REVIEW

Ciayo Stories: Game Dilan Official, Saatnya Jadi Millea dan Baper Lagi!

Anduril   04 Mar 2019
Ciayo Stories: Game Dilan Official, Saatnya Jadi Millea dan Baper Lagi!

Sejak filmnya meledak di tahun 2018, novel Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990 karya Pidi Baiq ini mendapatkan sorotan di mana-mana. Ceritanya yang bersinggungan dengan kehidupan remaja sehari-hari membuat sosok Dilan mudah dinikmati oleh siapa saja. Kalimat-kalimat gombalnya Dilan, selalu menjadi magnet utama yang mampu menarik penggemarnya untuk kembali menyaksikan film ataupun membaca novelnya.

Kesuksesan tersebut rupanya ingin disebarkan sang penulis ke platform lainnya. Hal ini diwujudkan dalam game buatan Agate dan Ciayo Stories yang berjudul, Game Dilan Official.. Game visual novel untuk smartphone ini merupakan adaptasi resmi dari novel dan serial webtoon Dilan di CIayo Comic. Karena game ini mengambil sudut pandang Miela, maka kamu akan berhadapan dengan otome game (game simulasi pacaran dari sudut pandang wanita) sekali lagi.

Apakah game ini akan menyusul kesuksesan kisah Dilan pada novel dan film? Simak ulasannya di bawah ini.

Review Ciayo Stories: Game Dilan Official

Jadi Milea Sekali Lagi

Secara keseluruhan, game ini masih memiliki enam chapter yang berisikan cerita tentang kisah asmara antara Dilan dan Milea. Enggak semua cerita yang ada dalam novel dimasukkan ke game ini. Namun, game ini cukup bisa membuat kamu mengingat kembali bagaimana romantisme kisah cinta sejoli tanggung ini.

Dalam Game Dilan Official, kamu akan memerankan karakter cewek yang jadi sasaran gombalan Dilan. Meski penggambaran karakter utama ini seperti Milea banget, kamu diberi kebebasan untuk mengubah namanya dari awal. Nantinya, setiap dialog disesuaikan dengan nama yang kamu gunakan.

Setiap cerita yang kamu jalani di game ini menggunakan sudut pandang dari tokoh Milea dalam kisah orisinal. Jadi,bersiaplah untuk dibikin baper lagi. Selain Milea dan Dilan, kamu akan menemukan tokoh-tokoh lain yang terdapat dalam novelnya. Sebut saja Piyan, Wati, Anhar, bahkan Bi Eem.

Memilih Dialog

Sebagai game yang berbasis pada cerita, Game Dilan Official menyajikan tantangan berupa pilihan-pilihan dialog sesuai dengan narasinya. Setiap opsi memiliki respons yang berbeda. Jadi, kamu bisa membangun kisah cinta sendiri dengan perubahan yang kamu lakukan di sana-sini.

Di tengah-tengah game, kamu akan menemukan pilihan spesial. Setiap pilihan tersebut akan membawa kamu pada situasi yang menarik. Akan tetapi, kamu harus menggunakan Diamond untuk bisa mengambil pilihan spesial ini. Sebagai bonus, ada ilustrasi spesial yang bisa disimpan di smartphone kamu saat pilihan tersebut terambil.

Jadi kamu sebaiknya bisa menghemat penggunaan Diamond dengan memilih alur cerita yang menurut kamu penting dan paling menarik. Kecuali, kamu rela untuk melakukan top-up berulang-ulang agar bisa mengambil semua pilihan spesial ini.

Untuk dapat membuka setiap chapter yang terdapat di dalam game ini, kamu harus menggunakan sebuah akses berupa Energy. Energy ini memiliki kuantitas yang terbatas. kamu tidak bisa langsung menyelesaikan semua chapter sekaligus dalam satu hari. Kalau kamu terlalu penasaran, silakan gunakan Diamond untuk mengisi ulang Energy kamu.

Terlalu Mirip Novelnya

Untuk sebuah game yang mengusung simulator story, sebenarnya Game Dilan Official bisa dikatakan memiliki variasi cerita yang kurang. Jadi, jangan heran kalau kamu akan merasa game ini terlalu monoton. Apalagi kalau kamu sudah menonton film dan membaca novelnya. Tampaknya sang pembuat game terlalu takut untuk bereksperimen dengan kisah Dilan.

Hasrat pemain yang ingin memiliki “kisah” sendiri bersama Dilan mungkin bisa terpenuhi ketika memainkan game ini. Namun, kalau saja pihak pengembang menambahkan variasi cerita dan twist plot di luar film dan novel, game ini bakal semakin asyik dimainkan. Soalnya, tampilan animasi yang disajikan sudah cukup berhasil mendukung narasi.

Saking terpakunya game narasi ini dengan kisah orisinal, ada kalanya setiap pilihan yang disajikan jadi kurang terasa menantang. Apalagi kalau kamu termasuk orang yang suka bereksperimen. Setiap opsi yang kamu ambil memang disambut dengan respons berbeda-beda. Namun, hal ini enggak memberi dampak yang besar pada alur cerita secara keseluruhan.

Hasilnya game ini hanya menyuguhkan pengalaman bagaimana menjadi Milea yang digombalin sama Dilan. Tidak lebih dan tidak kurang.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top