REVIEW

Citampi Stories: Kisah Terjerat Hutang dengan Bumbu Cinta di Kota Citampi

Andy Chan   04 Mar 2021
Citampi Stories: Kisah Terjerat Hutang dengan Bumbu Cinta di Kota Citampi

Orang tuamu terjerat hutang, dan kamu hanya punya waktu 10 minggu saja untuk melunasinya. Kalau sampai gagal, maka kamu akan dipaksa untuk menikahi anak perempuan si rentenir yang buruk rupa. Bermodalkan ijazah lulus SMU, kamu pun pergi ke kota Citampi untuk menemukan pekerjaan, mengumpulkan uang, dan mengirimkan uang tersebut ke orangtua agar bisa melunasi hutangnya. Itulah latar belakang dari permainan karya Ikan Asin Production yang berjudul Citampi Stories.

Sebuah Simulasi Kehidupan Pekerja Keras

Citampi Stories pada dasarnya adalah kisah kehidupan seorang pekerja keras yang mengadu nasib di kota Citampi. Tapi siapa yang akan menyangka, bahwa selain bekerja melunasi hutang, kamu juga akan menemukan kisah pertemanan, cinta, petualangan, dan lain sebagainya? Bisakah kamu berteman dengan para penduduk Citampi? Apakah kamu akan menemukan cinta sampai akhirnya menikah dan punya anak?

Pengendalian Permainan

Di awal permainan, pemain akan diberikan kesempatan untuk memberikan nama kepada karakternya. Ingat, karakter ini adalah karakter laki-laki, jadi jangan diberikan nama feminin kecuali memang ingin lucu-lucuan. Untuk mengendalikan karakter ini, pemain cukup menyentuh layar di posisi yang diinginkan. Pemain juga bisa berinteraksi dengan berbagai hal dengan cara menyentuh mereka, seperti berbicara kepada orang, atau masuk ke sebuah ruangan.

Mencari Kerja

Mencari kerja sebenarnya mudah, yang sulit adalah mencari kerja dengan gaji tinggi, agar bisa melunasi hutang. Untuk bekerja, pemain tinggal menghampiri bulletin board yang berada di kota, lalu memilih mau bekerja apa. Lowongan yang tersedia ini bervariatif, dan proses bekerjanya pun akan berlangsung secara otomatis, namun semakin lama bekerja, stamina pemain akan semakin berkurang. Untuk mengembalikan stamina, pemain harus beristirahat di tempat tidur.

Gudang Tempat Tinggal

Untungnya, pemain diberikan bantuan oleh salah satu penduduk di Citampi, dan diberikan tempat tinggal sementara berupa gudang yang sudah dirombak menjadi kamar seadanya. Di dalam gudang ini, pemain bisa beristirahat, serta bisa melatih berbagai keahlian yang dimilikinya agar bisa mengambil pekerjaan yang lebih baik. Kalau penghasilan sudah memadai, pemain bahkan bisa pindah ke tempat tinggal yang lebih layak.

Berkeliling Kota Citampi

Hal menarik dalam Citampi Stories adalah kemampuan pemain untuk berkeliling kota Citampi secara bebas. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di kota, seperti mengais sampah, memancing, berburu harta, bercocok tanam, menjalankan quest, membeli rumah, pedekate dengan seorang cewek, pacaran, hingga menikahinya juga. Bahkan pemain juga bisa main-main ponsel pintar, yang memiliki fitur sangat lengkap: bisa nelpon orang, mengecek kalender, mengecek SMS, order ojek online, mengecek maps, lihat stats, hingga mengakses in-app purchase shop. Boleh dibilang Citampi Stories adalah game open world yang meskipun sederhana, namun kaya akan konten.

Pergeseran Waktu

Waktu akan terus berjalan ketika pemain berkeliaran di kota Citampi, terlihat dari tampilan sebuah jam di pojok kiri atas. Bekerja akan menghabiskan waktu paling banyak, tapi seperti kehidupan nyata, semakin baik pekerjaan yang didapat, semakin bagus pula perbandingan antara waktu dan penghasilannya. Ingat, setiap minggu pemain harus membayar hutang, dan ada batasan waktu 10 minggu untuk melunasinya!

Serunya, dengan multiple ending, game ini sangat cocok untuk dimainkan berulang kali dengan gaya main yang berbeda-beda!

Retro Pixel Art yang Imut

Citampi Stories disajikan dengan gambar bergaya retro pixel art 8 bit yang memiliki artwork karakter bergaya anime. Dari sisi cerita, pemain akan dipuaskan dengan gaya visual novel pada cutscene-cutscene game ini, di mana kisahnya pun terinspirasi dari kehidupan modern para pekerja masa kini seperti penjaga toko, tukang sampah, satpam, blogger, dan lain sebagainya. Permainan pun tampak sangat hidup dengan para NPC di kota Citampi yang memiliki kisah sendiri-sendiri yang menarik untuk diikuti.

Tidak Perlu Online untuk Menikmati Citampi Stories

Ikan Asin Production menggunakan model bisnis free-to-play dalam game ini, jadi pemain bisa menikmatinya secara cuma-cuma. Bahkan game ini pun tidak membutuhkan Internet sama sekali, bisa langsung dijalankan secara offline. Tapi sebagai game gratisan, tentu disediakan mikrotransaksi untuk hal-hal tertentu, seperti membeli save slot di Cloud, jual barang secara instan, instant travel pakai ojek online, menghilangkan iklan, beli jetpack, dan masih banyak lagi.

Begitu banyaknya kebebasan yang diberikan di game ini membuat Citampi Stories pantas disebut sebagai game sandbox paling menarik di ponsel pintar, bahkan pemain bisa menikmatinya juga dalam bahasa Indonesia! Apakah kalian bisa menemukan cinta di kota Citampi? Cari tahu dengan memainkan Citampi Stories sekarang juga!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top