REVIEW

Craft Legend, Ciptakan Duniamu sendiri dalam Game Sandbox

Andy Chan   13 Sep 2019
Craft Legend, Ciptakan Duniamu sendiri dalam Game Sandbox

Game sandbox yang paling terkenal saat ini tidak lain tidak bukan adalah Minecraft. Dalam game tersebut, pemain bebas mau melakukan apa saja, apakah itu membangun sebuah gedung megah, benteng pertahanan yang kokoh, ataupun mau jalan-jalan keliling dunianya. Ketenaran Minecraft yang dimainkan dalam sebuah dunia 3D sandbox pun telah membawa banyak pengembang game menirunya dan mulai ada juga game-game sandbox yang dimainkan dalam dunia 2D seperti Terraria atau Starbound. I Got Games (IGG) yang terkenal dengan game-game seperti Lords Mobile dan Castle Clash, juga ikutan menghadirkan sebuah game 2D sandbox yang mereka beri judul Craft Legend. Seperti apa game-nya?

Sandbox RPG Online

Craft Legend adalah sebuah game sandbox RPG yang membawa pemain untuk pergi bertualang dalam sebuah dunia yang bisa dibangun dan disusun sendiri sesuai dengan selera. Bagi penggemar sandbox, game ini menyediakan segalanya, markas monster untuk dikalahkan, mendirikan bangunan sesuai selera, dan tentu saja, crafting gear yang membuat diri semakin kuat dan tampak keren.

Pengendalian Virtual Gamepad

Untuk menggerakkan karakter utama yang bisa dipilih apakah ingin karakter pria atau wanita, pemain cukup menggunakan sebuah virtual analog yang berada di bagian kiri bawah layar. Di sebelah kanan bawah layar terdapat beberapa tombol pendukung seperti tombol untuk melompat, tombol menyerang, serta tombol interaksi.

Manipulasi Dunia Permainan

Pemain memiliki kemampuan untuk memanipulasi dunia permainannya, yaitu dengan cara menghancurkan segala hal yang berada di layar serta membangunnya kembali. Cukup dengan menyentuh benda yang diinginkan di layar, baik itu pohon, tanah, bahkan air, maka karakter pemain akan mencoba untuk mengambilnya dengan cara menghancurkannya terlebih dahulu. Barang-barang tersebut akan masuk ke inventory pemain dan bisa dipindahkan ke tempat lain dengan cara memilihnya, lalu menaruhnya di dunia permainan.

Crafting

Hal paling utama dalam game sandbox seperti ini adalah kemampuan crafting. Craft Legend, sesuai dengan judulnya, tentu memiliki fitur tersebut. Pemain akan bisa melakukan crafting berbagai macam hal seperti pakaian, armor, dan senjata untuk memperkuat dan membuat penampilan karakternya menjadi keren, tools untuk membantu permainan, bahan bangunan untuk mendirikan benteng, dan macam-macam hal lainnya. Di sinilah kreativitas pemain ditantang, karena game-nya benar-benar membebaskan pemain untuk mengerjakan apapun yang ada di pikirannya. Sedikit catatan, crafting di sini tidaklah instan, dan ada waktu tunggu secara real-time. Untungnya, pemain bebas berkeliaran sementara waktu tunggu tersebut berjalan.

Sistem RPG

Craft Legend hadir dengan sebuah sistem RPG, di mana karakternya akan bisa naik level dan menjadi lebih kuat. Selain itu, tersedia juga sebuah sistem kelaparan, jadi pemain harus senantiasa mencari makanan kalau tidak mau karakternya kelaparan hingga tewas.

Epik dan Menawan

Dengan tampilan 2D, Craft Legend ternyata cukup menawan lho! Ada berbagai macam biome yang bisa dikunjungi oleh pemain seperti hutan, daerah bersalju, gurun pasir, gunung berapi, dan lainnya, masing-masing dengan rahasia tersendiri. Asyiknya, semua aktivitas permainan akan dipengaruhi dengan berjalannya waktu dan cuaca yang bisa berubah-ubah. Bersiaplah untuk menikmati game ini dengan tampilan pagi, siang, senja, dan malam. Sayangnya, karakter pemain yang bisa dipilih jenis kelaminnya tersebut, tidak memiliki kustomisasi wajah dan bentuk tubuh sama sekali. Itu saja kekurangan dari penampilan game ini.

Wajib Online

Tentu saja, game free-to-play Craft Legend ini harus dimainkan secara online, karena semua data pemain tersimpan di server. Game berukuran lebih dari 700MB ini juga memiliki kemampuan untuk dimainkan secara multiplayer lho, di mana pemain bisa menciptakan sebuah kapal terbang yang digunakan untuk menyerang pemain lain.

Sedikit kekurangan dari game ini adalah tidak adanya sistem kontainer di dunianya. Pemain harus menyimpan semua benda yang dia kumpulkan pada dirinya sendiri, dan berhubung inventory pemain cukup terbatas, hal ini bisa menyebabkan para penimbun material mengalami kesulitan dengan penuhnya inventory. Memang inventory bisa diperluas sedikit dengan membayar sejumlah koin, namun semakin lama, koin yang dibutuhkan akan semakin besar, sehingga kembali lagi ke satu fitur tambahan, yaitu mikrotransaksi. Pemain akan bisa membeli mata uang premium Gems, yang berguna untuk membeli berbagai macam hal, termasuk kostum dan material.

Bercocok tanam, berburu monster, membangun rumah, membangun benteng, menciptakan armor dan senjata keren, semua itu bisa kalian lakukan dalam Craft Legend. Jika kalian adalah penggemar game bergenre sandbox dan tidak ingin membayar apa-apa, Craft Legend yang merupakan salah satu persembahan berkualitas dari IGG ini, bisa menjadi game yang sangat cocok untuk kalian.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top