu akan mempengaruhi kegembiraan dan kesehatan karakternya. Biasanya pemain akan disodorkan beberapa solusi oleh game-nya untuk mengatasi kejadian tersebut, jadi tergantung niat pemain bagaimana mengatasi masalahnya apakah itu dengan kekerasan atau dengan kepintaran.

Akhir Kehidupan

Di suatu hari nanti, semua manusia pun akan berakhir hidupnya, demikian juga halnya dengan karakter BitLife milik pemain. Ada berbagai macam hal yang bisa menyebabkan kematian, apakah itu memang sudah umurnya, atau diserang seseorang, bisa juga karena penyakit. Begitu karakter pemain meninggal, mereka akan bisa melihat batu nisan dan pencapaian hidup mereka, serta melihat siapa saja yang datang menghadiri pemakaman tersebut. Apakah hidupnya berarti? Apakah banyak yang kehilangan dirinya? Itu semua tergantung dari apa pilihan yang dilakukannya selama hidup.

Setelah itu pemain pun bisa menciptakan karakter baru lagi untuk mengulang dari awal dan mencoba kehidupan baru. Bagaimana kamu akan hidup kali ini?

Tampilan Minimalis berbasiskan Teks

Seperti yang sudah disebutkan, BitLife: Life Simulator adalah sebuah game berbasiskan teks. Dengan demikian, jangan mengharapkan animasi 3D, grafis cantik, atau artwork yang menawan. Semua kejadian dalam game ini harus dibaca oleh pemain, jadi bagi mereka yang malas membaca, mungkin tidak cocok dengan style minimalis game ini.

Ada versi Premium

BitLife: Life Simulator sendiri adalah sebuah game gratisan yang dipenuhi dengan iklan. Apabila pemain ingin menghilangkan iklan-iklan di layar, bisa dengan membeli versi premiumnya seharga Rp. 28.000,-. Dengan memiliki versi premium yang disebut "BitLife Bitizenship" ini, pemain tidak akan diganggu iklan dan memiliki akses untuk membeli binatang peliharaan premium (biasanya hanya bisa ambil dari penampungan binatang). Tapi berhubung game-nya bisa dimainkan tanpa koneksi Internet, pemain tidak perlu khawatir mengenai iklan apabila sedang offline.

Game dengan kisah interaktif memang sudah banyak ada di pasaran, namun jarang ada "Game of Life" yang bersedia menunjukkan perjalanan hidup mulai dari awal hingga akhir seperti ini dengan mendetail. Game yang satu ini unik dan patut dicoba. Ayo temukan bagaimana pilihan hidup yang kelihatan tidak signifikan ternyata bisa membawa efek hingga ke penghujung hidup dalam game BitLife: Life Simulator.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top