NEWS

Clash of Clans Diharamkan di Iran! Mengapa Bisa?

Conny   02 Jan 2017
Clash of Clans Diharamkan di Iran! Mengapa Bisa?

Salah satu game mobile terpopuler, Clash of Clans (CoC) terancam tak bakal lagi bisa dimainkan oleh para gamer di Iran. Pasalnya, Departemen Kehakiman dari negara tersebut sedang merekomendasikan agar game mobile keluaran Supercell itu untuk diblokir di Iran.

Alasan di balik rencana pemblokiran itu dikarenakan CoC dianggap dapat memberikan pengaruh buruk bagi kaum muda di negara tersebut. Otoritas terkait juga menyebutkan bahwa game mobile tersebut menyebarkan konsep peperangan antar suku dan kekerasan.

Dikutip dari Engadget pada pekan lalu, pemblokiran tersebut dilakukan setelah Komite untuk Konten Kriminal Iran mendapat laporan dari psikolog. Dalam laporan tersebut, disebutkan bahwa CoC telah mengajarkan perihal kekerasan, perang suku, dan amat adiktif.

Hingga kini, belum ada informasi lebih lanjut mengenai rencana pemblokiran terhadap game mobile CoC di negara tersebut. FYI, ini bukan kali pertama bagi pemerintah Iran untuk melakukan pemblokiran bagi game, baik mobile mau pun platform lain, yang beredar di sana.

Pada bulan Agustus tahun lalu, pemerintah Iran juga telah melakukan pemblokiran terhadap Pokemon Go. Keputusan itu dilakukan menyusul adanya larangan dari Dewan Tinggi Ruang Virtual Iran, tapi tak ada informasi yang jelas menyoal latar belakang pemblokiran itu.

Namun, isu keamanan banyak disebut oleh beberapa pihak yang telah dijadikan sebagai alasan utama hingga keputusan tersebut dikeluarkan. Secara umum, Iran juga kerap melakukan penyaringan pada sejumlah konten dan aplikasi mobile yang beredar di negara itu.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top