REVIEW

Wajib Coba! Chimera Recollect, Manisnya Kisah Monster Chimera dengan Seorang Gadis

Andy Chan   04 Jul 2019
Wajib Coba! Chimera Recollect, Manisnya Kisah Monster Chimera dengan Seorang Gadis

Seekor Chimera terbangun di sebuah dunia yang sangat asing baginya. Ketika dia berkeliaran sambil menyelidiki dunia tersebut, sang Chimera pun bertemu dengan seorang gadis yang juga sepertinya terdampar di lokasi tersebut. Bersama-sama dengan sang gadis, mereka berdua pun melakukan perjalanan untuk mencari keluarga mereka di dunia aneh tersebut. Itulah latar belakang dari game buatan InitiaSnow dengan judul Chimera Recollect.

RPG Mobile yang Unik

Chimera Recollect adalah sebuah game RPG di mana pemain berperan sebagai seekor Chimera yang bisa mengadopsi bentuk musuh. Dengan mengalahkan musuh, sang Chimera bisa mengganti bagian tubuhnya dengan bagian milik musuh tersebut. Masing-masing bagian tubuh tersebut memiliki skill yang berbeda, baik skill aktif maupun pasif yang bisa dikopi oleh sang Chimera untuk membantunya dalam pertarungan. Uniknya, game ini boleh dibilang roguelike karena dunianya bisa dijelajahi ulang berkali-kali

Pengendalian Layar Sentuh

Untuk mengendalikan sang Chimera, pemain cukup melakukan swipe saja di layar ke arah yang diinginkan. Pada overworld map, pemain cukup melakukan swipe ke kiri, kanan, atas, atau bawah untuk bergerak satu kotak ke arah tersebut.

Pertarungan melawan Monster

Apabila pemain masuk ke sebuah kotak yang ada monster-nya, maka layar pun akan berubah dan sang Chimera akan bertarung melawan monster-monster tersebut dalam sebuah layar khusus yang berbentuk arena. Monster di sini hadir dalam wujud blok-blok yang membentuk monster itu sendiri, dan tugas pemain adalah untuk menggunakan sang Chimera sebagai bola pingpong untuk menghancurkan blok-blok yang membentuk monster tersebut. Begitu semua blok tersebut hancur, maka monster pun kalah dan akan menjatuhkan koin dan benda-benda lainnya.

Life Meter

Sang Chimera memiliki Life meter yang akan berkurang kalau terkena serangan monster. Life meter ini bisa disembuhkan dengan cara mematikan game-nya dan menunggu sampai beberapa waktu berlalu, atau bisa juga dengan tidur di sebuah penginapan. Namun apabila pemain memutuskan untuk tidur di penginapan, maka mereka harus membayar sejumlah uang, dan semua monster yang sudah dikalahkan akan hidup kembali.

Kustomisasi Tubuh, Tangan & Ekor

Artwork yang digunakan dalam Chimera Recollect semuanya terlihat retro, namun para karakter yang ditemui pemain ternyata tampil dengan gaya anime yang manis dan lucu. Yang paling keren dari game ini adalah kemampuan pemain untuk merubah bentuk sang Chimera, mulai dari bentuk tubuhnya, tangannya, sampai ke ekornya. Ada banyak pilihan tubuh yang nantinya bisa didapatkan, mulai dari makhluk mungil, ayam, hingga naga. Demikian juga halnya dengan bagian tangan dan ekornya, yang bebas dipasang seenaknya, sehingga pemain bisa menciptakan makhluk unik yang tiada duanya macam naga bertangan pedang dan berekor ayam. Masing-masing bagian pun memiliki skill tersendiri yang bisa digunakan, salah satunya adalah semburan api dari tubuh naga. Menarik, kan?

Kisah RPG yang bisa Dinikmati secara Offline

Chimera Recollect adalah salah satu game RPG gratisan yang bisa dinikmati secara offline. Simaklah kisah sang Chimera bersama sang gadis dalam mencari tahu mereka sebenarnya ada di mana dalam dunia yang misterius ini. Game ini senantiasa menampilkan iklan di bagian bawah layar, namun pemain bisa menggunakan mikrotransaksi untuk membeli "Matikan Iklan" seharga Rp. 13.000,- serta membeli healing seharga Rp. 13.000,-. Apabila pemain merasa sudah jago, tersedia juga yang namanya Fast Mode untuk memainkan game ini dengan kecepatan yang tinggi. Mode ini dijual seharga Rp. 77.000,- namun tidak direkomendasikan untuk pemula.

Dunia Chimera Recollect adalah dunia tanpa akhir ala roguelike yang bisa dijelajahi secara bebas. Dengan sistem Chimera yang bisa mengkustomisasi penampilan dan skill sang Chimera, tipe permainan yang sederhana, dan kisah manis yang disajikan oleh Chimera Recollect, game ini adalah salah satu game yang wajib dicoba jika kalian memiliki sebuah ponsel pintar.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top