NEWS

Ciptakan Kesempurnaan Selfie dengan Adobe Sensei

Dikdok   11 Apr 2017
Ciptakan Kesempurnaan Selfie dengan Adobe Sensei

Selain dimanfaatkan oleh para produsen smartphone, tren selfie yang kian menjamur ternyata juga dimanfaatkan oleh Adobe untuk menarik minat para pecinta selfie agar dapat memanfaatkan aplikasi photo editor yang dikembangkannya.

Dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan machine learning, Adobe dikabarkan tengah mengembangkan kemampuan untuk menghasilkan foto selfie yang terlihat lebih rupawan.

Sejauh ini, kualitas yang dihasilkan dari pengambilan foto selfie terbentur pada beberapa kendala. Salah satunya adalah jarak ponsel dengan wajah pengguna yang terlalu dekat. Dengan adanya kendala tersebut, hasil foto yang didapatkan dari pengambilan selfie seringkali akan terlihat membengkak pada bagian wajah tertentu, sehingga wajah pun jadi tidak terlihat proposrional.

Oleh karena itu, Adobe mencoba mengembangkan Adobe Sensei. Dengan teknologi AI pada Adobe Sensei, sebuah foto yang tidak proporsional akan dapat dibuat untuk terlihat lebih natural, sehingga hasil selfie akan terlihat lebih menawan. Artificial Intelligence (AI) akan memberikan simulasi atas hasil jepretan kamera tradisional, agar kita bisa menyunting hasil foto yang sesuai dengan keinginan kita.

Adobe menjelaskan, dengan teknologi AI pada Adobe Sensei tersebut, maka hasil foto dapat dibuat seolah-olah diambil dengan menggunakan sebuah lensa yang memiliki focal length tradisional untuk portrait. Hebatnya lagi, dengan teknologi yang tengah dikembangkan oleh Adobe ini, angle wajah juga bisa diubah sedikit setelah foto selesai diambil. Efek 'bokeh' juga bisa ditampilkan tanpa menggunakan bantuan lensa kedua. Efek tersebut dapat dihasilkan karena AI yang dikembangkan oleh Adobe ini mampu memisahkan antara objek foto dengan latar belakangnya.

Dengan penggunaan teknologi milik Adobe ini, para pengguna diharapkan dapat menghasilkan sebuah foto selfie yang menarik dan sempurna meski pun tidak menguasai ilmu fotografi, dan hanyalah perlu menggunakan sebuah smartphone, serta tidak membutuhkan bantuan lensa apa pun.

Namun sayangnya, belum ada kejelasan hingga saat ini menyoal kapan teknologi terbaru untuk selfie ini akan diluncurkan ke publik. Pihak Adobe sendiri belum memberikan pernyataan resmi terkait persiapan peluncuran tersebut.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top